Cara Membuat Channel di Telegram

Membuat Channel di Telegram – Telegram merupakan aplikasi chatting yang cukup populer sekarang ini. Selain untuk chatting kamu juga bisa membuat channel di telegram, lalu bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Kebanyakan orang Indonesia pasti menggunakan Whatsapp sebagai alat untuk berkomunikasi dengan teman atau saudara, padahal ada juga aplikasi chatting yang lainnya termasuk salah satunya adalah Telegram.

Aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2013 ini memang kalah populer jika dibandingkan dengan WA, tapi memiliki beberapa kelebihan lainnya yang tidak kalah jika kita bandingkan dengan Whatsapp.

Cara Membuat Channel di Telegram Cepat dan Mudah

Salah satu keunggulannya adalah mampu memberikan jaminan keamanan bagi para penggunanya. Bisa mengirim file dengan ukuran besar, dan lebih simpel. Maka karena alasan tersebut banyak orang menggunakan WA sekaligus menggunakan Telegram.

Salah satu fitur yang menjadi unggulan dari telegram adalah adanya Channel telegram. Sebenarnya, hampir sama dengan grub tapi ini lebih bebas dan kamu bisa mengunduh file yang pertama kali dikirim walau kamu adalah pengikut terbaru.

Satu channel biasanya adalah spesifikasi dari si pembuat channel, misal kamu adalah penyuka musik, dan ingin membuat channel di telegram maka yang akan kamu buat pasti berhubungan dengan musik tersebut, begitu pula anggota yang bergabung.

Tapi sayang karena Telegram merupakan aplikasi yang kurang populer maka untuk mengakses fitur tersebut banyak yang tidak bisa. Maka dari itu kami akan memberikan caranya untuk membuat channel di telegram.

Baca juga: Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus

Cara Membuat Channel Telegram

Berikut adalah langkah-langkah membuat channel di Telegram:

1. Langkah yang pertama adalah kamu harus memiliki aplikasi telegram terlebih dahulu. Untuk mengunduh aplikasi telegram kamu bisa mengunduh di playstore atau google. Jika sudah mendapatkan aplikasi maka lakukan pendaftaran agar memiliki akun.

2. Ketika sudah memiliki akun, maka bukan aplikasi telegram tersebut. Setelah kamu bukan akan muncul tampilan seperti biasa. Untuk membuat channel maka buka lah menu tiga garis yang ada di sebelah kiri atas atau bisa juga ikon pensil di bagian bawah kanan.

Langkah-langkah Membuat Channel di Telegram

3. Setelah kamu klik ikon pensil maka kemudian akan muncul tampilan untuk membuat grup baru, kemudian ada juga secret chat, dan channel baru. Kamu pilih Channel baru.

Membuat channel baru telegram

4. Setelah kamu klik tulisan channel baru, maka kamu akan diarahkan untuk membuat judul atau nama dari channel tersebut. Tentu harus memilih nama channel yang terbaik agar menarik perhatian orang lain. Dibawah nama channel tuliskan deskripsi channel telegram yang telah kamu buat. Kamu juga menambahkan foto profil untuk channel kamu.

Membuat nama dan deskripsi

5. Jika sudah, klik ikon centang di atas kanan. Setelah itu kamu akan dihadapkan pada menu pengaturan.

Jika channel yang kamu buat adalah channel public maka pilihlah channel publik dan jika privat untuk orang-orang tertentu maka pilihlah tulisan channel private. Di bawahnya kamu bisa membuat tautan atau link menuju ke channelmu sebagai contoh: t.me/selembarcom

Memilih tipe dan membuat tautan

6. Selanjutnya klik ikon tanda centang di pojok kanan atas. Jika sudah maka pilihlah beberapa kontak kamu untuk menjadi anggota channel, setelah itu klik centang dan channel kamu sudah siap dipakai.

Channel baru berhasil di buat

Perbedaan Channel dan Grup

Jika berbicara telegram, maka akan tidak banyak tahunya daripada jika dibandingkan dengan Whatsapp. Salah satu yang sulit dibedakan adalah Beda channel telegram dan grup telegram.

Perbedaan yang paling mudah kita lihat adalah pada fungsinya, jika grub adalah tempat berdiskusi dan komunikasi antar anggota grup. Sedangkan channel adalah tempat semacam siaran radio, jadi komunikasinya hanya dari satu arah saja.

Dua-duanya memiliki fungsi yang sama yakni untuk berkomunikasi dan memetakan orang yang memiliki tujuan sama denganmu. Tapi channel telegram memiliki kelemahan bahwa yang bisa berbicara dalam channel hanya kamu sendiri.

Para anggota channel tidak bisa bersuara sama sekali, mereka hanya menonton, membaca dan mendengarkan apa yang telah kamu lakukan. Ini berbeda dengan grup yang mengijinkan semuanya untuk bersuara. Tidak sedikitpun dibatasi.

Baca juga: Cara Membuat Link Menuju Chat WhatsApp Langsung

Hal menarik dari telegram adalah memiliki fitur canggih yang tidak kalah dari Whatsapp. Oleh karena itu, jika kamu adalah pecinta musik misalnya, dan memiliki Telegram maka tidak salah jika membuat channel agar bisa saling share ilmu tentang musik.

Leave a Reply