3 Cara Reset HP Samsung

Cara reset hp samsung ke pengaturan pabrik

Cara Reset HP Samsung – Ada 3 cara reset hp samsung untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik agar seperti baru lagi. Belum tau caranya? simak ulasannya berikut ini.

Sebagai pengguna smartphone, pasti kamu tidak asing lagi dengan istilah reset. Tapi tunggu dulu, jangan sampai tertukar dengan istilah restart.

Restart adalah istilah untuk memulai ulang daya gawai, atau dengan kata lain mematikan lalu menghidupkan kembali gawai tersebut. Tidak ada perubahan dalam pengaturan sistem maupun memori dalam melakukan restart. Restart sendiri biasanya dilakukan ketika kinerja smartphone mulai berjalan lamban.

Sedangkan reset berarti mengembalikan pengaturan smartphone menjadi sama dengan ketika kamu pertama kali membelinya, alias default setting. Di dalam dunia teknisi smartphone, ada dua macam istilah reset, yaitu soft reset dan hard reset.

Perbedaan Soft Reset dan Hard Reset

Pada smartphone Samsung, soft reset berarti mengembalikan settingan smartphone sebagaimana kondisi default-nya, kecuali security settings, language settings, accounts, personal data, setting for downloaded apps. Sehingga bagian yang berubah hanyalah pengaturan waktu, nada dering, display, notifikasi, dsb.

Biasanya soft reset dilakukan ketika smartphone manghadapi masalah ringan, seperti smartphone yang kurang responsif, atau jika ada menu yang tidak bisa difungsikan. Soft reset juga hanya bisa dilakukan ketika kondisi smartphone masih bisa menyala dan menu settings (pengaturan) masih bisa dibuka. Walaupun begitu, ada baiknya kamu tetap melakukan backup files sebelum melakukan soft reset.

Sedangkan hard reset lebih merujuk pada istilah factory reset atau factory data reset, yang berfungsi untuk mengembalikan kondisi smartphone ke dalam factory default setting. Reset ini akan menghapus semua data, termasuk semua files dan aplikasi yang kamu download sendiri. Yang tersisa nantinya hanyalah aplikasi bawaan smartphone, benar-benar seperti kondisi smartphone baru.

Hard reset biasanya dilakukan apabila kamu ingin menjual smartphone-mu, sehingga tak ada lagi informasi pribadi yang terbawa di gadget tersebut. Atau ketika smartphone mengalami masalah yang cukup serius, sehingga soft reset tak lagi bisa membantu. Setelah mengetahui berbedaan soft reset dan hard reset sekarang kamu bisa memilih cara reset hp samsung yang mana yang akan kamu lakukan.

Baca juga: Cara Cek Imei HP Samsung Paling Mudah dan Akurat

Sebelum Melakukan Reset Smartphone Samsung

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan reset smartphone Samsung yang kamu miliki, terutama jika kamu akan melakukan hard reset. Utamanya adalah melakukan backup data, seperti data kontak nomor telepon, SMS, dokumen, foto, video, audio dan catatan penting.

Jangan lupa pula melakukan backup untuk aplikasi yang kamu anggap penting, seperti WhatsApp, Line dan yang lainnya. Umumnya backup dilakukan dengan mengkoneksikan smartphone dengan akun Google, atau kamu juga memanfaatkan aplikasi khusus backup yang banyak beredar.

Pastikan juga baterai terisi setidaknya 75%, dan smartphone tidak dalam kondisi charging. Selain itu, lepaskan kartu MicroSD dari slot-nya sebelum proses reset dimulai. Khusus untuk Samsung, sebaiknya kamu log out dari account Samsung di smartphone-mu.

3 Cara Reset Hp Samsung

Ada beberapa cara reset hp Samsung yang bisa kamu ikuti untuk mengembalikan smartphone samsung ke pengaturan pabrik dan terlihat seperti baru lagi. Berikut diantaranya:

1. Menggunakan Kode *2767*3855#

Cara reset hp samsung ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Kamu cukup memilih menu Phone, lalu klik tab Keypad. Ketikkan kode *2767*3855# maka kamu akan langsung dibawa pada menu hard reset.

Sedangkan untuk melakukan soft reset, kamu bisa melakukannya dengan kode *#*#7780#*#*. Kedua kode tersebut merupakan kode rahasia khusus untuk reset smartphone Samsung.

Baca juga: Cara Cek Ram Hp Samsung

2. Menggunakan Menu Setting / Pengaturan

Cara reset hp samsung yang kedua ini pun tergolong mudah dilakukan, selama smartphone Samsung kamu masih bisa mengakses menu-menu utama. Kamu hanya perlu memilih menu Setting, lalu pilih General Management, kemudian pilih Reset.

Di sini kamu akan menemukan beberapa pilihan reset, diantaranya adalah Reset Settings, Reset Network Settings, Reset Accessibility Settings, Factory Data Reset dan Auto Restart. Kamu bisa memilih opsi reset sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu mencari cara reset total alias hard reset, kamu bisa memilih menu Factory Data Reset. Proses reset ini nantinya akan memakan waktu setidaknya 10 menit.

Sebelum kamu melakukan reset smartphone samsung, biasanya akan meminta password akun Samsung kamu untuk melakukan konfirmasi.

3. Menggunakan Android System Recovery

Cara ini ditempuh apabila kedua cara reset hp samsung di atas tidak memungkinkan lagi. Atau dengan kata lain, bisa jadi kondisi smartphone kamu sudah terlalu parah, seperti mengalami kegagalan booting atau smartphone mengalami bootlop, sehingga kamu tak bisa lagi mengakses menu phone atau menu settings.

Untuk melakukannya, kamu bisa menekan tombol volume up, home dan power secara bersamaan. Tahan dalam beberapa detik. Selanjutnya kamu akan dibawa pada menu Android System Recovery. Menu selanjutnya bisa kamu pilih dengan memanfaatkan tombol volume up and down untuk scrolling, dan tombol daya/power untuk memilih menu. Pilih menu Wipe Data atau Factory Reset, lalu pilih Delete All Data. Proses reset smartphone samsung pun dimulai.

Butuh 5-10 menit sampai proses reset smartphone samsung selesai, tergantung dari seberapa banyak memori dalam smartphone tersebut. Jika telah selesai, pilih menu Reboot System Now untuk melakukan restart.

Baca juga: Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp Samsung

Itulah beberapa cara reset hp samsung dengan mudah dan aman. Dari ketiga cara tersebut kamu tinggal memilih cara mana yang paling sesuai dan mudah kamu lakukan. Kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan reset smartphone samsung agar prosesnya bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply