Cara Memberi Password di Dokumen Ms Word

Cara memberi password di dokumen Ms Word perlu diketahui agar dokumen yang anda miliki aman dan hanya orang yang diberi password saja yang bisa membukanya. Berikut ulasan lengkapnya.

Sebagai seseorang, mungkin beberapa waktu kita pernah memikirkan akan sebuah privasi terhadap data. Data merupakan hal yang sangat penting saat ini, terlebih dengan booming-nya istilah revolusi 4.0 membuat banyak orang bahkan perusahaan telah menganggap data sebagai aset termahal saat ini.

Dikutip dari Kontan, bahwa saat ini komoditas paling berharga bukanlah minyak, melainkan data. Dahulu orang-orang menganggap minyak merupakan hal yang mahal karena pada zamannya memang masih di revolusi industri. Namun kini, di era revolusi industri digital atau biasa kita sebut revolusi industri 4.0, data adalah suatu komponen termahal.

Sebut saja raksasa perusahaan teknologi dunia seperti Google, Facebook atau Apple kini menguasai dunia dengan bantuan data. Kita sebagai pengguna yang sehari-hari mengakses produk besutan mereka akan meninggalkan jejak digital yang kemudian dapat diolah sebagai sebuah informasi guna menentukan arah bisnis mereka.

Jika ingin menghitung-hitung berapa total laba bersih perusahaan Google, Apple, Facebook, Amazon dan Microsoft di kutip dari Kontan mencapai lebih dari 25 Miliar USD atau setara dengan lebih dari 350 Triliun Rupiah. Angka yang sangat besar bukan hasil dari mengolah data.

Pentingnya Keamanan Data

Berbicara mengenai data, saat ini data memiliki bentuk yang sangat beragam. Tanpa disadari, saat anda melakukan sebuah posting di jejaring sosial maka kegiatan tersebut dapat disebut sebagai data. Singkatnya, apabila anda menyertakan lokasi di dalam postingan, maka lokasi anda akan menjadi data bagi viewer anda dan keberadaan anda pun dapat dengan mudah di temukan.

Beragamnya data saat ini layaknya dua mata pisau, pertama dengan kehadiran data maka segala akses informasi dapat diketahui dengan cepat, tepat dan akurat. Kedua, di sisi lain juga akan menimbulkan kekhawatiran sendiri bagi si pemilik data apakah potensi hilangnya data atau peretasan akan semakin besar? Jawabannya ya tentu, karena data telah menjadi komoditas paling berharga saat ini maka banyak orang akan berlomba-lomba untuk mendapatkannya.

Baca juga: Cara menonaktifkan windows defender di windows 10

Pada kesempatan kali ini, mari membahas data yang mungkin semua orang pernah gunakan atau sering bertemu, ialah data dalam bentuk teks. Anda seorang mahasiswa atau pegawai swasta? Tentu akrab dengan data teks apalagi jika Anda sering menggunakan software pengolahan teks seperti Microsoft Word.

Jangan anggap sepele keberadaan data teks, bayangkan jika Anda seorang mahasiswa dan sedang menyusun skripsi atau katakanlah tugas mingguan dengan menggunakan Microsoft Word dan hilang akibat tercuri, apa yang akan Anda rasakan?. Sebenarnya, Microsoft sendiri sebagai pemilik software tersebut telah menyediakan fitur bagi penulis untuk melindungi setiap karya tulisannya agar tidak mudah tercuri oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Cukup mudah untuk menggunakan fitur tersebut, jadi tidak usah berlama-lama. Mari simak beberapa langkah untuk mengaktifkan fitur tersebut:

Cara Memberi Password di Dokumen Ms Word

Berikut ini adalah Langkah-Langkah Mengaktifkan Fitur Proteksi Dokumen di Ms Word

1. Bukalah program Ms Word terlebih dahulu untuk membuat sebuah dokumen atau buka dokumen yang telah anda kerjakan sebelumnya.

2. Klik tombol File dan pilih Save as (Apabila telah di simpan sebelumnya, tidak masalah untuk melakukan Save as).

Klik tombol File dan pilih Save as

3. Seperti biasa, namakan dokumen tersebut apabila belum dan pilih lokasi penyimpanan.

4. Sebelum klik tombol Save, Anda perlu klik tombol Tools dan pilih Save Options.

memberi password di ms word

5. Langkah selanjutnya adalah masukkan password yang sesuai dengan keinginan Anda. Ingat untuk menggunakan kombinasi huruf dan baik supaya password bersifat kuat.

masukkan password di dokumen ms word

6. Klik Ok dan Save, dengan demikian dokumen Ms Word Andasudah terkunci menggunakan password.

Baca juga: Cara Cek Spesifikasi PC / Laptop di Windows 10

Begitulah cara memberi password dokumen di Ms Word Anda dan pentingnya peranan data saat ini. Semoga apa yang sudah di jelaskan diatas bisa bermanfaat. dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya seputar komputer, Terimakasih

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru