Cara Mengatasi Nearby Share Tidak Berfungsi di Android

Selembar – Nearby share merupakan fitur berbagi secara langsung di Android, fungsinya adalah untuk membagikan file antar perangkat terdekat secara nirkabel. Dengan Nearby Share kamu bisa membagikan berbagai jenis file seperti link, foto, video, musik, kontak, dokumen dan lain sebagainya.

Meskipun pada sebagai besar perangkat Android fitur ini dapat berjalan sebagai mana mestinya, namun terkadang muncul beberapa masalah. Misalnya fitur ini tidak memindai perangkat terdekat atau tidak menampilkan perangkat yang ingin kamu transfer file.

Nah, jika Nearby Share tidak berfungsi di ponsel Android milikmu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Berikut ulasannya!

8 Cara Mengatasi Nearby Share Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Nearby Share Tidak Berfungsi di Android

Nearby Share mungkin tidak berfungsi pada kedua ponsel, baik itu ponsel yang akan mengirim file atau yang ingin menerima. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa ikuti beberapa cara dibawah ini:

1. Aktifkan Nearby Share di kedua Ponsel

Fitur ini tersedia di semua ponsel Android pada versi 6.0 ke atas. Silahkan kamu periksa ponsel milikmu, sudah mendukung fitur Nearby Share atau belum. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Untuk memeriksa versi Android ponsel milikmu kamu bisa membuka Setelan, lalu pilih Tentang Ponsel. Pada halaman ini seharusnya kamu bisa melihat versi Android ponsel milikmu. Jika tidak ada, kamu bisa melihatnya di bawah opsi Info perangkat lunak.
  • Di Aplikasi Setelan, cari dan buka Nearby Share. Pastikan aktif di kedua ponsel. Jika belum, kamu tinggal geser toggle ke kanan untuk mengaktifkannya.

Selanjutnya, selesaikan proses penyiapan dengan akun Google milikmu. Ini untuk mengaktifkan Nearby Share dan membuatnya berfungsi.

2. Dekatkan Ponsel

Jika Nearby Share sudah diaktifkan namun kamu tidak bisa mentransfer file ke ponsel lain, coba dekatkan kedua ponsel. Setelah kedua ponsel saling berdekatan, coba transfer file lagi. Jika tidak berhasil, coba cara berikut ini tetapi ponsel masih dalam posisi berdekatan.

3. Buka Kunci Ponsel

Cara ketiga untuk mengatasi Nearby Share tidak berfungsi yaitu dengan membuka kunci ponsel. Biasanya, Nearby Share akan berfungsi meskipun ponsel penerima dalam keadaan terkunci. Namun, beberapa ponsel Android menghentikan proses latar belakang saat ponsel terkunci. Itu juga dapat mempengaruhi fungsi Nearby Share. Jadi kamu harus menyalakan ponsel dan membuka kuncinya.

Setelah selesai, coba kirim file dari ponsel lain untuk memeriksa apakah Nearby Share sekarang berfungsi di ponsel Android milikmu. Banyak orang berhasil mengatasi Nearby Share tidak bisa mengirim file hanya dengan melakukan hal ini.

4. Aktifkan Wi-Fi, Bluetooth, dan Lokasi di Kedua Ponsel

Nearby Share membutuhkan Wifi, Bluetooth dan Lokasi yang diaktifkan di kedua ponsel. Ini secara otomatis akan mengaktifkan wifi dan Bluetooth di ponsel yang digunakan untuk mengirim. Jika kamu mematikan Lokasi, maka kamu akan disuruh untuk mengaktifkannya. Oleh karena itu kamu harus memastikan ketiga layanan sudah aktif di ponsel.

Selain itu Wifi, Bluetooth dan Lokasi pada ponsel penerima juga tidak diaktifkan secara otomatis. Jadi, ketiganya juga harus diaktifkan agar dapat menerima file melalui Nearby Share.

5. Periksa Setelan Visibilitas Perangkat

Ketika kamu mengaktifkan Nearby Share di ponsel Android, itu juga akan mengaktifkan visibilitas Perangkat secara otomatis. Dan ini juga akan mengatur visibilitas perangkat ke kontak, yang berarti hanya orang dari daftar kontakmu yang dapat mengirimkan file ke ponsel milikmu.

Nearby Share merupakan fitur yang sangat aman, sehingga orang tidak bisa mengirim malware, virus ke ponsel milikmu.

Jika ponsel yang kamu coba kirim file tidak tersimpan di kontakmu, maka kamu tidak bisa mengirim. Nah, berikut ini adalah cara mengatur visibilitas perangkat agar bisa menggunakan Nearby Share di Android.

  • Buka aplikasi Setelan, cari dan pilih opsi Nearby Share.
  • Kemudian dalam pengaturan Nearby Share pastikan Visibilitas Perangkat di aktifkan.
  • Selanjutnya, tekan lagi dan pilih opsi Semua Orang. Sekarang ponselmu akan terlihat oleh semua orang yang berdekatan denganmu, bukan hanya yang ada di daftar kontak.
  • Di bawah opsi Semua Orang, secara default menggunakan mode Semua orang untuk sementara diaktifkan. Jadi setelah file ditransfer, akan beralih ke opsi Kontak. Fitur keamanan untuk mencegah permintaan spam saat kamu berada di tempat umum.
  • Kamu juga bisa memilih Pertahankan mode semua orang setiap saat untuk mencegah beralih kembali yang akan berguna untuk berbagi file dengan siapapun tanpa khawatir di lain waktu.

Disarankan untuk menyetel opsi ke Gunakan mode semua orang sementara saat file berhasil di transfer.

6. Aktifkan mode pesawat untuk mengatur ulang jaringan

Jika Nearby Share masih tidak bisa mengirim file coba kamu aktifkan mode pesawat di ponselmu, tunggu beberapa menit lalu nonaktifkan kembali.

Seperti yang sudah disebutkan di atas Nearby Share bergantung pada Wifi, Bluetooth dan Lokasi. Menghidupkan dan mematikan mode pesawat akan mengatur ulang Wifi, Bluetooth dan layanan lokasi.

Pada beberapa perangkat yang menggunakan Android 13 terbaru, mengaktifkan mode pesawat tidak mempengaruhi Wifi dan Bluetooth. Dalam hal ini, kamu harus mengaktifkan Wifi dan Bluetooth secara manual.

7. Menghapus Cache Google Play

Cara lain untuk mengatasi Nearby Share tidak berfungsi di Android adalah dengan menghapus cache layanan Google Play. Karena Nearby Share adalah bagian dari layanan Google Play, makan menghapus chacenya juga akan menghapus cache Nearby Share.

Cache merupakan data sementara yang disimpan secara lokal oleh aplikasi untuk membantu memuat lebih cepat. Menghapus cache akan memaksa Nearby Share untuk memulai ulang.

8. Update Aplikasi Google Play

Aplikasi Nearby Share harus diperbarui di kedua ponsel Android. Jika tidak, kamu mungkin akan menghadapi masalah konektivitas atau kompatibilitas yang menyebabkan Nearby Share tidak berfungsi di salah satu ponsel Android yang menyebabkan transfer file gagal.

Itulah beberapa cara mengatasi Nearby Share tidak berfungsi di ponsel Android. Alasan mengapa Nearby Share tidak berfungsi kebanyakan karena Bluetooth atau Wifi dimatikan di ponsel penerima, akun pengirim tidak ada di daftar kontak, atau perangkat terkunci. Jadi kamu harus perhatikan tiga hal tersebut sebelum mengirim atau menerima file.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top