Cara Mengganti Tema Google Chrome Cepat dan Mudah

Cara Mengganti Tema Google Chrome – Berselancar di dunia maya sudah menjadi kebiasaan masyarakat modern saat ini, hampir di semua aspek kehidupan sudah terhubung dengan dunia maya. Perlu diakui kehadiran teknologi internet membawa sederet pengaruh positif dan segudang pengaruh negatif juga. Di satu sisi internet dapat menjadi wadah atau media dalam menyampaikan informasi secara cepat dan efektif. Namun di lain sisi dapat menjadi celah keamanan dengan digunakannya sebagai penyebar hoaks. Diperlukan kesadaran masyarakat terkait dengan internet supaya tidak menelan mentah-mentah informasi yang mereka terima.

Belum lagi pertumbuhan kepemilikan smartphone yang terus meningkat di Indonesia membuat internet semakin digemari oleh masyarakat. Pada April 2019 lalu jumlah pengguna internet di Indonesia menembus angka 171 juta jiwa yang artinya lebih dari separuh total populasi Indonesia telah menggunakan layanan internet. Hal tersebut tentu harus disambut dengan positif, pasalnya dengan luas negara Indonesia yang sedemikian luasnya memerlukan sebuah konektivitas yang mumpuni dan dapat diandalkan, salah satunya adalah internet.

Hal yang paling dasar sebelum seseorang dapat mengakses internet adalah memiliki web browser sebagai alat untuk berselancar di dunia maya, saat ini terdapat beragam web browser antara lain Google Chrome, Firefox, Opera, Safari, hingga UC Browser. Semua itu memiliki fungsi yang sama yaitu supaya kita dapat mengakses konten-konten di dalam internet. Anda sebagai pengguna memiliki pertimbangan tersendiri sebelum memutuskan akan menggunakan salah satu web browser tersebut. Karena tentu dari semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Baca juga: Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome

Beberapa dari merk web browser tersebut menawarkan fitur pemanis seperti mengganti tema browser seperti yang diinginkan oleh pengguna, salah satunya adalah Google Chrome. Google Chrome saat ini memegang pangsa pasar browser sebesar 64,45 %, diikuti oleh Safari sebesar 17,57 %, dan urutan ketiga ditempati ole Firefox dengan angka 4,58 %. Dengan menjadi nomor satu, tentu Google Chrome berhasil membuat dirinya berbeda dan unik sehingga mampu menarik banyak orang untuk menggunakannya.

Cara Mengganti Tema Google Chrome

Google Chrome menyediakan fitur untuk mengganti tema browser sesuai dengan yang kita inginkan, terdapat beberapa cara untuk melakukannya. Namun kali ini mari kita bahas bagaimana cara mengganti tema Google Chrome melalui Google Web Store. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

1. Pastikan Sudah Memiliki Google Chrome

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan anda telah mengunduh dan memasang web browser Google Chrome pada perangkat anda. Jika belum, maka silakan unduh terlebih dahulu sebelum dapat mengganti tema pada web browser.

2. Buka Google Chrome

Buka web browser Google Chrome, lalu pilih ikon titik tiga pada pojok kanan atas, kemudian pilih settings.

Buka menu di chrome kemudian pilih setting

3. Pilih Appearance

Setelah memilih settings, akan tampil halaman pengaturan dan selanjutnya klik menu Appearance pada kiri halaman. Jika menggunakan bahasa Indonesia klik tampilan. Lalu silakan pilih Themes maka anda akan ditujukan ke halaman Google Web Store, di mana anda dapat memilih beragam jenis tema sesuai dengan keinginan. Anda juga dapat mencari nama tema yang memang sudah anda incar untuk dipakai di perangkat anda.

Klik tampilan kemudian buka thema

Pilih tema google Chrome yang ingin digunakan

4. Pilih Tema Anda lalu Terapkan

Setelah menetapkan pilihan anda, maka anda sudah bisa menerapkan tema tersebut kepada perangkat anda. Klik Add to Chrome dan tunggu proses unduhan selesai, maka tema akan secara otomatis muncul pada laman web browser anda.

Cara Mengganti Tema Google Chrome

Baca juga: Cara Mengunci File PDF Agar Tidak Bisa Dicopy

Begitu lah beberapa langkah untuk mengganti tema Google Chrome anda. Semoga apa yang disampaikan diatas mengenai cara mengganti tema chrome bisa bermanfaat

Leave a Reply