Cara Membuka Dokumen MS Word Yang Terkunci

Membuka Dokumen MS Word Yang Terkunci – Untuk mengamankan dokumen MS Word, seringkali anda menggunakan fitur untuk mengunci file tersebut, apalagi jika memang file anda merupakan file penting atau sangat rahasia, tentunya sangat perlu bagi anda untuk mengunci file tersebut. selain seorang penulis, mahasiswa, dan para pekerja lainnya juga banyak menggunakan fitur ini agar karya mereka tidak di plagiasi oleh orang lain.

Jika dokumen terkunci maka dokumen tersebut hanya bisa dibaca oleh penerima saja, hal ini berfungsi agar para pembaca tidak mengacak-acak karya yang anda miliki atau diselipkan hal-hal yang tidak bagus. Bagi anda yang mungkin membutuhkan kutipan atau referensi dalam membuat sebuah karya tulis tentunya ini sangat mengganggu karena anda perlu mengetik ulang kutipan tersebut.

Cara Membuka Dokumen MS Word Yang Terkunci

Misalkan saja dalam dokumen yang terkunci itu, terdapat kutipan penting yang bisa menambah referensi dalam membuat karya tulis anda, maka anda perlu bisa edit dan copy kutipan tersebut agar lebih mudah dalam menyelesaikan karya tulis anda. Sehingga berikut ini ada salah satu cara agar anda bisa membuka MS Word yang terkunci dengan mudah.

1. Menggunakan Notepad atau Wordpad

membuka dokumen yang terkunci dengan wordpad

Cara ini tentunya bisa digunakan untuk MS Word versi berapa saja, seperti 2007, 2010, 2013 bahkan 2016. Sama seperti MS Word, wordpad sendiri adalah software yang berfungsi untuk menulis dan membuat teks yang memiliki berbagai macam jenis format dan gambar. Software ini hampir sama dengan MS Word namun ada sedikit perbedaan pada tampilannya.
Agar bisa membuka dokumen MS Word anda yang terkunci anda bisa memanfaatkan aplikasi wordpad ini sebagai jalan pintasnya.

Baca juga: Cara Memberi Password di Document Ms Word

Lebih jelasnya ikuti beberapa langkah dibawah ini :

  • Langkah pertama jika anda tidak memiliki aplikasi wordpad maka bisa didownload terlebih dahulu lalu di instal.
  • Kedua jika sudah maka buka file dokumen yang terkunci di MS word.
  • Jika sudah maka silahkan anda coba save as dan ubah formatnya menjadi “.rtf “.
  • Setelah file tersimpan carilah file yang sudah di save as tadi, lalu klik kanan, selanjutnya open with wordpad.
  • Secara otomatis file akan terbuka dan bisa diedit.

2. Menggunakan Google Drive

membuka dokumen yang terkunci dengan google drive

Jika cara diatas belum bisa mengatasi masalah anda dalam membuka kunci MS Word yang terkunci maka saran kedua anda bisa menggunakan aplikasi google drive. Tetapi terdapat hal yang harus anda persiapkan salah satunya dengan menyiapkan akun gmail. Karena untuk bisa login ke google drive pastinya anda harus login melalui akun gmail. Jika anda belum membuat akun gmail silahkan anda membuatnya terlebih dahulu.

  • Pertama anda perlu masuk ke situs google drive atau drive.google.com
  • Berikutnya coba anda perhatikan pada bagian kiri lalu klik saja baru, di lanjut dengan memilih upload file.
  • Langkah berikutnya silahkan anda cari saja file ms word yang terkunci tadi, dan langsung klik. Maka secara otomatis file tersebut akan di upload. Disini penulis memakai contoh file surat pengunduran diri copy.
  • Setelah itu tunggu proses berjalan.
  • Selanjutnya anda silahkan cari file yang sudah ter-upload di google drive tadi, setelah itu klik kanan filenya dan pilih buka dengan google document (jika dalam bahasa inggris akan muncul open with google docs.).
  • Secara otomatis akan membuka file dan silahkan pilih pada pojok kiri atas yaitu file.
  • Cara terakhir tinggal pilih download as, dan pilih microsoft word (docx). File tersebut akan terdownload dan silahkan buka lagi file dokumennya. Maka secara otomatis file terkunci tadi akan terbuka dan bisa diedit dengan mudah.

Baca Juga: Cara Backup Dokumen di Microsoft Word Secara Otomatis

Itulah tadi beberapa cara dalam mengatasi dokumen MS Word yang terkunci. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply