Cara Mengganti Resolusi Layar Di Windows 10

Cara Mengganti Resolusi Layar Di Windows 10 – Setiap orang pasti memiliki preferensinya masing-masing sehingga perlu diberikan kebebasan dalam memilih. Misalnya saja saat ingin memilih sebuah mobil baru pastinya mereka membutuhkan waktu untuk membeli atau pun bagi mereka yang telah memiliki mobil maka mereka berhak untuk melakukan modifikasi mobil mereka. Sama halnya seperti laptop atau komputer anda yang dapat di modifikasi sesaat setelah membelinya.

Saat kita membeli sebuah laptop, maka seluruh komponen laptop sudah menjadi milik kita dan bebas ingin dilakukan apa saja. Di dalam dunia komputer terdapat istilah OC (Over Clocking) yang berarti komputer/laptop di optimalisasi kinerjanya dengan mengorbankan kondisi hardware karena komputer akan dipaksa bekerja dengan paksa. Jika anda sering melakukan OC maka jangan harap komputer/laptop anda dapat bertahan lama.

Adapun istilah mining di dalam komputer yang beberapa tahun belakangan ini cukup sering dibahas, mining sendiri berarti menambang, namun apa yang ditambang?. Anda dapat menambang koin bitcoin menggunakan komputer/laptop anda, namun anda harus merelakan sumber daya yang anda punya akan dipakai semaksimal mungkin misalnya saja perangkat komputer/laptop itu sendiri seperti CPU dan GPU, belum lagi daya listrik yang harus disediakan. Dengan banyaknya sumber daya yang harus dikeluarkan, bitcoin menawarkan imbalan yang cukup fair sebenarnya, 1 bitcoin setara dengan 6,596 USD, jumlah yang besar bukan?.

Baca juga: Cara Mengganti Bahasa di Windows 10 Dengan Cepat

Selain melakukan aktivitas yang dapat merugikan komponen komputer, ada pula hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menambah performa laptop. Seperti menambah kapasitas RAM (Random Access Memory). Dengan semakin berkembangnya aplikasi dan game yang beredar saat ini maka diperlukan juga sebuah keseimbangan antara software dan juga hardware, menambah RAM dapat menjadi solusi.

Adapula cara untuk mengoptimalkan kinerja laptop anda dengan mengganti harddisk dengan SSD (Solid State Disk), penggantian ini bertujuan untuk mempercepat kinerja laptop karena SSD bisa dibilang lebih responsif dibandingkan dengan harddisk, belum lagi ketahanan SSD diklaim lebih tahan lama dan dapat meminimalisir kerusakan saat terjadi goncangan pada laptop anda.

Begitu banyak cara yang dapat kita lakukan terutama dalam hal modifikasi hardware guna memenuhi kebetuhan kita sehari-hari. Namun tidak hanya hardware, software pun juga kita dapat modifikasi antara lain seperti mengubah pengaturan laptop. Pengaturan seperti tingkat kecerahan cahaya, kinerja baterai hingga kualitas resolusi layar dapat diatur semuanya di dalam sistem operasi Windows.

Cara Mengganti Resolusi Layar Di Windows 10

Seperti pada judul artikel ini, kali ini kita akan membahas bagaimana mengubah resolusi layar laptop/komputer kita pada Windows 10. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Klik Display Settings Pada Kanan Kursor

Pertama-tama silakan anda klik kanan pada kursor anda lalu pilih menu display setting yang ada diatas menu personalize. Lalu anda akan dihadapkan kepada laman “Display Settings”.

Klik Display Settings Pada Kanan Kursor

2. Pilih menu “Display”

Selanjutnya pilih menu “Display” maka akan terpampang pengaturan terkait dengan tampilan laptop. Di sana tidak hanya mengatur mengenai besaran resolusi melainkan juga terdapat seperti tingkat kecerahan, tingkat ukuran teks hingga orientasi layar (landscape atau portrait). Jika anda ingin mengubah resolusi layar maka pilih “Resolution”. Anda bisa merubah resolusi layar sesuai dengan kebutuhan anda.

Cara Mengganti Resolusi Layar Di Windows 10

3. Pilih Ukuran Resolusi yang Anda Inginkan

Selanjutnya, anda akan melihat beberapa opsi ukuran terkait resolusi yang akan anda pilih. Terdapat beberapa opsi antara lain 1920 x 1080, 1680 x 1050, 1600 x 900, 1440 x 900, 1400 x 1050, 1366 x 768, 1360 x 768, 1280 x 1024, 1280 x 960. Dari beberapa opsi tersebut memang disarankan untuk memilih resolusi 1920 x 1080. Supaya tampilan yang dihasilkan akan lebih optimal dan jelas untuk dilihat.

4. Klik Apply dan Resolusimu Akan Diperbaharui

Jangan lupa untuk klik “Apply” supaya pengaturan yang telah anda buat tersimpan. Jika muncul pilihan “Keep Changes” dan “Revert”, piliih “Keep Changes” untuk tetap menerapkan pengaturan anda.

Klik Apply dan Resolusimu Akan Diperbaharui

Baca juga: Cara Mengganti Tema Google Chrome Cepat dan Mudah

Nah itulah langkah-langkah untuk mengganti resolusi layar di windows 10. Jika anda ingin mengubah resolusi komputer anda yang menggunakan windows 10, anda bisa melihat caranya sekaligus menerapkannya.

Leave a Reply