Ukuran Gambar Instagram untuk Postingan Feed, Story & IGTV

Ukuran Gambar Instagram – Media sosial Instagram kini merupakan media sosial yang paling banyak digunakan, bahkan oleh banyak pengguna yang berasal dari berbagai kalangan. Tujuan penggunaannya pun sangatlah beragam, mulai dari untuk sekadar mencari hiburan, hingga yang ingin mendapatkan penghasilan. Kedua tujuan tersebut sangat didukung oleh berbagai fitur yang sangat beragam di dalamnya.

Akan tetapi, ukuran gambar dan video Instagram memiliki ketentuan yang berbeda agar tampilannya menjadi lebih menarik. Pengaturan tersebut penting sekali untuk diketahui dan dipahami agar profil Instagram dapat lebih banyak dijangkau, khususnya bagi para selebgram yang rutin melakukan kegiatan promosi. Oleh karena itu, dalam pembahasan ini akan dipaparkan cara efektif untuk mengatur ukuran gambar tersebut.

Ukuran Gambar Instagram Untuk Feed, Story dan IGTV

Ukuran Gambar Instagram untuk Postingan Feed, Story & IGTV

Berikut adalah tips mengatur ukuran gambar dan video di instagram agar postingan terlihat lebih menarik.

Jenis Ukuran Feed Instagram Video dan Gambar

Ukuran feed di instagram 1:1

Sebelum mengetahui cara efektif untuk mengaturnya, Kamu tentunya harus mengetahui ketentuan ukuran yang cocok, baik untuk gambar dan video.

Perlu diketahui bahwa ukuran feed Instagram tersebut mengarah pada jumlah piksel, sehingga membentuk tinggi dan lebar gambar dan video. Kemudian, ukuran gambar dan video pada umumnya adalah antara 320 piksel dan 1080 piksel.

Lalu, bagaimana jika ukuran yang diunggah ternyata melebihi ukuran yang ditentukan? Maka, sistem Instagram akan melakukan penyesuaian secara otomatis. Artinya, gambar yang ukurannya melebih ketentuan, akan terpotong. Oleh karena itu, buatlah gambar dengan aspek rasio 1:1 atau yang biasa disebut dengan persegi.

Sementara itu, untuk ukuran video, Instagram mengizinkan penggunanya untuk mengunggah video vertikal dengan rasio 4:5, feed Instagram video dengan ukuran 1:1 untuk durasi 60 detik.

Sedangkan untuk video yang memiliki orientasi landscape atau horizontal, rasio yang dapat kamu gunakan adalah 1,91:1 dan 16:9 dan resolusi 1080 x 607 piksel.

Baca juga: Ini dia Cara Repost Instagram Untuk Feed, Story dan InstaStory

Jenis Ukuran Story Instagram

Ukuran Story di instagram 1:1,91

Selain mengunggah gambar dan juga video di feed, pengguna Instagram pun dapat mengunggah Instagram Stories berbentuk gambar dan video. Instagram Stories ini akan ditampilkan selama 24 jam untuk dapat dilihat. Jenis Instagram Stories yang dapat digunakan adalah dengan orientasi potrait dan landscape.

Stories Potrait

Ukuran ideal untuk stories potrait adalah 1080 x 1920 px dan aspek rasio yang direkomendasikan adalah 9:16. Bentuk potrait dari stories ini memiliki ukuran yang lebih tinggi sehingga dapat memenuhi layar.

Stories Landscape

Sementara itu, ukuran ideal untuk stories landscape adalah 1080 x 608 px dengan rasio yang disarankan adalah 1,91:1. Hal ini tidak jauh berbeda dengan aspek rasio yang dimiliki oleh feed video dan gambar di Instagram. Hal tersebut memudahkanmu untuk melakukan pengaturan ukuran terlebih dahulu.

Baca juga: Inilah Cara Melihat Trending Topik di Instagram

Jenis Ukuran Video di IGTV

Selain memperhatikan ukuran gambar dan video di Instagram¬łkamu juga perlu mengetahui jenis ukuran IGTV yang direkomendasikan.

Hal ini karena IGTV merupakan salah satu fitur biru dalam Instagram yang sangat memungkinkan untuk mengunggah video dalam durasi waktu yang cukup lama dibandingkan dengan unggahan video sebelumnya.

Kamu dapat mengunggah video dengan durasi 10 menit dan bahkan 1 jam untuk verified users. Simak rekomendasi ukurannya di bawah ini:

IGTV orientasi Potrait

Orientasi potrait memiliki aspek rasio ideal 9:16 dan juga ukuran ideal 1080 x 1920 px. IGTV Potrait ini memiliki perbedaan antara video dan foto/gambar, yaitu ukurannya yang lebih tinggi. Hal ini karena ukuran video yang ditampilkannya akan memenuhi layar ponsel yang menontonnya.

IGTV orientasi Landscape

Selain menyediakan dalam ukuran potrait, Instagram juga memiliki orientasi landscape yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya. Aspek rasio ideal yang dapat digunakan adalah 16:9 dan juga ukuran ideal yang dapat digunakan adalah 1920 x 1080 px. Kemudian, video yang diunggah pun akan memenuhi layar penggunanya karena ukuran dan juga rasio yang digunakannya.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Story Instagram dengan mudah

Keuntungan Mengatur Ukuran Gambar dan Video di Instagram

Setelah mengetahui cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengunggah gambar dan video, Kamu pun harus mengetahui keuntungan yang bisa didapatkan jika melakukan penyesuaian tersebut. simak keuntungannya di bawah ini:

1. Menjadikan unggahan lebih rapi

Keuntungan yang pertama adalah feed Instagram dapat terlihat lebih rapi jika memiliki ukuran yang telah diatur sedemikian rupa. Apalagi jika tampilan warnanya memiliki keselarasan yang konsisten, maka tidak menutup kemungkinan akan banyak pengguna yang menyukai dan tertarik pada akunmu.

2. Menjadikan feed lebih menarik

Sama halnya dengan keuntungan yang pertama, mengunggah gambar maupun video dengan ukuran yang telah direkomendasikan tentu akan membuat unggahan tersebut menjadi lebih menarik. Hal ini karena tidak akan ada gambar atau video yang terpotong jika ukurannya melebihi ketentuan.

3. Meningkatkan jangkauan akun

Bagi kamu yang menekuni bidang selebgram, adanya pengaturan ini tentu saja akan mendatangkan banyak manfaat. Salah satu manfaat yang dapat dirasakan adalah peningkatan jumlah jangkauan akun sehingga memungkinkan untuk meningkatkan penjualan juga. Dengan begitu, proses promosi pun dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Ketahui Cara Mengatur Ukuran Gambar di Facebook (Ads, Feed dan Story)

Cara efektif untuk mengatur ukuran gambar dan video di Instagram di atas dapat kamu praktikan sendiri. Hal tersebut tentu bertujuan agar manfaat dari Instagram tersebut dapat kamu rasakan. Selain itu, adanya pengaturan ini pun memberikan keuntungan bagi beragam penggunanya.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *