Ukuran Kertas A4 dalam Mm, Cm, Inci, dan Pixel

Ukuran Kertas A4 dalam Mm, Cm, Inci, dan Pixel

Selembar.com – Ukuran kertas A4 telah distandarisasi oleh ISO 216 dalam satuan apa pun seperti mm, cm, inci dan pixel, sehingga tiap negara memiliki ukuran yang sama. Berikut ulasan lengkapnya.

Kertas A4 merupakan bagian dari kumpulan atau rentang ukuran halaman, yang biasa disebut standar ISO A atau ISO 216. Standar internasional ini didasarkan pada standar DIN 476 Jerman dari tahun 1922. A4 sebenarnya sering disebut sebagai DIN A4. Orang Jepang telah mengadopsi kisaran ukuran kertas yang sama dalam standar JIS P 0138-61 mereka.

Ukuran kertas A4 memiliki standar yang ideal untuk dipakai dalam pembuatan dokumen seperti proposal, surat menyurat, laporan, dan sebagainya. Maka, tidak heran jika kertas berukuran ini paling banyak dicari oleh khalayak.

Namun, tahukah Anda jika ukuran kertas A4 sejatinya memiliki beberapa konversi ukuran yang berbeda-beda? Nah, untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak ulasannya berikut.

Ukuran Kertas A4 Dalam Beberapa Satuan

Kertas dapat diukur dalam berbagai ukuran dan dimensi. Di bawah ini adalah satuan yang paling sering digunakan untuk mengetahui ukuran kertas A4. Berikut ini tabel ukuran kertas A4 dalam satuan Mm, Cm dan Inci:

Ukuran KertasSatuan mmSatuan cmSatuan inci
A4210 x 29721,0 x 29,78,27 x 11,69

Selain ukuran-ukuran yang tercetak dalam tabel, kertas A4 juga dapat dikonversi ukurannya ke dalam pixel. Umumnya, ukuran ini digunakan untuk desain sebuah banner, logo, spanduk, brosur, atau hal-hal sejenis yang dipakai untuk membantu tim pemasaran dalam memberikan informasi atau mempromosikan suatu produk maupun jasa.

Nah, dalam konversi tersebut, ada beberapa jenis ukuran kertas A4 berdasarkan PPI yang dimiliki. PPI atau Pixel per Inch adalah salah satu satuan yang digunakan untuk menyatakan jumlah kepadatan piksel pada suatu layar. Jika nilai PPI besar, kerapatan yang dimiliki layar tersebut pun akan semakin tinggi. Sehingga kualitas gambarnya akan terlihat semakin jelas, halus, dan tidak pecah-pecah. Orang awam biasa menyebut high quality atau high ratio.

Berikut Tabel ukuran kertas A4 dalam piksel beserta besaran PPI-nya.

Ukuran KertasLebar (pixel)Tinggi (pixel)
A4 - 72 PPI595842
A4 - 200 PPI16542339
A4 - 300 PPI24803508
A4 - 400 PPI33074677
A4 - 600 PPI49617016
A4 - 1200 PPI992114031

Baca juga:  Ukuran Kertas Seri A

Negara Mana Saja yang Menggunakan Kertas A4

Sekarang, hampir semua negara di dunia sudah menggunakan standar ukuran kertas A4 dalam urusan dokumen atau surat menyurat, kecuali Amerika Serikat dan Kanada yang masih menggunakan letter size.

Lantas, mengapa ukuran kertas untuk pembuatan dokumen semua negara di dunia harus di standarisasi? Bila ukuran kertas berbeda-beda tiap negara, artinya ukuran amplop pun harus berbeda, kotak surat berbeda, dan tumpukan lembaran yang tidak seimbang di tiap arsip negara.

Alhasil, akan ada banyak jenis amplop, kotak surat, kertas di tiap departemen yang akan memenuhi meja-meja petugas. Selain itu, harga yang ada di pasaran pun akan jatuh lebih mahal lantaran tidak adanya standarisasi dunia.

Baca juga: Ukuran Kertas A3 dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Kelebihan Kertas A4

Selain dimanfaatkan untuk pengurusan dokumen dan surat menyurat, kertas A4 juga memiliki kelebihan lain yang mungkin tidak Anda ketahui. Apa sajakah itu? Yuk, intip.

1. Serbaguna untuk keadaan apa pun

Seperti yang sudah Anda ketahui, jika kertas A4 dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti membuat laporan, mencetak tugas kuliah hingga tugas akhir, untuk surat menyurat resmi, hingga masalah dokumen-dokumen lain untuk menghubungkan antar instansi baik swasta maupun pemerintah.

Bahkan, ada juga buku gambar anak-anak yang didesain menggunakan ukuran kertas A4 agar lebih mudah dipahami. Maka, tidak heran jika kertas A4 ini sangat serbaguna untuk khalayak dalam menyelesaikan berbagai hal.

2. Memiliki ukuran standar internasional

Ukuran untuk kertas A4 sudah ditetapkan standar internasionalnya dalam ISO 216, sehingga semua negara menggunakan ukuran yang sama. Tidak akan ada ukuran dokumen yang saling tumpang tindih ketika ditumpuk, tidak perlu menyiapkan beragam amplop dalam mengirimkan surat ke berbagai departemen.

3. Sering digunakan sebagai default blank document dalam word application

Sering kali ketika mengakses aplikasi pengolah kata seperti Google Document, Microsoft Word, Libreoffice, maupun yang lain, Anda akan mendapat blank document yang berukuran A4. Hal tersebut terjadi karena adanya standarisasi internasional serta sudah digunakan oleh banyak orang. Maka, tidak heran jika aplikasi-aplikasi pengolah kata pun menjadikannya sebagai ukuran default.

4. Mudah dicari dan tersedia di mana saja

Kertas A4 mudah didapatkan lantaran tersedia di berbagai toko alat tulis. Anda dapat membelinya dengan harga yang relatif lebih murah, dengan berbagai jenis. Biasanya tersedia 2 ukuran yaitu A4 700 gram dan A4 800 gram. Hal yang membedakan di antara keduanya adalah ketebalan kertasnya. Jika 700 gram memiliki tingkat ketebalan yang standar, lain dengan 800 gram yang lebih tebal lagi sehingga tinta tidak akan tembus di bagian belakang.

Baca juga: Ukuran Kertas A2 dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Itulah kurang lebih ulasan singkat mengenai ukuran kertas A4 dalam berbagai satuan seperti milimeter, sentimeter, inci, hingga piksel. Semoga informasi ini bisa membantu Anda.

Leave a Reply