5 Aplikasi Antivirus Android Terbaik Paling Ampuh

Sedang mencari aplikasi antivirus Android untuk smartphone mu? Sebenarnya mudah saja untuk menemukan berbagai pilihan aplikasi antivirus di Google Play Store. Mulai dari versi gratis hingga yang berbayar, dari yang berukuran biasa hingga yang lite, semuanya tersedia. Namun aplikasi seperti apakah yang sebenarnya kita butuhkan?

Atau sebelum melangkah lebih lebih jauh, mungkin kamu sedang bertanya-tanya, apakah sebenarnya kita benar-benar perlu untuk menginstall aplikasi antivirus pada smartphone? Mengapa?

Alasan Menginstall Aplikasi Antivirus

Secara umum, instalasi aplikasi antivirus pada smartphone Android bukanlah hal wajib. Apalagi jika kamu tidak melakukan perubahan yang aneh-aneh pada smartphone kamu. Ditambah lagi jika kamu telah mengoptimalkan pengaturan keamanan pada smartphone kamu, maka instalasi aplikasi antivirus bukan menjadi hal yang mendesak.

Namun jika kamu sudah pernah melakukan root pada smartphone, ada baiknya kamu menginstall aplikasi antivirus android. Hal ini dikarenakan proses root atau pembongkaran sistem operasi, bisa membuat smartphone lebih rentan akan virus, bahkan merusak software dan hardware.

Selain itu, apabila kamu mengunduh aplikasi di luar Google Play Store, maka kemungkinan smartphone kamu untuk terinfeksi virus akan cenderung lebih besar. Aplikasi di luar Google Play Store cenderung tidak aman, bahkan bisa meminta izin akses yang tidak masuk akal dan mengganggu privasi kamu.

Bahkan terkadang, jika kamu mengunduh aplikasi dari Google Play Store sekalipun, ada beberapa aplikasi kurang layak namun lolos screening, sehingga bisa masuk ke dalam jajaran aplikasi Google Play Store. Walaupun demikian, aplikasi seperti ini memanglah tidak banyak.

Singkatnya, aplikasi antivirus android digunakan untuk melindungi smartphone kamu dari ancaman malware dan virus tertentu saja. Sekaligus untuk meminimalisir kemungkinan pencurian data dari gadget kamu, baik itu berkas, foto, video, hingga daftar kontak telepon.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android (Gratis)

5 Daftar Aplikasi Antivirus Android Terbaik

Berikut adalah lima aplikasi antivirus android terbaik yang bisa menjadi referensimu. Mari kita simak!

1. Avast Antivirus – Mobile Security & Virus Cleaner

Avast Antivirus Android terbaik

Selain dikenal akan aplikasi antivirus pada computer, ternyata Avast juga mengeluarkan aplikasi antivirus khusus untuk smartphone. Sampai dengan bulan Desember 2020, aplikasi berlambang oranye ini memiki rating 4.7 dari 6 juta pengguna. Serta telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan berukuran 19MB.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Dengan sekali klik, kamu bisa memindai semua aplikasi yang terinstall pada smartphone kamu, kemudian menghapus sekala malware, virus, trojan serta spyware yang terdeteksi.

Aplikasi antiviru android ini juga menawarkan versi premium alias berbayar. Fitur premium yang tersedia diantaranya adalah fitur VPN berbayar untuk menyembunyikan dan mengamankan aktivitas berselancar di internet, penghapus iklan, pengunci aplikasi dan kontak langsung dengan pihak Avast untuk konsultasi keamanan.

2. Norton 360

Norton 360

Memiliki rating 4.7 dengan 1 juta review, Norton menjadi salah satu antivirus yang paling banyak diulas oleh berbagai media teknologi. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali dan berukuran 36 MB.

Beberapa fitur unggulan dari aplikasi ini yaitu kemampuan pemindaian Wi-Fi sehingga kita akan mendapat notifikasi apabila kita terhubung dengan jaringan yang kurang aman. Kemampuan deteksi aplikasi ini pun sangat mumpuni untuk menyapu semua virus dan malware yang bisa mengganggu performa smartphone kamu.

3. Kaspersky Mobile Antivirus: AppLock & Web Security

Kaspersky Mobile Antivirus

Pada Google Play Store, aplikasi ini berukuran 43 MB, memiliki rating 4.8 dari 3 juta ulasan, serta telah diunduh sebanyak lebih dari 50 juta kali. Aplikasi antivirus android ini menawarkan versi gratis dan versi premiumnya.

Untuk versi gratis memberikan fitur scanning terhadap berbagai virus dan malware, fitur anti pencurian dan penemuan ponsel untuk membantu kamu ketika kehilangan ponsel. Bahkan kamu juga bisa menghapus data-data di dalam ponsel yang hilang tersebut. Sedangkan untuk versi premiumnya, aplikasi antivirus android ini menawarkan fitur penguncian per aplikasi, serta filter pada situs berbahaya saat berselancar di internet.

Baca juga: 10 Aplikasi Perekam Suara Terbaik di Android

4. ESET Mobile Security & Antivirus

Eset Antivirus Android

Jika kita telisik dari Google Play Store per Desember 2020. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali, dengan rating 4.8 dari 864 ribu ulasan. Versi gratis aplikasi ini sebenarnya telah memberikan perlindungan dari virus dan malware yang baik, yakni meliputi scanning, serta anti-phising yang berguna saat mengakses situs berbahaya. Kamu juga bisa mendapatkan update laporan keamanan tentang smartphone kamu.

Sedangkan versi berbayarnya sendiri sanggup berbagai fitur keamanan yang lebih, seperti menginformasikan lokasi terakhir ponsel, penguncian per aplikasi serta pemindaian jaringan.

5. Malwarebytes Security: Virus Cleaner, Anti-Malware

Malwarebytes Security Android

Tersedia di Google Play Store, aplikasi Malwarebytes Security telah diunduh sebanyak 10 juta kali dan mendapat rating 4.6 dari 312 ribu pengguna. Tak hanya di android, kamu juga bisa menemukan aplikasi ini pada Windowa, Chromebook, Mac dan iOS.

Seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Malwarebytes Security juga menyediakan versi gratis dan versi berbayarnya. Untuk versi gratisnya sendiri kita bisa menemukan fasilitas scanning virus dan malware, serta menunjukkan hak akses apa saja yang dimiliki tiap aplikasi.

Untuk versi premium atau berbayarnya kamu akan mendapatkan pengalaman lebih, dengan pemindaian akses internet yang aman. Bahkan deteksi ransomware sebelum menyerang smartphone kamu.

Baca juga: 8 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik di Android

Itulah mengenai 5 aplikasi antivirus android terbaik dan paling ampuh. Yang bisa anda gunakan untuk mengamankan smartphone dari virus dan malware. Semoga bisa bermanfaat!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru