8 Cara Mempercepat Download di Telegram Tanpa Ribet

Cara Mempercepat Download di Telegram – Telegram merupakan aplikasi chatting yang cukup populer. Selain digunakan untuk chatting, aplikasi ini juga sering digunakan untuk tempat berbagi file atau video. Sayangnya, banyak pengguna Telegram yang mengeluh mengenai kecepatan downloadnya yang lambat. Apalagi jika file berukuran besar maka proses downloadnya akan semakin lama.

Banyak yang berpendapat penyebab proses download yang lama disebabkan koneksi internet hingga servernya yang macet. Hal ini mungkin saja terjadi, jika koneksi internet tidak stabil tentu akan mempengaruhi proses download. Apalagi ditambah banyaknya pengguna yang sedang mendownload file secara bersamaan, maka proses downloadnya akan semakin lambat.

Untungnya ada banyak cara untuk mengatasi proses download di telegram yang lambat. Nah, berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mempercepat download di Telegram.

Cara Mempercepat Download di Telegram

Cara Mempercepat Download di Telegram Tanpa Ribet

1. Tutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Jika kamu menjalankan aplikasi dan layanan yang mengkonsumsi banyak data di latar belakang, mungkin ini menjadi sebab kecepatan download di telegram lambat. Ini bisa terjadi jika kamu mengaktifkan pembaruan aplikasi secara otomatis atau ada aplikasi lain yang dapat mengunduh konten di latar belakang.

Oleh karena itu, kamu harus menghentikan aktivitas tersebut dan menutup aplikasi layar belakang di handphone-mu. Sekarang kamu coba kembali mendownload file yang kamu inginkan di telegram, cara ini membantu atau tidak.

2. Matikan Pengunduhan Media Otomatis

Apabila kamu mengaktifkan fitur pengunduhan media otomatis di Telegram, maka aplikasi akan mengunduh semua foto, video dan file setiap kali anda membuka layar obrolan. Hal ini tentunya akan memperlambat unduhan Telegram karena bandwidth dibagi kesemua file.

Untuk mengatasinya, kamu harus mematikan pengunduhan media otomatis di Telegram dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telegram yang ada di handphone-mu.
  • Kemudian tekan ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas.
  • Lalu buka opsi Data dan Penyimpanan.
  • Selanjutnya, kamu tinggal matikan Pengunduhan Media Otomatis menggunakan wifi, data seluler dan roaming.

3. Nonaktifkan Penghematan Data

Mematikan penghemat data di handphone dapat membatasi penggunaan data pada aplikasi. Akibatnya, aplikasi seperti Telegram bisa gagal dalam mengunduh file dengan kecepatan maksimum. Jadi sebaiknya kamu mematikan penghemat data apa pun di handphone-mu, untuk caranya kamu ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Pengaturan, kemudian pilih menu Jaringan dan Internet.
  • Kemudian pilih opsi Penghematan Data, lalu kamu matikan.

4. Aktifkan atau Nonaktifkan VPN

Server Telegram didistribusikan secara global, dengan lima pusat data center di berbagai wilayah. Akibatnya, kecepatan downloadmu bervariasi tergantung dimana kamu berada. Kamu dapat menggunakan VPN untuk terhubung ke server yang berbeda dan lihat berpengaruh tidak terhadap kecepatan download. Cara seperti ini sudah banyak digunakan pengguna Telegram untuk mendownload, dan sebagian besar berhasil.

Namun apa bila kamu menggunakan VPN tapi malah semakin lambat, kamu bisa menonaktifkannya sementara dan mencoba lagi setelah beberapa menit.

Baca: 2 Cara Membuat Username Telegram Di Aplikasi Dan PC

5. Mengatur Ulang Jaringan

Masalah pada pengaturan jaringan di handphone juga membuat koneksi internet lambat, dan tentunya berpengaruh pada kecepatan download. Jika itu masalahnya, kamu bisa mengatur ulang jaringan di handphone-mu. Caranya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama buka aplikasi Pengaturan, dan pilih menu Sistem.
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Setel ulang, lalu pilih Setel ulang wifi, data seluler dan Bluetooth.
  • Terakhir kamu tekan tombol Setel Ulang Setelan yang ada di bagian bawah.

6. Ubah DNS Server

Handphone mu secara default menggunakan DNS yang disediakan provider internet. Jika servernya lambat, kamu bisa beralih ke server DNS terbuka yang jauh lebih cepat. Ikuti cara di bawah ini untuk mengubah server DNS pada handphone-mu.

  • Mula-mula buka aplikasi Pengaturan dan pilih Jaringan dan internet.
  • Kemudian, tekan Private DNS dan pilih Hostname penyedia DNS pribadi.
  • Masukkan server khusus ke dalam kotak alamat. misalnya jika kamu ingin menggunakan server DNS global, ketik dns.google dan tekan Simpan.

7. Gunakan Telegram X

Telegram mempunyai dua aplikasi resmi, yaitu Telegram dan Telegram X. Bagi yang belum tahu, Telegram X adalah klien telegram alternatif berdasarkan TDLib. Pada dasarnya Telegram X adalah aplikasi percobaan yang menawarkan kecepatan pengunduhan yang lebih tinggi dan terdapat fitur-fitur berguna lainnya.

8. Bergabung Ke Telegram Premium

Telegram sekarang memiliki versi premium dan kamu harus berlangganan untuk membuka fitur-fitur tambahan di aplikasi tersebut. Salah satu fitur tersebut adalah kecepatan download yang lebih cepat. Nah, apabila kamu ingin mendownload lebih cepat di Telegram dan mengakses fitur-fitur tambahan, kamu bisa berlangganan Telegram premium. Untuk saat ini tarif berlangganan Telegram premium yaitu Rp. 49.000/bulan. Bagaimana? tertarik mencobanya.

Baca: Cara Membuat Channel Di Telegram Cepat Dan Mudah

Itulah beberapa cara mempercepat download di Telegram yang bisa kamu coba. Karena ada banyak faktor yang menyebabkan kecepatan download di Telegram menjadi lambat, ini menjadi tantangan tersendiri untukmu. Selamat mencoba!

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *