Cara Menghapus Cache Facebook Messenger di Android

Cara Menghapus Cache Facebook Messenger – Sekarang, sebagian besar orang telah berpindah dari pesan teks biasa atau SMS ke aplikasi Chatting seperti WhatsApp, Messenger dan Telegram untuk saling terhubung dengan keluarga dan teman. Aplikasi yang memiliki banyak fitur seperti Messenger mengumpulkan cache, yang merupakan sekumpulan file kecil, untuk memuat lebih cepat obrolan yang sering dikunjungi.

Akan tetapi jika cache yang di simpan rusak, kamu akan menemukan masalah seperti Mesengger tidak berfungsi, aplikasi tidak bisa mengirim video dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu harus menghapus cache Facebook Messenger yang ada di handphone-mu.

Jumlah cache yang berlebihan akan menyebabkan gangguan dan kesalahan pada aplikasi, tak terkecuali Messenger. Jika aplikasi Facebook Messenger di handphone-mu error, mungkin kamu coba mencopot pemasangan dan menginstalnya kembali. Tetapi Messenger akan menggunakan cache yang tersimpan di handphone, sehingga kamu akan menemukan masalah yang sama.

Penjelasan Cache Pada Facebook Messenger

Sama seperti aplikasi seluler lainnya, Facebook Messenger mengumpulkan cache di latar belakang untuk meningkatkan kinerja aplikasi. Karena aplikasi menyimpan file-file kecil di handphone-mu, sehingga tidak perlu memuat semua data dari awal. Berkat cache yang dikumpulkan, kamu akan melihat akses yang lebih cepat ke obrolan yang sering kamu buka. Tetapi terkadang, akan menemukan hal-hal yang tidak diduga, seperti Messenger mengumpulkan cache yang rusak di handphone-mu.

Menghapus cache aplikasi juga membantu mengkosongkan ruang penyimpanan di handphone tanpa mencopot pemasangan aplikasi tersebut. Dan ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk menambah ruang penyimpanan di handphone-mu.

Baca : Cara Menyimpan Video Dari Messenger Ke Galeri

2 Cara Menghapus Cache Facebook Messenger

Cara Menghapus Cache Facebook Messenger di Android

Nah, berikut ini adalah cara menghapus cache Facebook Messenger yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya.

1. Menghapus Cache Melalui Info Aplikasi

Untuk menghapus cache Facebook Messenger melalui info aplikasi, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama-tama, tekan dan tahan pada ikon aplikasi Messenger dan buka menu Info aplikasi.
  • Kemudian, pada layar info aplikasi kamu pilih Penyimpanan.
  • Lalu tekan Hapus Cache.

2. Menghapus Cache Facebook Messenger Melalui Pengaturan

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menghapus cache Messenger, yaitu melalui menu Pengaturan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Mula-mula kamu buka menu Pengaturan yang ada di handphone-mu.
  • Kemudian, pada menu pengaturan kamu pilih Aplikasi.
  • Pada layar menu aplikasi, kamu tekan Lihat semua aplikasi.
  • Selanjutnya kamu cari aplikasi Messenger dan buka menu info aplikasi tersebut.
  • Terakhir, kamu tekan Hapus Cache, untuk menghapus cache yang ada di aplikasi Messenger.

Menghapus cache Facebook Messenger tidak mempengaruhi data pribadimu. Ini hanya akan menghapus file lokal Messenger dari handphone-mu. Setelah kamu menginstal ulang atau membuka aplikasi, Messenger akan memuat semua data dari server utama. Foto, pesan dan video yang kamu bagikan tetap ada. Aplikasi Messenger mungkin akan memintamu login kembali. Jadi pastikan kamu tetap login ke Facebook ketika ingin membuka Messenger lagi.

Sekarang setelah kamu membersihkan cache Messenger, aplikasi tidak dapat menemukan file lokal di handphone-mu. Saat membuka Messenger, kamu mungkin melihat loading yang lambat dan penggunaan data internet yang lebih banyak.

Baca : 5 Cara Download Story Facebook Dengan & Tanpa Aplikasi

Nah, itulah beberapa cara menghapus cache Facebook Messenger yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya. Bagaimana, mudah bukan? sekarang kamu tidak perlu khawatir jika aplikasi Facebook Massenger-mu memakan banyak ruang penyimpanan atau terjadi error, kamu cupu menghapus cache yang ada di aplikasi tersebut.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *