Cara Membuat Tabel di Excel dengan Mudah & Cepat

Ada dua cara membuat tabel di excel yang bisa Anda lakukan, pertama menggunakan menu insert table dan yang kedua menggunakan format as table. Berikut ulasan lengkapnya.

Microsoft Excel sudah menjadi hal yang familiar bagi banyak kalangan, terutama mereka yang bekerja di bidang administrasi, keuangan, atau berbagai pengolahan data.

Software yang satu ini memang sangat cocok bagi Anda yang bekerja dengan berbagai data dan angka, terlebih dengan berbagai fitur yang sangat cocok untuk pekerjaan tersebut seperti grafik dan tabel. Bahkan dengan berbagai rumus dan formula bisa sangat memudahkan Anda.

Sayangnya, masih saja ada segelintir pengguna yang belum mengetahui cara membuat tabel di Excel. Padahal, tabel pada Excel adalah hal penting. Lantas, bagaimanakah cara mudah yang seharusnya dilakukan untuk mendapatkan tabel yang diinginkan pada Excel. Caranya adalah sebagai berikut.

2 Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel

Memanfaatkan Menu Insert Table

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan menu Insert Table. Tidak perlu khawatir jika Anda menggunakan cara ini karena sangat mudah dilakukan dan cepat mendapatkan hasilnya. Berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Lakukan pemilihan data terlebih dahulu

Sebelum melakukan pembuatan tabel, Anda wajib memilih data mana saja yang akan dimasukkan. Seleksi data mana saja yang akan digunakan pada tabel dengan mengklik salah satu sel lalu drag sel lainnya.

Menyeleksi data untuk tabel

Sebagai contoh, Anda ingin membuat tabel untuk kolom A sampai F pada baris ke 2 sampai 7. Oleh karena itu, Anda perlu mengklik sel A1 sampai dengan F7 menggunakan pointer. Cara lainnya, yakni dengan klik sel A1, tekan tombol Shift pada keyboard lalu klik sel F7.

2. Selanjutnya, klik Insert Table

Membuat tabel di Excel

Langkah berikutnya adalah mengklik menu Insert yang ada pada bagian atas menu di Excel. Selanjutnya, klik Table di bagian toolbar sehingga pada data yang sudah diseleksi akan muncul data dengan garis hijau putus-putus yang bergerak.

Membuat tabel di excel dan heading

Anda akan dihadapkan pada sebuah pilihan untuk ‘Create Table’. Di dalamnya, ada pilihan data sel yang telah diseleksi sehingga Anda perlu konfirmasi apakah data yang diinput sudah benar atau belum. Centang pada bagian ‘My tables has headers’ jika dibutuhkan Klik OK jika data yang dimaksud sudah sesuai.

3. Ubah desain sesuai keinginan

Mendesain Tabel di Excel

Setelah klik OK, maka tabel akan secara otomatis muncul. Anda masih bisa menyesuaikan kembali data dan tabel yang ditampilkan, baik memperbaiki kata-kata, warna tabel, hingga memasukkan data-data lain yang dibutuhkan.

Caranya pun mudah, yakni hanya tinggal klik toolbar Design, kemudian pilih menu-menu yang ingin Anda aplikasikan. Gunakan juga toolbar menu lain seperti Home, Data, dan yang lain sesuai kebutuhan.

Baca juga: Cara Menambah Kolom dan Baris di Excel dengan Cepat

Menggunakan menu Format as Table

Cara lain yang juga tidak kalah praktis bisa Anda temui pada menu Home. Di sini, Anda bisa langsung menggunakan menu yang tersedia dan menampilkan tabel secara cepat dalam hitungan detik.

1. Langkah pertama, seleksi data

cara membuat tabel di excel dengan mudah

Sama seperti halnya cara yang pertama, Anda perlu menyeleksi dulu data yang akan dimasukkan ke dalam tabel. Menggunakan pointer mouse hingga tombol Shift pada keyboard, Anda sudah bisa memilih data mana saja yang dibutuhkan.

2. Selanjutnya di menu home pilih Format as Table

Menggunakan menu Format as Table

Selanjutnya, klik menu toolbar Home kemudian pilih Format as Table. Di sini, Anda akan diperlihatkan beberapa pilihan tampilan tabel yang bisa dipilih sesuai keinginan. Klik salah satunya dan tabel Anda sudah jadi.

3. Kemudian edit sesuai kebutuhan

Anda juga masih bisa mengedit tabel yang sudah dibuat. Sama halnya dengan cara membuat tabel di Excel yang pertama, gunakan saja menu Design ataupun menu lain sesuai kebutuhan.

Baca juga: Cara Freeze Excel Untuk Kolom & Baris Tanpa Pusing

Itulah mengenai cara membuat tabel di excel yang bisa anda ikuti, semoga bisa bermanfaat!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru