Jenis Jenis Ukuran X Banner, Bahan Serta Kelebihannya

Macam Macam Ukuran X Banner, Bahan, Serta Kelebihannya

Selembar.com – Ada beberapa jenis ukuran X banner yang dapat digunakan sesuai kondisi, tujuan, dan tentunya keuangan. Yuk ketahui selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Anda mungkin sering melihat X banner yang terpasang di pusat perbelanjaan, pameran, workshop, atau bahkan toko-toko. Lalu, untuk apa sebenarnya X banner itu dipajang? Tujuannya tentu untuk mempromosikan suatu barang atau jasa kepada.

Dinamakan X banner lantaran mempunyai penyangga yang berbentuk menyerupai huruf X dan dapat dipasang berdiri. Maka, tidak heran jika umumnya banner jenis ini dipasang di depan toko, di pojok tempat pelatihan atau pameran diadakan.

X banner pun biasanya terdiri dari informasi yang ingin disampaikan yang ditampilkan dalam kalimat sederhana disertai desain menarik. Sehingga, sekali lihat pembaca akan mudah ingat apa isinya. Jenis banner ini juga dapat dipasang di dalam maupun di luar ruangan.

Namun, tahukah Anda jika X banner memiliki 2 ukuran yang berbeda jenis? Apa saja ukuran x banner tersebut? Mari simak ulasannya.

Jenis-jenis Ukuran X Banner

1. X Banner Standar

X Banner Standar

X Banner sering digunakan sebagai media promosi lantaran mudah dibawa ke mana-mana dan diatur. Tiang penyangganya pun cukup kuat sehingga tidak akan mudah terjatuh. Ukuran X Banner standar umumnya adalah 60 x 160 cm atau 80 x 180 cm. Tetapi ada juga yang menggunakan 120 x 60 cm.

2. Mini X Banner

Mini X Banner

Sesuai namanya, Mini X Banner berukuran lebih kecil dari X Banner Standar. Banner ini lebih cocok jika diletakkan di atas meja di bagian customer service atau resepsionis, agar lebih mudah dilihat atau dibaca isinya oleh pembaca selama berkonsultasi. Dari segi rangka, Mini X Banner terdiri dari dua jenis yaitu rangka yang dilengkapi dengan stainless dan rangka tanpa stainless. Namun, keduanya tetap memiliki ukuran yang sama yaitu sekitar 25 x 40 cm atau 26 x 30 cm.

Baik X Banner standar ataupun mini, keduanya lebih pas jika dipasang di area indoor. Pasalnya, jika diletakkan di luar akan mudah jatuh ketika tertiup angin besar. Namun, apa pun pilihan yang akan Anda gunakan nantinya, tentu keduanya memberikan manfaat dan tujuan yang sama, yaitu membantu mengenalkan barang/jasa yang Anda tawarkan, atau memberikan informasi yang ingin disampaikan. Tentunya dengan dukungan desain yang menarik pula.

Baca juga: Kenali Macam Macam Ukuran Banner Offline dan Online

Bahan Membuat X Banner

Untuk menambah pertimbangan Anda dalam menentukan ukuran X banner mana yang akan dipilih, sebaiknya Anda pun harus mengenali bahan-bahan yang biasa digunakan. Di antaranya:

a. Albatross

Albatross merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat x banner. Harganya cukup terjangkau sehingga dapat meringankan keuangan ketika ingin membuat banner lebih dari 1.

Namun sayangnya, albatross hanya pas digunakan untuk area indoor. Pasalnya, tinta yang tercetak di atasnya akan memudar ketika terkena cahaya matahari maupun hujan, sehingga tulisan tidak akan terbaca dengan baik dan tujuan untuk mempromosikan dan menginformasikan tentang barang atau jasa tidak akan tercapai.

Kelemahan lainnya, x banner yang menggunakan bahan albatross harus sering diganti sebab jika kelamaan, bagian ujung akan melengkung dan merusak nilainya. Waktu bertahannya kurang lebih sekitar 1 bulanan.

b. Flexy

Flexy memiliki beberapa varian yang dapat menjadi pilihan, yaitu Flexy China, Flexy Korea, dan Flexy Jerman. Selain negara pengimpor yang membedakannya, juga ketebalan bahan yang digunakan. Flexy Jerman relatif lebih tebal dan sangat cocok digunakan untuk membuat X Banner untuk outdoor. Pasalnya, warna tidak akan memudar ketika terkena cahaya matahari atau hujan. Sedangkan Flexy China dan Korea cenderung lebih pas dipakai untuk indoor.

Namun, ketiganya memiliki kelebihan yang sama yaitu bertekstur halus, lebih tebal, dan kokoh. Sehingga tulisan akan nampak lebih jelas dan tercetak dengan baik. Sayang, harganya terbilang sedikit lebih mahal daripada albatross.

Baca juga: Jenis-Jenis Kertas dan Kegunaanya Lengkap

Kelebihan atau Keunggulan X Banner

Usai mengetahui tentang ukuran X banner dan bahan yang digunakan, berikut adalah kelebihan dari X banner. Di antaranya adalah:

a. Lebih ringan dan mudah dibawa ke mana pun

Keuntungan utama ketika Anda menggunakan X banner sebagai media promosi ialah bobotnya yang ringan, mudah dibawa ke mana pun, serta dapat dibongkar pasang secara cepat. Tidak perlu melibatkan banyak orang ketika pemasangannya, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.

b. Dapat menyesuaikan kondisi, tujuan, dan keuangan

Tiap ukuran x banner tentu memiliki kegunaan masing-masing sehingga Anda dapat memilah mana yang akan digunakan untuk indoor, outdoor, atau bahkan hanya cukup diletakkan di atas meja. Selain itu, ukuran-ukuran tersebut pun dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Bahkan, kini sudah banyak inovasi tambahan yang dapat menguatkan tiang penyangga x banner agar dapat digunakan di lokasi mana pun dan dalam keadaan apa pun.

c. Mudah diganti-ganti

Selayaknya kanvas yang masih kosong, X banner sangat mudah diganti-ganti, terutama dari segi informasi yang ingin disampaikan kepada khalayak. Kuncinya, Anda tahu cara membuat keseimbangan yang baik antara warna, konten, ukuran font, jenis font, gambar, dan desain lainnya. Jika Anda dapat merencanakannya dengan baik, desain X banner tersebut akan benar-benar dapat menarik orang yang melewatinya dan menyampaikan pesan promosi yang ingin disampaikan dan dapat dipahami pula oleh target audiens dengan mudah.

Baca juga: Macam-Macam Ukuran Foto Yang Sering Digunakan

Nah, kurang lebih itulah ulasan singkat tentang macam-macam ukuran x banner beserta bahan dan kelebihannya. Semoga membantu Anda dalam menentukan ukuran mana yang akan dipilih ketika hendak membuatnya.

Tags:

Leave a Reply