Ukuran Kertas F4

Ukuran kertas F4 dan cara mengaturnya di Ms Word

Belum tau ukuran kertas F4? Ketahui ukurannya dalam satuan mm, cm dan Inchi dan cara mengaturnya di Microsoft word untuk mencetak dokumen dan keperluan lainnya.

Sampai saat ini kertas masih menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang. Itu karena kertas memiliki fungsi yang sangat penting terutama dalam dunia percetakan, contohnya dalam lingkungan sekolah dan perkantoran.

Ukuran dari tiap-tiap kertas sendiri memiliki fungsi yang berbeda di setiap penggunaannya. Contohnya kertas ukuran A sering dipakai untuk berbagai keperluan dokumen tertulis atau gambar dan kertas ukuran R sering dipakai untuk cetak foto.

Salah satu kertas yang sering digunakan adalah kertas ukuran F4. Kertas ini memiliki kegunaan yang sama dengan kertas ukuran A4, yaitu digunakan dalam mencetak berkas-berkas dokumen kantor maupun sekolah.

Bedanya dengan kertas seri A yaitu kertas ini hanya memiliki satu ukuran saja yaitu F4 atau biasa disebut dengan kertas folio atau kertas HVS.

Tahukah kamu? Kertas Folio atau ukuran F ini sebelum pertengahan abad ke-20 menjadi ukuran kertas tradisional yang banyak dipakai di The British dan Eropa. Lalu ukurannya sendiri diganti ke ukuran kertas seri A untuk menyesuaikan dengan standar Internasional yang mulai diberlakukan.

Karena kertas dengan ukuran F4 termasuk yang sering digunakan selain ukuran A4 dan juga memiliki ukuran tersendiri sudah terstandar oleh ISO. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan membahas kertas ukuran F4.

Kertas F4  yaitu ukuran kertas non-standar di kawasan Asia Tenggara, yang merupakan transisi dari ukuran terpendek kertas A4 dan ukuran terpanjang kertas British Foolscap. Untuk ukuran yang sering digunakan adalah milimeter (mm) dan centimeter (cm).

Ada dua jenis ukuran kertas F4 khusus dinegara Indonesia dan Filipina yang diukur berdasarkan lebar dan tinggi. Yaitu ukuran F4 biasa (210 x 330 mm) dan F4 Folio (215 x 330 mm) yang sering disebut kertas Folio saja. Berikut ini uraian ukuran kertas F4 dalam satuan mm, cm dan inchi.

Ukuran Kertas F4

Untuk ukuran kertas F4 sedikit lebih panjang dari A4. Sedangkan satuan ukuran yang biasa digunakan adalah milimeter (mm), centimeter (cm) dan Inchi (In). Kertas ini biasanya dipakai untuk membuat buku, buku gambar, skripsi, surat, majalah dan yang lainnya. Berikut ini merupakan tabel konversi ukuran kertas F4.

NoUkuranLebarTinggi
1.Milimeter (mm)210330
2.Centimeter (cm)2133
3.Inchi (In)8,2712,99

Detailnya:

  • Ukuran F4 dalam milimeter (mm) yaitu 210 x 330 mm
  • Ukuran F4 dalam centimeter (cm) yaitu 21 x 33 cm
  • Dan ukuran F4 dalam inchi (In) yaitu 8.27 x 12.99 in

Pada desain grafis ukuran kertas ini menggunakan satuan pixel dan di sesuaikan dengan konfigurasi dots per in (DPI) atau jumlah titik warna tiap Inchi. Dalam grafis komputer dots merupakan titik warna yang disebut dengan pixel. Berikut perbandingan ukuran F4 dalam DPI dan Pixel.

  • 72 DPI = 595 x 935 pixel
  • 96 DPI = 793 x 1247 pixel
  • 150 DPI = 1240 x 1948 pixel
  • 300 DPI = 2481 x 3897 pixel

Perbedaan Ukuran Kertas F4 dan Folio

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa kertas folio memiliki ukuran yang sedikit berbeda dari F4 biasa karena kertas ini merupakan kertas non-standar. Kertas ini memiliki lebar lebih 5 mm dari kertas F4. Umumnya kertas folio ini digunakan di Negara Indonesia dan Filipina. Dibawah ini adalah tabel konversi ukuran kertas folio.

NoUkuranLebarTinggi
1.Milimeter (mm)215330
2.Centimeter (cm)21,533
3.Inchi (In)8,4612,99

Detailnya:

  • Ukuran kertas Folio dalam milimeter (mm) yaitu 215 x 330 mm
  • Ukuran kertas Folio dalam centimeter (cm) yaitu 21.5 x 33 cm
  • Lalu ukuran kertas Folio dalam inchi (In) yaitu 8.46 x 12.99 in

Apabila kertas folio digunakan dalam desain grafis, ukurannya menggunakan satuan pixel dan di sesuaikan dengan konfigurasi dots per in (DPI), maka ukurannya menjadi sebagai berikut:

  • 72 DPI = 609 x 935 pixel
  • 96 DPI = 813 x 1247 pixel
  • 150 DPI = 1270 x 1949 pixel
  • 300 DPI = 2539 x 3898 pixel

Mengatur Paper Size F4 di Ms Word

Jika kamu lihat di paper size pada layout microsoft word tidak tersedia ukuran F4. Oleh karena itu kamu harus mengaturnya sendiri menjadi ukuran kertas F4. Apabila kamu ingin mengubah ukurannya disarankan sebelum melakukan pengetikkan dokumen, karena jika kamu mengubahnya setelah selesai mengetik tulisannya akan berantakan dan kamu harus merapikannya kembali.

Lalu bagaimana cara mengubah ukuran F4 pada paper size MS word? Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mengubahnya:

1. Langkah Pertama buka Microsoft Word yang ada di komputer atau laptopmu, kemudian buat dokumen baru.

2. Selanjutnya kamu buka menu Layout. Terus pada menu layout pilih “Size”. Dalam menu ini terdapat pilihan ukuran seperti ukuran A3, A4, Legal, Tabloid dan masih banyak lagi. Karena ukuran F4 tersedia maka Kamu harus mengaturnya sendiri dan untuk mengaturnya kamu klik “More Paper Sizes“.

Mengatur Paper Size F4 di Ms Word

Untuk mempercepat kamu bisa mengklik menu Page Setup yang ada di pojok kanan bawah, dengan icon tanda panah ke samping bawah.

Klik Page Setup untuk mengatur kertas

3. Kemudian pada menu page setup di bagian paper size kamu pilih Custom Size, yang letaknya ada di paling bawah. Lalu sesuaikan  lebar dan tingginya dengan kertas F4. Pada bagian Widht ubah menjadi 21.5 cm dan Height ubah menjadi 33 cm.

Mengatur Kertas Ukuran F4 di Microsoft word

4. Jika sudah, kamu tinggal simpan pengaturannya dengan cara klik Ok.

Tips Memilih Kertas F4

1. Perhatikan Merek

Jika kamu ingin membeli kertas F4 sebaiknya kenali terlebih dahulu merek apa saja yang ada dipasaran. Setiap merek biasanya memiliki harga yang berbeda. Kualitas kertasnya pun bermacam-macam, ada yang kualitasnya bagus dan ada yang biasa saja sehingga mudah rusak.

Sebelum membeli kertas kamu juga harus menentukan kertasnya digunakan untuk apa. Apabila kertas yang kamu beli untuk mencetak dokumen penting, kertas dengan kualitas terbaik wajib kamu beli. Tapi, jika hanya untuk mengcopy dokumen biasa, kualitas standar juga tidak masalah

2. Gramatur dari Kertas (Berat Kertas)

Gramatur kertas yaitu istilah yang dipakai untuk menentukan ketebalan kertas yang jenisnya sama. Satuan yang digunakan pada kertas adalah GSM atau g/ms yang merupakan kependekan dari gram per square meter. Ada banyak kertas F4 di pasaran dengan ukuran yang berbeda. Pada umumnya yang digunakan adalah 70 GSM. Tapi ada juga yang gramaturnya 60 GSM dan 80 GSM.

Jadi kamu harus menentukan dahulu sebelum membeli kertas, mana saja yang akan dibutuhkan banyak orang. Jenis 60 dan 70 GSM yang banyak digunakan pada umumnya di tempat Photo Copy. Dan untuk jenis 80 GSM banyak digunakan untuk mencetak dokumen penting di kantor.

3. Warna dan Bahan Kertas

Kertas F4 memiliki beberapa warna, dan warna putih merupakan warna yang sering digunakan. Tapi juga ada warna kuning, merah muda, hijau dan biru, dan harganya akan lebih mahal dari yang warna putih.

Baca juga: Ukuran Kertas Seri B

Itulah pembahasan mengenai ukuran kertas F4 dan cara mengaturnya di microsoft word. Tentunya masih banyak lagi ukuran-ukuran kertas dari berbagai seri yang perlu kamu ketahui juga. Semoga apa yang sudah diuraikan diatas bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasanmu.

Leave a Reply