Kenali Macam Macam Ukuran Banner Offline dan Online

Kenali Macam Macam Ukuran Banner Offline dan Online – Mau promosi menggunakan banner online atau offline? Ketahui macam-macam ukuran banner offline dan online untuk tampilan banner yang lebih profesional.

Kebutuhan banner saat ini bukan hanya untuk promosi dan sosialisasi secara offline. Publikasi dan promosi secara online pun membutuhkan kreasi banner yang menarik. Apakah Anda tahu macam-macam ukuran banner offline dan online yang banyak digunakan orang untuk beragam kebutuhan?

Kenali Macam Macam Ukuran Banner Offline dan Online

Secara online kini ada banyak jenis banner dengan variasi bentuk dan ukuran. Konten sosial media maupun website secara khusus membutuhkan aneka jenis banner untuk tampilan yang lebih menarik. Kebutuhan banner online lebih menantang kualitas variasinya, bukan hanya sekadar informasi tetapi juga bagaimana menyuguhkan tampilan visual yang menarik.

Macam Macam Ukuran Banner Offline

Banner secara offline sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Jenis-jenis banner offline yang sering dipakai orang di antaranya x-banner, mini x banner, y banner, roll up banner, dan banner outdoor dengan aneka ukuran yang beragam. Masing-masing jenis banner ini memiliki ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan media pasang atau tempat pasang.

1. Spanduk Outdoor

Spanduk outdoor seperti baliho atau ukuran memanjang biasanya memiliki ukuran minimal 4×1 meter. Ukuran minimal ini mempengaruhi tingkat keterbacaan di luar ruangan termasuk juga agar bisa lebih dilihat orang. Ukuran baliho bisa 4×5 meter, 5×5 meter, 4×4 meter dan sebagainya. Ukuran ini tergantung lokasi pemasangan.

2. X Banner

Bagaimana dengan x banner? X banner merupakan jenis banner dengan model kaki berbentuk huruf x. Jenis banner ini digunakan di ruangan. Biasa dipakai di stand-stand bazar, ruang tunggu dan sebagainya. Ukuran x banner bisa bervariasi. Beberapa ukuran yang umum digunakan orang adalah 60×120 cm, 25×40 cm, 60×160 cm dan 80 x 180 cm.

3. Y Banner

Model y banner hampir mirip dengan x banner, tetapi model ini masih kalah populer dengan x banner. Ukuran yang umum digunakan untuk jenis y banner ini sebesar 60 x 160 cm.

4. X Mini Banner

Selain model banner di atas, ada juga jenis mini x banner, ukuran x banner yang lebih kecil dan biasanya diletakkan orang di atas meja. Jenis banner ini biasanya memiliki ukuran sesuai keinginan pemesan, tetapi yang paling umum dipakai orang ukurannya 26×38 cm.

5. Roll Up Banner

Roll up banner merupakan jenis banner yang lebih berkelas dengan keistimewaan bisa digulung dan mudah dibawa untuk berbagai keperluan. Secara harga tentu lebih mahal dibanding jenis lainnya. Ukuran roll up banner yang sering dipakai orang sebesar 85 x 200 cm, 80 x 200 cm, 120 x 200 cm, hingga 150 x 200 cm.

Jenis banner indoor ini banyak dipakai orang untuk kegiatan pameran, stand bazar, promosi produk dan sebagainya karena lebih fleksibel dan mudah digunakan.

Baca juga: 8 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android

Macam-Macam Banner Online dan Ukurannya

Banner online biasanya bisa kita temukan dalam sebuah website untuk menampilkan informasi tertentu dari pemilik website. Ada juga konten banner untuk promosi yang sering kita temukan di media sosial. Konten banner ini kini lebih bervariasi. Saat ini penggunaan banner sudah dikreasikan dengan video-video animasi yang lebih kreatif.

Namun, untuk kebutuhan sebuah website dengan performa yang lebih kencang, kebutuhan banner tetap dibutuhkan. Sudah tau jenis banner online yang dipakai orang untuk kebutuhan promosi dan publikasi?

1. Banner Leaderboard

Kalau Anda seorang pemain google adsense pada sebuah blog tentu tak asing lagi dengan tampilan banner untuk iklan. Jenis banner ini disebut banner leaderboard. Banner ini biasanya memiliki ukuran 728×90 pixel. Ukuran ini disesuaikan dengan kebutuhan tampilan sebuah website, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

2. Banner Medium Rectangle

Bila Anda ingin membuat banner iklan online maka bisa menggunakan jenis banner medium rectangle. Banner ini menawarkan ukuran 300×250 pixel. Ukuran ini cukup ideal untuk tampilan sebuah website yang akan dibuka melalui mobile. Para pemasang iklan sering menggunakan jenis banner ini karena memiliki klik yang cukup bagus.

3. Banner Large Rectangle

Bila ingin membuat sebuah banner yang ingin diletakkan pada konten tulisan, maka bisa menggunakan ukuran banner large rectangle. Jenis banner ini memiliki ukuran 336×280 pixel. Kalau Anda butuh banner model vertikal dengan ukuran yang besar maka bisa memilih model large skyscraper dengan ukuran 300×600 pixel.

4. Banner Portrait

Jika Anda ingin membuat banner online ukuran potrait maka bisa menggunakan ukuran 300 x 1050 pixel. Jenis banner ini sangat cocok untuk pemasangan iklan di sebuah sidebar website. Modelnya mudah dilihat pengunjung di sebuah website.

5. Banner Billboard

Banner online lainnya yang bisa Anda gunakan untuk sebuah website adalah ukuran banner billboard. Model banner ini menawarkan ukuran yang cukup besar yakni 970×250 pixel. Pengaturannya pada website perlu diperhatikan dan disesuaikan karena ukurannya yang cukup besar.

Cara Merubah Ukuran Banner Online dan Offline

Pada kondisi tertentu ukuran banner mungkin harus diubah karena menyesuaikan dengan media pasangnya. Bagaimana cara merubah ukuran banner?

1. Menggunakan Software Photoshop

Umumnya orang menggunakan software desain untuk merubah ukuran sebuah banner. Software untuk desain banner yang paling umum digunakan orang adalah fotoshop yang menampilkan banyak fitur membuat sebuah banner yang bagus.

2. Menggunakan Website Pengaturan Gambar

Namun, bagi Anda yang tidak menguasai software photoshop tetap bisa merubah ukuran banner menggunakan sebuah situs perubah ukuran banner di resizeimage.net. Di sini Anda tak perlu mendesain ulang seperti fotoshop, cukup mengunggah gambar dan bisa langsung merubah ukuran gambar yang hendak diubah.

Banner online bisa langsung diposting setelah selesai didesain di photoshop atau dikombinasikan dengan animasi dan video agar tampilannya lebih menarik.

Konten Banner Online yang Menarik

Menurut Anda mana yang lebih menarik untuk sebuah konten promosi apakah menggunakan banner atau perlu dikombinasikan dengan video animasi dan sejenisnya?

Jawabannya tergantung medianya, Anda mau promosi di mana? Sebuah banner tetap memiliki tempat khusus yang dicari orang. Tak semua orang senang membuka konten video promosi yang panjang, banyak juga yang lebih senang membaca informasi dari sebuah banner. Selain bisa lebih jelas dibaca informasinya juga bisa lebih hemat kuota.

Namun, jika ingin mengkombinasikan konten banner dengan video pun tak masalah jika konten tersebut akan diposting di media promosi seperti youtube atau instagram. Tampilan video menjadi hal utama yang disukai pengunjung di media sosial ini.

Sebuah website membutuhkan kombinasi media mulai dari video hingga banner dengan tampilan eksklusif. Semakin bagus banner yang dibuat akan mencerminkan suatu acara atau informasi tersebut bersifat lebih eksklusif. Jadi, jangan sepelekan tampilan banner Anda baik untuk konten di website atau media sosial.

Pelajari desain grafis secara profesional untuk mendapatkan hasil desain banner yang lebih bagus, profesional dan eksklusif.

Baca juga: 16 Jenis Kain Katun Yang Paling Banyak Dicari di Pasaran

Itulah mengenai macam-macam ukuran banner offline dan online di atas bisa Anda jadikan referensi untuk desain banner yang lebih bagus sesuai dengan peruntukannya. Semoga apa yang sudah di jelaskan seputar macam macam banner bisa bermanfaat. Dan jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya dari selembar.com, trimakasih.

Leave a Reply