Cara Mudah Menjadi Seller di TikTok Shop

Panduan menjadi seller di Tiktok Shop – Siapa yang tak kenal TikTok? Aplikasi asal Tiongkok ini adalah salah satu media sosial yang paling banyak digemari generasi milenial di Indonesia. Awal mula TikTok dikembangkan adalah untuk merekam dan membagikan kreativitas maupun momen berharga bagi penggunanya.

Namun, popularitas TikTok yang terus meningkat seiring dengan waktu membuat TikTok terus melakukan perbaikan dan penambahan fitur yang bisa mengundang lebih banyak pengguna.

Salah satu fitur terbaru TikTok adalah TikTok Shop. Melalui fitur ini, pengguna bisa merasakan pengalaman baru berbelanja online barang-barang viral yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga unik. Bagi orang-orang dengan kepiawaian bisnis, penambahan fitur ini malah jadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Langkah Mudah Menjadi Seller di TikTok Shop

Cara Mudah Menjadi Seller di TikTok Shop, Dijamin Untung

Nah, jika tertarik membuka toko di TikTok, kamu perlu simak tips berikut.

Daftar Akun TikTok Shop

Meskipun platformnya sama, kamu tidak bisa menjadi TikTok Shop seller dengan akun reguler. Jadi, pertama kali yang harus dilakukan adalah mendaftar akun toko TikTok. Caranya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka laman TikTok Shop, atau dengan memasukkan link seller-id.tiktok.com.
  • ¬†Sign-up, kamu bisa mendaftar menggunakan email, nomor HP, atau memilih “Sign-up with TikTok Account” untuk mendaftar menggunakan akun TikTok milikmu.
  • Kemudian, kamu akan diarahkan ke laman otorisasi. Jika sudah membaca dan setuju dengan syarat dan ketentuan dari toko TikTok, klik tombol “Otorisasikan”.
  • Akun toko berhasil dibuat. Kamu bisa mengedit profil dengan mengganti nama dan menambahkan foto.
  • Selanjutnya, kamu hanya perlu meng-upload informasi toko dan produk yang ingin dijual. Informasi-informasi yang perlu dimasukkan berupa nama toko, alamat toko, jenis bisnis, jenis produk yang akan dijual, dan sebagainya. Jika semua informasi yang diberikan sudah terkonfirmasi, kamu bisa memulai menjual produk di TikTok Shop.

Baca juga: Ingin Tahu Berapa Gaji Youtuber? Ini Cara Menghitungnya

Ubah Akun TikTok Menjadi Akun Bisnis

Sudah mempunyai akun TikTok Shop? Langkah selanjutnya adalah mengubah akun menjadi akun bisnis. Hal ini diperlukan agar bisnismu terkesan kredibel dan tepercaya. Selain itu, dengan mengubah profil menjadi akun bisnis, kamu bisa lebih mudah memasarkan produk. Cara mengubahnya adalah dengan mengaturnya di laman pengaturan, dan memilih opsi “Alihkan ke Akun Bisnis”.

Manfaatkan Fitur TikTok

TikTok mempunyai fitur-fitur yang bisa membantu memasarkan produk jika kamu memanfaatkannya secara optimal. Salah satunya adalah fitur FYP, atau For Your Page. Syaratnya, kamu harus mengerti algoritma FYP TikTok sehingga video yang dibuat berpotensi viral dan menarik banyak pelanggan.

Selain FYP, ada juga fitur dari toko TikTok yang berbeda dari ecommerce lain, yaitu fitur Live Streaming. Melalui Live Streaming, penjual bisa mempromosikan sekaligus menjual produk. Pengguna lain yang tertarik dapat langsung membeli barang tersebut pada saat sesi streaming berlangsung.

Buat Konten yang Menarik

Buat konten yang menarik untuk akun tokomu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat video di TikTok lebih menarik dan eye catching. Tips yang pertama adalah pastikan video yang dibuat dapat menangkap perhatian audiens dari tiga detik pertama.

Hindari membuat video panjang yang bertele-tele. Hal ini juga akan membuat mereka menonton video hingga akhir. Tips lainnya adalah ikuti tren yang ada, seperti lagu viral, challenge, atau dance cover agar video banyak disukai.

Jual Barang yang Unik dan Viral di TikTok Shop

Keunikan lain dari toko TikTok adalah kamu bisa menjual barang apa pun. Mulai dari outfit, perlengkapan rumah tangga, skincare, makanan, hingga barang-barang unik yang tidak bisa ditemukan di supermarket. Pantau apa yang sedang tren dan viral, jadikan hal tersebut sebagai ladang bisnis.

Buat Caption dan Hashtag yang Menarik

Jangan lupa tambahkan caption dan hashtag yang menarik juga informatif. TikTok mempunyai fitur discover feed by hashtag (#), atau tanda pagar yang memudahkan pengguna mencari konten yang diinginkan. Kamu bisa menambahkan hashtag yang jelas, relevan, singkat dan mudah diingat untuk videomu. Tambahkan juga #fyp agar konten yang kamu upload muncul di halaman pengguna TikTok yang lain.

Baca juga: 10 Ide Konten Video Untuk Bisnis yang Menarik Penonton

Itulah tadi tips buat kamu yang ingin berjualan di TikTok Shop. Menjadi penjual di toko TikTok pasti mendatangkan banyak keuntungan jika dilakukan dengan benar. Pasalnya, TikTok sangat populer di kalangan remaja masa kini. Selain itu, kamu bisa bermain sosial media sambil berjualan. Menarik bukan? Semoga informasi ini bermanfaat.

SHARE ON

Leave a Reply