Cara Mengubah File Powerpoint ke Video

Cara mengubah atau mengkonversi file Powerpoint menjadi video merupakan cara yang sering dicari oleh pengguna internet, ini menunjukkan begitu pentingnya presentasi yang lebih dinamis. Penasaran bagaimana caranya?, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Salah satu alat presentasi yang paling terkenal adalah PowerPoint (PPT), Sebagai alat presentasi Powerpoint memiliki keunggulan daripada aplikasi lainnya. Tapi untuk mengubah file Powerpoint ke video masih belum bisa digunakan.

Padahal, kamu sebagai pimpinan perusahaan, pejabat, atau karyawan pada sebuah perusahaan dan juga Para pelajar tentu sangat membutuhkan alat presentasi yang cukup untuk menunjang ketika kamu presentasi.

Jika tampilan Powerpoint ada animasinya tentu akan lebih menarik, dan tidak monoton, hal inilah yang akan menjadikan audien merasa tertarik pada presentasi yang kamu lakukan.

Berikut akan kami jelaskan bagaimana caranya untuk mengubah file Powerpoint menjadi format video, sehingga akan lebih memudahkan kamu untuk presentasi.

Tips Cepat Mengubah Format File Powerpoint ke Video

1. Untuk bisa melakukan konversi Powerpoint ke video maka yang harus kamu lakukan pertama kali adalah menyiapkan terlebih dahulu PPT yang akan diubah.

2. Apabila file PPT untuk presentasi sudah siap, maka pilihlah menu “File” pada Powerpoint kamu yang ada di pojok kiri atas.

Pilihlah menu File pada Powerpoint kamu yang ada di pojok kiri atas

3. Kemudian pilihlah menu “Export“. Setelah memilih menu export maka akan ada banyak pilihan yang bisa kamu lakukan untuk file PPT.

Kemudian pilihlah menu Export

4. Pilihlah “Create a Video“, ini karena kita hanya akan membahas tentang cara mengubah PPT menjadi video. Setelah create a video maka kamu akan bisa mengatur seberapa besar resolusinya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Pilihlah Create a Video dan mengatur resolusi video

5. Ketika resolusi video file PPT sudah kamu pilih, maka klik “Create Video“, setelah itu akan muncul jendela penyimpanan. Pada jendela ini ubahlah nama file PPT yang telah menjadi video tersebut .

Klik Create video untuk mengubah ke video

6. Jika sudah, kamu bisa klik “Save“, setelah itu proses konversi PPT ke video akan berjalan. Waktu yang dibutuhkan untuk konversi tergantung pada kekuatan Laptop atau PC kamu. Jadi bersabarlah, dan ketika sudah selesai cek hasilnya di file manager laptop atau PC kamu.

Cara Mengubah File Powerpoint ke Video

Setelah proses berjalan lancar, maka semua materi yang ada di file PPT kamu akan berubah menjadi video, setelah ini kamu bisa melakukan presentasi dengan nyaman dan mudah.

Baca juga: Cara Mengubah File Powerpoint Ke Gambar

Alasan Mengkonversi File PPT Menjadi Video

Berbicara kenapa merubah file Powerpoint ke Video, sudah kami ulas sedikit di atas yakni agar presentasi lebih menarik dan enak dipandang.

Tapi ada beberapa alasan lainnya kenapa harus merubahnya. Alasan yang sering terjadi adalah karena tidak adanya dukungan alat untuk peraga presentasi dengan format PPT. Seperti jika perusahaan kamu hanya memiliki layar LCD yang tidak mendukung format PPT.

Alasan yang selanjutnya adalah karena para audien akan merasa lebih senang dan mudah dipahami ketika file PPT diubah menjadi video, jadi tidak perlu membacanya lagi. Hal ini akan memungkinkan mereka bisa mempelajarinya ketiak sedang luang tanpa harus ribet membuka aplikasi ppt diperangkat hpnya.

Yang paling penting adalah, mungkin jika kamu diminta membuat video presentasi, tapi tidak bisa melakukannya. Karena tidak bisa menjalankan aplikasi untuk membuat video presentasi. Maka solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi Powerpoint.

Dengan PPT maka membuat file presentasi video akan cukup mudah, tidak perlu memakan waktu banyak. Jika dibandingkan, maka tidak akan ada perbedaan dari aplikasi video editor untuk presentasi dan PPT tadi.

Bagi para pelajar dan mahasiswa tentu akan sangat menguntungkan menggunakan metode kami di atas. Nilai yang akan kamu dapatkan bisa berubah menjadi A karena kreatifitas kamu.

Baca juga: 3 Cara Mengunci File Powerpoint Supaya Aman

Yang mungkin menjadi pembeda adalah di Powerpoint kamu bisa menyisipkan tulisan dengan lebih simpel dan tersedia banyak fontnya. Setelah mengetahui cara mengubah Powerpoint ke video maka presentasi yang akan kamu lakukan lebih menarik dan tidak membosankan bagi audien.

Leave a Reply