Cara Mematikan Notifikasi Instagram Dengan Mudah

Cara Mematikan Notifikasi Instagram – Instagram menjadi salah satu aplikasi yang paling digemari dewasa ini. Bahkan menurut NapoleonCat, perusahan sosial media marketing asal Polandia, jumlah pengguna aktif Instagram di Indonesia pada November 2019 mencapai sekitar 61 juta. Instagram memang memiliki magnet tersendiri, dengan algoritma pintarnya, kita bisa menemukan akun-akun yang mengupload gambar sesuai dengan minat dan kesukaan kita.

Namun, seringkali kita tidak sadar bahwa setiap notifikasi yang kita terima bisa jadi mengganggu pekerjaan kita. Adanya notifikasi, menuntut kita untuk segera membuka. Fokus kita menjadi terdistraksi. Apalagi saat kita sedang bekerja, ujian, atau bahkan meeting. Tentu notifikasi yang terlalu berisik akan merusak saat-saat pentingmu. Nah, berikut ini ada beberapa cara mematikan notifikasi Instagram-mu tanpa harus logout atau mematikan paket data.

Cara Mematikan Notifikasi Instagram Dengan Mudah

Mematikan Notifikasi Lewat Akun Instagram

  • Langkah pertama kamu harus login ke akun Instagrammu. Kemudian pada bagian profil, klik ikon garis tiga pada pojok kanan atas.

Buka bagian Profil Ig

  • Setelah itu kamu akan menemukan fitur pengaturan di sebelah kanan bawah.

fitur pengaturan di sebelah kanan bawah

  • Klik menu notifikasi yang memiliki simbol lonceng.

Klik menu notifikasi

  • Pada menu jeda semua, kamu tinggal menggeser ke kanan dan kamu akan menerima beberapa opsi. Pemilihan jeda yang tersedia yakni 15 menit, 1 jam, 2 jam, 4 jam, dan 8 jam. Kamu tinggal memilih sesuai kebutuhanmu.

Memang cara ini tidak bersifat otomatis. Setelah jeda berakhir, kamu tetap akan menerima notifikasi karena memang fitur jeda ini hanya mematikan notifikasi sementara. Namun, fitur ini bisa membantumu untuk fokus sementara waktu karena tidak akan terdistraksi oleh notifikasi dari Instagram.

Baca juga: Cara Agar Instagram Tidak Terlihat Online

Mematikan Notifikasi Lewat Settings Handphone

Untuk cara ini, kamu benar-benar tidak akan menerima notifikasi dari Instagram. Mungkin jenis menu atau penempatan menu settings akan berbeda pada beberapa handphone. Namun secara umum ada kesamaan fitur.

1. Pertama, kamu harus masuk ke menu settings yang ada di handphone-mu.

2. Jika handphone-mu Iphone,kamu akan segera menemukan berbagai aplikasi yang terpasang didalamnya. Kemudian pilih aplikasi Instagram. Untuk android, kamu harus mencari menu pengelolaan aplikasi dan pilih aplikasi Instagram.

3. Kemudian klik menu “Allow Notifications” dan geser sampai menjadi putih, jika kalian sama sekali tidak ingin mendapatkan notifikasi. Namun jika kalian masih ingin menerima notifikasi, kalian tinggal menggesernya sampai berwarna.

Ada beberapa opsi bentuk notifikasi yang ingin kalian terima, seperti:

1. “Sounds”– kamu bisa menerima notifikasi suara dari Instagram atau menonaktifkannya.

2. “Badge App Icon” – kamu bisa menampilkan atau menyembunyikan ikon lencana Instagram berupa angka yang ditampilkan di pojok aplikasi Instagram ketika Anda memiliki notifikasi yang ditunda.

3. “Show on Lock Screen” – kamu bisa menampilkan atau menyembunyikan notifikasi yang ditampilkan di halaman kunci lock screen perangkat.

4. “Show in History” – kamu bisa mengaktifkan atau mematikan riwayat notifikasi untuk Instagram. Riwayat notifikasi bisa diperiksa dengan menggeser layar dari bagian atas.

5. “Show as Banners”– kamu bisa menampilkan atau menyembunyikan notifikasi bergaya spanduk yang ditampilkan di bagian atas layar ketika handphone-mu tidak terkunci.

Jadi Kamu sudah tahu sekarang cara-cara yang bisa digunakan untuk mematikan notifikasi Instagram. Dengan begitu Kamu pun bisa lebih nyaman menggunakan smartphone karena tidak terganggu dengan notifikasi yang terus menerus muncul.
Jika Kamu ingin kembali mendapatkan notifikasi pun bisa mudah mengembalikannya. Karena ini sifatnya seperti tombol “On/Off” sehingga bisa Kamu atur kapan saja sesuka hati dan sesuai kebutuhanmu.

Baca juga: 3 Cara Download Story Instagram Tanpa Ribet

Nah itulah beberapa cara untuk menonaktifkan notifikasi Instagram yang bisa kamu coba. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply