HomeSocial Media10 Fitur Tersembunyi WhatsApp Yang Jarang Diketahui

10 Fitur Tersembunyi WhatsApp Yang Jarang Diketahui

Tahukah anda? Ternyata Whatsapp memiliki fitur-fitur tersembunyi yang masih jarang diketahui penggunanya padahal fitur tersebut cukup penting. Apa sajakah itu? yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Whatsapp menjadi salah satu aplikasi obrolan paling populer di smartphone sampai saat ini. Tidak hanya untuk berbalas pesan singkat saja, dengan whatapp anda dapat melakukan telepon (call), telepon video (video call) bahkan mengirim file seperti gambar dokumen, suara dan video. WhatsApp kini telah menyediakan apapun bentuk komunikasi yang anda inginkan. Itulah mengapa keberadaan aplikasi WhatsApp saat ini sangat bermanfaat.

Tapi tahukah anda?, jika WhatsApp mempunyai fitur tersembunyi yang jarang diketahui penggunanya. Walaupun fitur tersebut tersembunyi, tapi masih bisa diakses oleh siapa saja asal tau cara menggunakannya. Lalu apa sajakah fitur tersembunyi whatsapp yang jarang diketahui penggunanya?. Berikut ulasan lengkapnya.

10 Fitur Tersembunyi WhatsApp Yang Jarang Diketahui

1. Membuat teks atau huruf tebal, miring dan dicoret

Dengan menggunakan fitur tersembunyi whatsapp ini Anda bisa menampilkan tulisan dengan format huruf tebal (bold), miring (italic) atau huruf dicoret (strikethrough) untuk menambah variasi teks yang anda ketik. Untuk melakukannya, Anda perlu menambahkan beberapa karakter khusus sebelum dan sesudah teks yang ingin Anda ketik.

Misalnya untuk menampilkan teks tebal anda bisa menambahkan tanda bintang (*) sebelum dan sesudah kata yang diinginkan. Kemudian jika ingin menampilkan teks miring anda harus menambahkan tanda underscore (_) atau garis bawah di awal dan di akhir teks yang anda inginkan. Dan untuk menampilkan teks yang dicoret anda bisa menambahkan tanda tilde (~) di awal dan di akhir teks yang diinginkan. Berikut adalah contoh tampilannya.

  • Teks tebal    : *Hay, Apa Kabar?*
  • Teks miring  : _Selamat Pagi_
  • Teks dicoret : ~Selamat Siang~

2. Menyembunyikan waktu terakhir online

Secara default whatsapp mengizinkan pengguna lain melihat kapan anda terakhir online. Apabila hal tersebut mengganggu privasi, Anda bisa menyembunyikan informasi kapan terakhir anda membuka Whatsapp.

Untuk menyembunyikannya anda buka menu tiga titik yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih menu Setelan. Kemudian pada menu setelan pilih Akun. Selanjutnya pada menu pilih Privasi. Pada halaman privasi Anda buka klik “Terakhir dilihat“, disitu ada tiga pilihan yaitu semua orang, kontak saya dan tidak ada. Karena ingin menyembunyikan kapan terakhir online, Anda pilih saja yang paling bawah “Tidak ada” .

3. Menyembunyikan tanda telah dibaca

Jika mengirim pesan dan sudah dibaca oleh penerima maka akan ada tanda centang biru di sampingnya. Nah apabila anda menerima pesan dan tidak ingin pengirim mengetahui anda sudah membacanya atau belum, anda bisa mengaturnya.

Caranya masuk ke menu Setelan lalu pilih Akun, kemudian buka menu Privasi. Di halaman menu privasi anda akan menemukan “Laporan dibaca”, anda tinggal menonaktifkannya saja. Perlu diingat jika laporannya dimatikan, anda juga tidak bisa menerima laporan telah dibaca. Jadi anda perlu mempertimbangkan sebelum menggunakan fitur tersembunyi whatsapp yang satu ini.

4. Mencadangkan chat (backup chat)

Whatsaap menyediakan fitur backup data percakapan. Jadi jika anda berganti perangkat, semua obrolan yang sudah ada sebelumnya bisa dipulihkan di perangkat baru Anda. Sebelum membackup percakapan pastikan anda mempunyai akun Gmail yang masih aktif karena akan menggunakan Google Drive untuk membackup percakapan. Ini merupakan fitur tersembunyi whatsaap yang sangat penting.

Caranya sangat mudah, buka menu tiga titik yang ada di pojok kanan atas lalu pilih Setelan atau Pengaturan. Jika sudah masuk ke menu setelan kemudian pilih Chat. Didalam menu chat pilih “Cadangkan Chat”. Kemudian tautkan whatsapp dengan akun gmail milik anda. Sekarang anda bisa mencadangkan percakapan whatapp menggunakan Google drive. Anda juga bisa mengaktifkan backup otomatis dengan mengaktifkan opsi pencadangan otomatis serta mengatur durasinya terlebih dulu.

Baca juga: Cara Backup Chat WhatsApp Ke Google Drive

5. Mengekspor chat

Selain bisa mencadangkan chat, whatsapp juga bisa mengekspor chat jika anda ingin menyimpannya. Hal ini tentu saja berguna jika anda ingin menyimpan sebuah obrolan beserta media didalamnya.

