7 Usaha Sampingan di Rumah untuk Tambah Penghasilan

Ingin menambah penghasilan? Kamu bisa kok melakukannya. Cara efektif menambah penghasilan adalah dengan menekuni usaha sampingan di rumah sambil tetap bekerja pada pekerjaan utama. Tentunya, kegiatan ini akan sangat menguntungkan terutama jika penghasilan dari pekerjaan utama sangat pas-pasan.

Bagi kamu yang ingin menekuni bisnis sampingan, berikut beberapa contoh usaha sampingan di rumah yang bisa kamu pertimbangkan.

Rekomendasi Usaha sampingan di Rumah

Usaha Sampingan di Rumah untuk Tambah Penghasilan

1. Berjualan Camilan

Siapa yang suka ngemil? Pastinya, banyak orang suka ngemil. Ini bisa kamu jadikan peluang bisnis. Berjualan camilan adalah bisnis yang sangat menggiurkan karena banyak diminati masyarakat.

Kamu bisa berjualan makanan ringan seperti mi lidi, donat, makaroni pedas, sosis goreng, telur gulung, atau makanan lainnya. Supaya lebih menarik konsumen, ada baiknya kamu menawarkan layanan COD (Cash on Delivery) apabila jaraknya tidak terlalu jauh.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis

2. Menjual Makanan atau Minuman untuk Sarapan

Apabila kamu berangkat kerja tidak terlalu pagi, misalnya pukul 8.00 pagi atau lebih, kamu bisa memanfaatkan waktu sebelum berangkat untuk berjualan. Kamu bisa berjualan makanan atau minuman yang biasa dikonsumsi saat sarapan, misalnya bubur ayam, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, susu sapi, dan susu kedelai

Biasanya, jenis usaha ini tidak membutuhkan jam buka yang lama. Kamu bisa berjualan sekitar pukul 5.30 hingga pukul 7.30 pagi. Tentunya, itu disesuaikan dengan waktu dan kemampuanmu. Selain itu, kamu juga harus bangun lebih pagi untuk memasak dan mempersiapkan bahan jualan.

3. Berjualan Makanan Berat

Selain berjualan camilan dan makanan untuk sarapan, kamu juga bisa menambah penghasilan dengan berjualan makanan berat, seperti nasi goreng, ayam geprek, bakso dan mi ayam. Bisnis ini tak kalah menggiurkan karena penjual jenis makanan ini banyak dicari orang.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan gerobak dan tenda di depan rumah, serta meja dan kursi untuk tempat makan para pelanggan. Kamu bisa mulai berjualan dari sore hingga malam hari. Jadi, kamu tetap bisa menjalani pekerjaan utama pada pagi hingga sore harinya.

4. Freelancer Online

Apakah kamu orang yang jago menulis? Jago bahasa asing? Jago bahasa pemrograman? Atau punya keahlian lain? Jika kamu mempunyai keahlian di bidang tertentu, kamu bisa melirik bisnis menjadi freelancer online.

Ada beberapa platform freelancer online yang bisa kamu coba seperti Upwork, Fastwork, Fiverr, dan lain-lain. Dengan menjadi freelancer online, kamu bisa bekerja dengan waktu yang fleksibel sehingga bisa dijadikan usaha sampingan.

Baca juga: Tips Memulai Usaha dari Rumah Agar Sukses

5. Jasa Top-Up dan Pembayaran

Di zaman yang serba digital ini, berbagai pembayaran bisa dilakukan secara digital melalui gawai, mulai dari beli pulsa, bayar listrik, hingga bayar tagihan PDAM. Situasi ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka jasa top-up dan pembayaran.

Bisnis top-up adalah bisnis yang terbilang praktis karena bisa dilakukan hanya menggunakan smartphone. Kamu bisa membuka layanan top-up pulsa, token listrik, dan saldo e-wallet. Untuk waktunya, kamu bisa melakukannya setelah pulang bekerja dan pada hari libur.

6. Usaha Sampingan Jadi Dropship/Reseller

Ingin berjualan, tetapi tidak punya produk sendiri? Bisnis dropship dan reseller adalah solusinya. Dengan menjadi dropshipper, kamu hanya perlu memasarkan produk milik orang lain. Kamu juga tidak perlu melakukan pengemasan maupun pengiriman.

Sementara itu, jika kamu memilih usaha reseller, kamu perlu membeli produk terlebih dahulu kemudian menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi. Selain itu, kamu juga harus melakukan pengemasan dan pengirimannya sendiri. Namun, keuntungan yang diperoleh biasanya lebih tinggi daripada dropship.

7. Usaha Sampingan Bisnis Afiliasi

Berbeda dengan dropshipper/reseller, kamu hanya perlu membagikan link untuk bisnis afiliasi. Apabila ada orang yang membeli melalui link yang kamu bagikan, sistem akan melacak secara otomatis dan kamu akan mendapatkan komisi.

Bisnis afiliasi sangat cocok untuk kamu yang aktif di media sosial serta memiliki teman atau pengikut yang banyak. Supaya banyak yang tertarik untuk mengklik, kamu perlu menambahkan narasi serta ilustrasi yang menarik pada link yang kamu bagikan.

Ada beberapa marketplace yang menyediakan program afiliasi, seperti: Tokopedia dan Shopee. Kamu bisa mendaftar Tokopedia Affiliate Program dan Shopee Affiliates Program.

Baca juga: Cara Mudah Menjadi Seller di TikTok Shop

Itu dia beberapa usaha sampingan yang bisa kamu coba di rumah. Tidak semua ide yang telah disebutkan di atas cocok semua orang. Pilihan terbaik adalah yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi yang kamu miliki.

SHARE ON

Leave a Reply