Cara Membuat Username Telegram

Cara Membuat Username Telegram – Aplikasi telegram kini menjadi alternatif baru bagi masyarakat Indonesia untuk berkirim pesan. Lantas, bagaimana cara membuat username di Telegram?

Jika Kamu hendak menggunakan aplikasi telegram sebagai salah satu opsi dalam kegiatan bertukar pesan, maka jangan sampai Kamu melupakan cara membuat username Telegram.

Meskipun mungkin terkesan sederhana, namun manfaat username Telegram nyatanya tak bisa disepelekan. Lho kok bisa?

Jadi, mesti Kamu ketahui, bahwa Telegram berbeda dengan messenger seperti Whatsapp. Jika Whatsapp menggunakan nomor HP sebagai basis profil yang kemudian nomornya bisa disebar kemanapun, maka Telegram berbeda.

Cara Membuat Username Telegram Lewat Hp dan Pc

Ketika Kamu membuat akun Telegram, maka yang tersebar bukanlah nomor HP. Nomor HP menjadi privasi dan sebagai alternatifnya, yang akan tersebar adalah usernamenya. Meski nomor HP tetap dibutuhkan untuk mendaftar.

Makanya ada yang bilang, Telegram lebih baik ketimbang Whatsapp. Titik kelebihannya salah satunya disini. Sebagaimana diketahui, banyak kejahatan digital marak melalui pintu penyebaran nomor HP.

Bukan hanya itu, dengan membuat username ini juga nantinya Kamu bisa menyebarkan link invite ke grup. Dalam percakapan grup, username ini juga yang akan muncul ketika ada yang mention.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat username Telegram? Ini yang akan Kita bahas.

Baca juga: Cara Membuat Channel di Telegram

Aturan Username Telegram

Sebelum membuat username pada Telegram yang telah Kamu install aplikasinya, tentu Kamu perlu berpikir username apa yang akan Kamu gunakan.

Nah, tentu saja Kamu boleh berkreasi. Namun, tetap ada batasnya.

Dalam ketentuan yang digariskan pihak Telegram, ketentuan membuat username Telegram yang pertama adalah mesti terdiri dari minimal 5 karakter.

Selain itu, tidak diperkenankan juga menggunakan simbol. Isinya mesti terdiri dari tiga elemen saja. Huruf, angka, serta underscore.

Namun yang penting di garis bawahi, tidak boleh menggunakan angka di bagian awal. Oke?
Terakhir, tentu saja username yang Kamu gunakan mestilah nama yang belum digunakan orang lain. Dengan kata lain, unik. Ngerti ya?

Cara Membuat Username Telegram di Hp dan Pc

Jika Kamu sudah memikirkan nama untuk username yang akan Kamu gunakan, selanjutnya adalah mengikuti langkah membuat username Telegram. Kamu bisa melakukan ini di Smartphone atau Iphone dan bisa juga di PC.

Membuat Username di HP

1. Masuk ke dalam halaman awal aplikasi Telegram yang sudah Kamu install.

2. Selanjutnya, Kamu ketuk simbol tiga garis yang ada di pojok kiri atas layar perangkatmu.

3. Setelah itu, Kamu bisa ketuk menu pengaturan yang simbolnya gear atau roda gigi.

Membuat Username Telegram di HP

4. Di halaman pengaturan, Kamu ketuk bagian username. Jika Kamu belum membuat username, biasanya yang tertulis di kolom tersebut adalah “tidak ada Username”

Klik Username

5. Setelah mengetuknya, Kalian akan dibawa ke halaman pengaturan username. Disini, kalian tinggal ketik saja username yang akan kalian gunakan sesuai rencana.

Membuat nama pengguna

Jika kamu beruntung, nanti akan muncul tulisan tersedia. Jika ternyata sudah ada yang pakai, mau tidak mau Kamu berpikir ulang mencari yang lain.

Nama pengguna sudah dibuat

6. Selesai, sekarang username telegram milikmu sudah berhasil dibuat.

Baca juga: Cara Mengganti Email Facebook

Membuat Username di PC atau Laptop

Kamu juga bisa membuatnya di PC. Caranya hampir sama. Perbedaannya, Kamu tidak perlu menginstall aplikasi Telegram di PC milikmu.

Lalu bagaimana caranya? berikut langkah-langkahnya:

1. Silakan kalian buka web.telegram.org

Membuat Username Telegram di PC

2. Login ke telegram dengan menggunakan nomor HP dan melakukan verifikasi.

3. Setelah login, Kamu bisa pilih menu dengan ikon garis tiga di pojok kanan atas.

4. Cari menu setting atau pengaturan. Kemudian temukan menu username. Ketuk sana.

5. Setelah itu akan terbuka box isian username yang akan Kamu gunakan. Kamu tinggal ketik saja apa yang Kamu inginkan sebagaimana langkah di HP.

6. Selesai. Username akunmu sudah jadi.

Baca juga: Cara Membuat Link Menuju Chat WhatsApp Langsung

Nah, demikianlah cara membuat username Telegram yang bisa Kamu gunakan untuk mengoptimalkan aktivitasmu di Telegram. Sudah paham kan ya? Langsung coba aja!

Leave a Reply