Home ┬╗ Tips Smartphone ┬╗ 5 Cara Menghapus Akun Google di Smartphone Android

5 Cara Menghapus Akun Google di Smartphone Android

Selembar – Cara menghapus akun google di Smartphone ini sangat berguna jika kamu ingin berganti gadget atau ingin mengganti akun Google lamamu. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Memiliki akun Google pada perangkat Android kalian mempunyai fungsi yang sangat penting. Sebab mampu membantu kalian untuk mengakses segala aplikasi yang sudah terintegrasi dengan Google seperti Gmail, Youtube, Play Store dimana aplikasi ini tempat untuk menginstall dan mengupdate segala aplikasi dan lain sebagainya.

Menghapus akun Google di Smartphone Android dilakukan kebanyakan orang biasanya dikarenakan terlalu banyak akun yang terpasang dan sinkron pada Android atau waktu menjual smartphone agar akun yang sudah ada tidak disalahgunakan oleh pembeli.

Menghapus akun pada Android bisa saja dapat kalian lakukan dengan sangat cepat dan tanpa perlu repot repot yaitu melalui factory reset yang terdapat pada menu pengaturan. Dengan begitu akun Google dan menu menu ataupun aplikasi yang sudah terinstall selain aplikasi bawaan operating system Android kalian juga akan terhapus.

Cara Menghapus Akun Google di HP Android

Menghapus Akun Google di Smartphone Android

Pertanyaan yang timbul setelah menghapus akun gmail, apakah akun  tersebut dapat dipakai lagi atau tidak? Jawabannya tentu bisa sebab cara yang akan saya jelaskan dibawah ini cuma untuk hapus akun Google dari perangkat Android kalian. Kalian bisa memakainya lagi dan login ulang pada aplikasi Google Android kalian.

Untuk menghapus akun Google dari perangkat Android kalian ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Mengingat versi dari operating system Android itu juga beragam, hal tersebut membuat cara untuk hapus akun Google dari Android sedikit berbeda juga.Bagi kalian pengguna ponsel Xiaomi cara hapus akun googlenya cukup mudah antara lain sebagai berikut.

  • Pertama-tama kalian buka menu Aplikasi pada layar Android kalian dan pilih menu Setting atau Pengaturan.
  • Setelah masuk ke menu setting atau pengaturan pilihlah menu sinkron kemudian kalian pilih menu Google. Jika tidak ada menu sinkron bisa pilih menu Pengguna dan Akun.

Buka menu Pengaturan, lalu pilih Pengguna dan Akun

 

  • Setelah itu, kalian akan melihat akun Google yang terpasang pada Android.

Pilih Akun google yang akan di hapus

 

  • Untuk menghapus akun Google tersebut klik tombol panah pada bagian kanan sebelah nama akun Google kalian atau klik akun Google yang ingin di hapus. Kalau sudah, kalian pilih menu Lainnya pada bagian bawah layar ponsel kalian dan pilih Hapus Akun.

Klik Hapus Akun

Selain menggunakan cara di atas, cara lain untuk menghapus akun di smartphone Android kalian antara lain:

Cara Lain Untuk Delete Akun Google

1. Melakukan proses remove account

Caranya yaitu dengan masuk ke menu pengaturan kemudian geser layar ponselmu ke bawah dan pilih menu Akun. Lalu pilih menu Google dan lanjutkan memilih akun mana yang ingin kalian hapus.

Selanjutnya kalian dapat mengklik remove account. Dengan begitu akun Google yang kamu pilih sudah terhapus dari Android kalian.

2. Melakukan clear data

Cara pertama untuk hapus akun Google dengan cara clear data adalah kalian masuk ke menu setting atau pengaturan kemudian masuk ke menu manage application. Setelah itu cari Google apps dan pilih opsi clear data.

Setelah itu kalian akan masuk ke halaman yang memberitahukan kalau dengan hapus akun maka akan menghapus semua bentuk aplikasi yang berhubungan dengan Google. Jika kalian setuju klik OK dan tunggu prosesnya sampai selesai.

3. Mereset data ke pengaturan pabrik atau reset factory

Hal ini juga bisa membuat semua data yang ada pada internal memori kalian juga terhapus. Cara pertama yaitu kalian masuk ke menu pengaturan. Lalu pilih menu privacy.

Selanjutnya pilihlah menu factory and reset, kalau di minta password, masukan password yang biasa kalian pakai untuk mengunci Android kalian. Setelah itu tunggu proses sampai selesai.

4. Hapus akun Google di Android yang sudah di root

Dengan melakukan root kalian dapat memiliki akses yang lebih untuk mengoperasikan Android kalian. Cara untuk menghapus akun di ponsel yang sudah di root yang pertama buka aplikasi root explore. Jika tidak punya,kalian bisa download di Playstore.

Setelah membuka aplikasi root explorer kalian masuk ke data system smartphone yang kalian miliki. Kemudian cari file yang bertuliskan “account.db” dan hapus file tersebut. jika sudah, restart ponsel kalian lihat hasilnya.

Baca juga tutorial cara ekspor kontak di Android ke Excel

Cukup simpel dan mudah bukan? Sekian informasi yang bisa kami berikan terkait dengan cara menghapus akun Google di Android. Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya seputar teknologi di selembar.com, terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top