Caranya pun sangat mudah, anda tinggal buka chat yang ingin anda ekspor. Kemudian buka opsi tiga titik yang ada di pojok kanan atas. Kemudian Anda pilih menu “Lainnya”. Jika sudah terbuka selanjutnya pilih “Ekspor chat”. Nanti akan muncul pemberitahuan akan mengekspor tanpa media atau menyertakan media. Apabila menyertakan media maka ukuran file akan semakin besar. Lalu akan muncul pilihan kemana anda akan mengekspor chat tersebut, bisa dikirim ke email, telegram, sesama whatsapp dan media lainnya yang mendukung.

6. Menonaktifkan download otomatis

Biasanya foto atau media yang dikirim melalui whatsapp akan otomatis terdownload. Hal ini tentu saja akan memakan ruang penyimpanan di handphone anda selain itu juga bisa menguras paket data tanpa anda ketahui. Nah, anda bisa menggunakan fitur tersembunyi whatsapp yang satu ini untuk menghematnya.

Untuk menghentikan download otomatis, caranya cukup mudah. Pertama anda masuk ke menu “Setelan”. Selanjutnya pada menu setelan pilih Penyimpanan dan data. Jika sudah masuk ke menu tersebut kemudian anda aktifkan opsi “Kurangi penggunaan data”.

Kemudian pada bagian “Unduh otomatis media” ada tiga opsi yang harus anda atur yaitu saat menggunakan data seluler, saat terhubung ke wifi dan saat roaming. Untuk menghentikan download otomatis, tekan opsi tersebut nanti akan muncul pilihan seperti foto, video, audio dan dokumen. Sekarang anda tinggal menghapus tanda centang pada masing-masing pilihan lalu klik oke.

7. Menyembunyikan chat

Fitur tersembunyi whatapp selanjutnya yaitu bisa menyembumyikan chat. Jika anda mempunyai chat penting di whatapp dan tidak ingin diketahui oleh orang lain anda bisa menyembunyikannya. Caranya yaitu dengan mengarsipkan chat tersebut, jadi chat tidak akan muncul pada tampilan utama tapi anda masih mendapatkan pemberitahuan saat anda menerima pesan.

Untuk mengarsipkan chat, tekan dan tahan beberapa detik pada chat yang akan disembunyikan sampai muncul tanda centang. Kemudian anda pilih Archive yang ditandai dengan logo kotak dengan tanda panah mengarah ke bawah. Anda bisa mengarsipkan beberapa obrolan sekaligus.

Jika ingin melihat chat yang sudah di arsipkan anda harus menscroll kebagian paling bawah halaman obrolan. Dan untuk mengembalikannya tinggal tekan lama chat sampai muncul tanda centang dan pilih buka arsip.

Baca juga: Cara Memblokir Nomor Tertentu di WhatsApp

8. Memblokir kontak

Jika anda sering menerima pesan dan spam dari orang yang tidak dikenal anda bisa memblokirnya. Fitur ini juga tersedia di whatsapp dan bisa diakses dengan mudah. Dengan memblokirnya anda tidak lagi merasa terganggu dan kembali nyaman menggunakan WhatsApp.

Cara untuk memblokir kontak pertama anda masuk ke menu setelan, kemudian pilih Akun. Pada halaman akun pilih Privasi. Kemudian di halaman privasi scroll anda ke bawah, lalu buka opsi kontak terblokir. Jika tidak ada kontak yang terblokir maka daftarnya masih kosong, untuk menambahkan anda klik ikon tambah kontak yang ada di pojok kanan atas dan pilih kontak yang ingin anda blokir.

 9. Menyematkan chat penting (memberi pin pada chat)

Jika anda memiliki percakapan penting dan tidak ingin tenggelam oleh percakapan lain yang kurang penting, anda bisa menyematkan chat tersebut agar selalu tampil paling atas di halaman chat. Fitur tersembunyi whatsapp yang satu ini bisa anda gunakan saat sedang melakukan percakapan penting.

Untuk memberi pin pada chat caranya sangat mudah, anda tinggal menekan chat yang ingin disematkan sampai muncul tanda centang, anda juga bisa menandai lebih dari satu chat. Kemudian pilih ikon Pin yang ada dibagian atas untuk menyematkan Chat. Chat yang sudah diberi pin akan pindah posisi ke paling atas.

10. Membungkam percakapan

Saat sedang sibuk dan tidak ingin diganggu oleh bunyi pesan grup whatsapp yang berisik atau teman yang tidak tau anda sedang sibuk, anda bisa membungkam percakapan tersebut dengan membisukan notifikasinya. Jika anda sedang rapat atau kegiatan penting lainnya anda bisa memanfaatkan fitur tersembunyi whatsapp yang satu ini.

Caranya sangat mudah anda tinggal tekan dan tahan percakapan yang ingin anda bungkam, sampai muncul tanda centang. Lalu pilih “Bisukan notifikasi” dengan ikon speaker mute. Kemudian pilih durasinya berapa lama. Nah, sekarang anda tidak akan menerima bunyi notifikasi dari grup yang berisik dan mengganggu sampai waktu yang sudah ditentukan.

Baca juga: Cara Membuat Link Menuju Chat WhatsApp Langsung

Itulah beberapa fitur tersembunyi whatsapp yang jarang diketahui penggunanya, sekarang anda bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut saat menggunakan Whatsapp. Selain fitur yang sudah disebutkan diatas tentunya masih banyak fitur tersembunyi whatsapp yang lainnya. Semoga bisa bermanfaat!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru