Inilah Kemudahan Mengurutkan Data pada Ms Excel

Mengolah data dalam bentuk angka memang sangat cocok menggunakan Excel. Di sini, Anda bahkan dapat memasukkan data dalam jumlah puluhan, ratusan, hingga ribuan. Kendati demikian, tidak jarang Anda juga perlu cara mengurutkan data pada Ms Excel secara cepat, terlebih jika data tersebut jumlahnya begitu banyak dan acak.

Karena data acak tersebut cukup sulit untuk diurutkan secara manual, maka Anda perlu menggunakan fitur filter dan sortir yang ada di tiap dokumen Excel. Lantas, bagaimana cara melakukan pengurutan data supaya lebih rapi dan efisien ini?

Metode Mengurutkan Data pada Ms Excel Secara Umum

Untuk bisa mengurutkan sebuah data, tentunya memerlukan cara-cara yang tepat. Hal ini supaya hasilnya benar sehingga dapat dibaca dan dipahami dengan baik. Pada umumnya, memfilter data ada Excel dapat dilakukan secara sederhana sebagai berikut.

1. Memilih salah satu kolom tabel yang akan diurutkan.

Misalnya Anda membuat tabel data dari B5 sampai dengan D10 dan ingin mengurutkan kolom B. Pilihlah kolom tersebut dengan memblok atau klik salah satu sel pada tabel data yang sudah dibuat.

2. Klik tab Menu Data untuk mulai mensortir

Setelah menentukan data mana saja yang akan diurutkan, pilih tab menu Data yang ada pada ribbon atas, kemudian klik Group Sort & Filter.

3. Pilih urutan yang diinginkan

Selanjutnya Anda akan diberikan pilihan untuk mengurutkan data, baik dari yang terkecil ke yang terbesar, atau sebaliknya. Untuk mengurutkan data secara Ascending (terkecil ke terbesar), pilih ikon Sort A to Z. Jika sebaliknya (Descending), pilih ikon Sort Z to A.

Selain menggunakan cara di atas, ada juga metode pengurutan data yang bisa dibilang cepat dijalankan yakni dengan mengaktifkan mode auto filter atau Filter Button pada tabel Excel. Dengan begitu, data yang Anda miliki dapat diurutkan dengan lebih cepat.

Baca juga: Cara Menambah Kolom dan Baris di Excel dengan Cepat

Mengurutkan Data dengan Kriteria Tertentu

Secara khusus, Anda juga bisa mengurutkan data dengan mudah sesuai dengan kriteria tertentu yang Anda inginkan. Mulai dari Nilai, Warna Sel, Font, dan sebagainya. Caranya juga mudah, yakni sebagai berikut.

1. Memilih sel data

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih satu sel dalam rentang kolom yang ingin diurutkan datanya. Anda tidak harus mem-blok seluruh kolom, cukup klik satu sel pada tabel data Anda tersebut.

2. Menentukan pengurutan data

Selanjutnya pada tab menu Data, pilih Sort (Urutkan). Nantinya Anda akan ditampilkan sebuah jendela pop up untuk mengurutkan data.

3. Tentukan kolom yang diurutkan

Langkah berikutnya adalah memilih kolom pertama yang akan Anda urutkan. Oleh karena kolom ini dicantumkan berdasarkan data Anda, maka pastikan data tersebut sudah sesuai.

4. Mengurutkan sesuai kebutuhan

Setelah menentukan kolom pertama, Anda akan dapat memilih pengurutan seperti apa yang dilakukan. Apakah mengurutkan sesuai Nilai, Warna Sel, Warna Font, hingga Ikon Sel.

5. Menentukan operasi pengurutan

Langkah terakhir adalah memilih urutan yang akan diterapkan, apakah sesuai dengan abjad atau angkanya. Anda dapat memilih A ke Z untuk rendah ke tinggi, begitu pula sebaliknya Z ke A untuk pengurutan data dari tinggi ke rendah.

Baca juga: Cara Mengurutkan Angka di Excel dengan Mudah

Itulah beberapa cara mengurutkan data di Excel yang dapat dilakukan secara cepat dan mudah. Dengan demikian, Anda bisa mengurutkan data secara lebih efisien tanpa harus manual dan memakan banyak waktu. Nah, selamat mencoba!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru