Ukuran Kertas A2 dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Ukuran Kertas A2 dalam Mm, Cm, Inci dan Pixel

Ukuran kertas A2 lebih banyak digunakan untuk dunia percetakan, penerbitan dengan berbagai ukuran dan jenisnya. Penasaran berapa ukurannya ? yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Ukuran Kertas A2 adalah ukuran kertas berdasarkan standar internasional ISO dalam mm (milimeter) dan juga dapat diubah menjadi satuan dalam cm (sentimeter), inci, atau bahkan piksel. Kertas A2 umumnya digunakan untuk industri percetakan atau untuk hal-hal yang berhubungan dengan seni, seperti melukis.

Meskipun Anda saat ini tidak bergerak di bidang tersebut, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih detail mengenai ukuran kertas A2 dalam berbagai satuan seperti milimeter, sentimeter, inci, maupun piksel. Sehingga, ketika dibutuhkan untuk menggunakan kertas dalam ukuran tersebut, Anda sudah mengetahuinya.

Ukuran Kertas A2 Dalam Beberapa Satuan

Pada dasarnya, kertas A2 memiliki ukuran yang dalam beberapa satuan. Di antaranya:

a. Ukuran kertas A2 dalam Milimeter

Kertas A2 memiliki panjang 594 dan lebar 420 dalam satuan milimeter.

b. Ukuran kertas A2 dalam Centimeter

Satuan sentimeter memang yang paling banyak digunakan, khususnya untuk masyarakat Indonesia. Panjang kertas A2 dalam centimeter adalah 59,4 cm dan lebar 42,0 cm.

c. Ukuran kertas A2 dalam Inci

Inci merupakan satuan yang digunakan dalam skala internasional. Maka, tidak heran jika banyak aplikasi pengolah kata yang menggunakan satuan ini sebagai default. Untuk kertas A2, memiliki panjang 23,39 inci dan 16,54 inci.

Lebih mudahnya, Anda dapat melihat perbandingan ukuran A2 dalam milimeter, sentimeter, inci dalam tabel berikut ini.

Ukuran Kertas Millimeter Sentimeter Inci

A2 420 x 594 42,0 x 59,4 16,54 x 23,39

d. Ukuran kertas A2 dalam piksel

Satuan pixel lebih umum digunakan dalam dunia desain grafis yang ditujukan untuk membuat layout, banner, spanduk, brosur, dan lain sebagainya. Maka, dalam konversinya pun berbeda dengan satuan lain lantaran menggunakan skala PPI (Paper per Inch). PPI sendiri menggambarkan tingkat kepadatan piksel dalam sebuah layar yang menampilkan sebuah desain. Semakin besar PPI yang dimiliki, maka gambar akan semakin padat dan hasilnya lebih bagus dan halus.

Nah, agar lebih mudah memahami konversi ukuran kertas A2 dalam satuan piksel, Anda dapat melihat tabel berikut:

Ukuran Kertas Panjang (Pixel) Lebar (Pixel)

A2 – 72 PPI 1191 1684

A2 – 96 PPI 1587 2245

A2 – 150 PPI 2480 3508

A2 – 300 PPI 4960 7016

A2 – 600 PPI 9933 14043

A2 – 720 PPI 11906 16838

A2 – 1200 PPI 19842 23066

Kegunaan Lembaran A2

Ukuran A2 memang tidak lazim ditemui di pasaran. Banyak orang awam, atau mungkin Anda tidak mengetahuinya. Namun, lembaran ini akan cukup akrab bagi mereka yang bergerak di bidang percetakan atau penerbitan.

Pasalnya, A2 memang lebih banyak digunakan untuk mencetak banner, poster, untuk keperluan gambar-gambar arsitektur bangunan atau bahkan diagram laporan agar memuat informasi-informasi yang dibutuhkan dan mudah dipahami bagi yang membaca.

Kertas A2 pun memiliki kegunaan lainnya, yaitu:

a. Dari lembaran A2, Anda dapat membuat kertas yang seukuran A3. Caranya, dengan melipatnya menjadi dua. Artinya, ukuran A2 adalah dua kali lipat dari A3. Gampangnya, A3 itu setengah ukuran dari A2.

b. Jika dua kertas berukuran A2 digabungkan, maka akan menjadi kertas ukuran A1. Artinya A2 adalah setengahnya kertas A1.

c. Ketika Anda ingin mencetak poster atau koran ukuran A2, maka gunakan resolusi minimal 150 PPI atau setara 2480 pixel x 3508 pixel.

d. Jika menggunakan ukuran 300 PPI dengan ukuran 4960 pixel x 7016 pixel untuk mencetak desain yang berukuran A2, gunakan mesin percetakan offset agar menghasilkan kualitas gambar yang baik dan akan tampak lebih jelas tulisan atau desainnya ketika dilihat dari jarak dekat.

Baca juga: Ukuran Kertas Seri A

Jenis Kertas yang Digunakan

Usai mengetahui ukuran dan kegunaannya, kini Anda pun perlu mengetahui jenis-jenis kertas apa saja yang paling banyak digunakan untuk mencetak desain ukuran A2. Di antaranya:

1. Ivory

Ivory adalah jenis kertas yang memiliki dua sisi berbeda, yang mana satunya tampak licin dan mengkilap sementara sisi lain seperti kertas pada umumnya. Bentuknya lebih tebal daripada kertas lain sehingga tidak akan mudah sobek. Ivory biasa digunakan untuk sampul majalah, buku, paper bag, maupun tempat untuk menyimpan produk kecantikan.

2. Dupleks

Seperti halnya Ivory, dupleks pun memiliki dua sisi yang berbeda dari segi warna. Salah satu berwarna putih, dan sisi lain berwarna abu-abu. Umumnya, dupleks digunakan sebagai kotak untuk membungkus makanan siap antar.

3. HVS

HVS memiliki ciri berupa permukaan yang kasar dengan harga yang relatif lebih murah daripada ivory atau duplex. Maka tidak heran, jika jenis kertas ini banyak tersedia di pasaran.

4. Kalkir

Kalkir memiliki ciri khusus yaitu transparan dengan sisi permukaan yang lebih halus daripada kertas lain. Biasanya dipakai untuk industri tertentu atau dalam bidang pendidikan.

Baca juga: Ukuran Kertas Seri B

Nah, kurang lebih itulah ulasan singkat mengenai ukuran kertas A2 dalam berbagai satuan seperti milimeter, sentimeter, inci, serta piksel. Adapun kegunaan dan jenis kertas yang beredar di pasaran untuk ukuran A2, adalah bonus untuk mempermudah Anda ketika hendak membeli. Semoga bisa bermanfaat!

Leave a Reply