Cara Menambah Font di Komputer

Cara Menambah Font di Komputer windows 10

Cara menambah font di komputer merupakan tips untuk menambahkan font baru untuk komputer berbasis windows 10 kamu sehingga pilihan font menjadi semakin lengkap. Lalu bagaimana caranya? simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Berbagai jenis pekerjaan kini sudah tidak bisa dipisahkan dari penggunaan komputer. Agar penggunaan komputer semakin efektif, kerap kali dibutuhkan model tulisan yang berbeda-beda. Setiap file atau dokumen yang dibuat juga bisa membutuhkan jenis font yang berbeda.

Pada pengaturan sebuah komputer, hanya tersedia paket font yang tidak bisa mencakup semua kebutuhan untuk berbagai jenis font. Apabila membutuhkan tambahan untuk berbagai jenis font lain, kamu bisa memasang paket-paket tambahan baik paket font yang berbayar maupun paket gratis.

Cara menambah font di komputer tanpa aplikasi juga dapat dilakukan karena fitur penambahan font atau model tulisan sudah tersedia pada komputer kamu.

Cara Menambah Font di Komputer

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menambahkan font pada di komputer  windows 10 dengan cepat dan tepat. Perlu diingat sebelum menambah font pastikan kamu sudah mendownload terlebih dahulu font yang ingin ditambahkan.

Kamu bisa mengunduh tipe font di https://fonts.google.com atau https://www.dafont.com. File font biasanya masih dalam format Rar atau Zip kamu harus mengekstraknya terlebih dahulu.

Menginstall Font Melalui Menu Setting

Untuk menginstall atau menambahkan font baru di komputer atau laptop lewat menu setting kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pertama kamu buka menu Start yang ada di pojok kiri bawah. Kemudian pilih “Settings” dengan ikon roda gerigi yang letaknya ada diatas menu Power.

2. Jika sudah masuk pada menu setting lalu kamu buka menu “Personalization“.

3. Pada menu personalization, kemudian kamu pilih menu “Fonts“.

Untuk mempersingkat waktu kamu juga bisa menggunakan menu pencarian yang ada di Taksbar dengan mengetikkan “font settings”, apabila sudah ketemu lalu kamu buka menu tersebut.

Masuk ke menu font setting

4. Di dalam menu fonts terlihat semua font yang sudah terinstall pada komputer atau laptopmu.

Pilih menu font

5. Untuk menginstallnya kamu tinggal drag and drop (tarik file font tersebut dan masukkan ke dalam kotak yang tersedia) font yang sudah kamu download tadi kebagian “Add Fonts“.

Cara menambah font di komputer melalui font setting

6. Selesai, sekarang font berhasil di Install, kamu bisa mengeceknya dengan mencari nama font tersebut pada kolom Available fonts.

Melihat font hasil install

Baca juga: Cara Mengganti Font Di Windows 10 dengan Mudah

Menambahkan Satu Tipe Font

Selain menggunakan cara diatas kamu kamu juga bisa menambahkan font secara langsung, cara ini lebih mudah dan cepat. karena tidak perlu melalui menu setting terlebih dahulu. Belum tau caranya? langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Masuk kedalam folder font yang sudah di ekstrak.

2. Selanjutnya klik kanan pada file font tersebut. Kemudian pilih Install.

Cara Menambah 1 Font di Komputer

3. Terakhir tunggu sampai proses instalasi font selesai. Kamu bisa mengecek font yang sudah di Install pada menu font settings.

Tunggu instalasi selesai

Cara diatas sangat direkomendasikan jika kamu hanya ingin menambahkan beberapa font saja. Jika ingin menginstall banyak tipe font kamu bisa mengikuti cara dibawah ini.

Cara Menginstall Banyak Font Sekaligus

Apabila kamu ingin menambah banyak tipe font sekaligus cara ini sangat direkomendasikan karena akan lebih mudah dan cepat. Misalnya kamu akan menginstall 20 font lebih. Mau tau caranya? yuk simak langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Buat folder baru dan Masukkan semua folder font hasil ekstrak ke dalam satu folder.

2. Kemudian ketikkan “TTF” pada kolom pencarian yang ada di sebelah kanan atas. Nanti akan muncul semua type font yang sudah kamu download tadi.

Ketikkan "TTF" pada kolom pencarian

3. Kemudian Blok semua font (Ctrl+A).

Blok semua font yang akan di install

4. Selanjutnya klik kanan, lalu pilih Install.

Cara Menambah Banyak Font Sekaligus di Komputer

5. Terakhir, tinggal tunggu sampai semua font berhasil di Install. Seperti biasa kamu bisa melihat hasil font yang sudah di Install pada menu font setting.

Baca juga: Cara Mengubah Font Size Windows 10 Dengan mudah

Demikianlah mengenai cara menambah font di komputer atau laptop windows 10 secara mudah dan cepat. Penggunaan font harus disesuaikan dengan kebutuhan. Bila ingin menambah model font, silahkan mengikuti cara menambah font di komputer dan ikuti beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan dengan cepat.

Leave a Reply