5 Rekomendasi Social Media Marketing Tools di Tahun 2022

Rekomendasi Social Media Marketing Tools – Media sosial masih menjadi salah satu tempat untuk berbisnis di era ini. Tentunya, selain website dengan hosting murah dan terbaik ya.

Nah, di tahun 2022 ini, alangkah baiknya juga memperbarui social media marketing tools Anda supaya ada peningkatan omzet di tahun ini. Artikel ini akan memberi Anda rekomendasi tools terbaik, fungsi hingga cara pilihnya. Simak ya!

Fungsi marketing tools

Fungsi Marketing Tools

Pasti Anda bertanya-tanya, apa sih fungsi marketing tools? Kenapa tools ini penting untuk media sosial? Marketing tools ini sangat penting untuk Anda yang menggeluti bisnis di media sosial. Ini dia fungsinya:

1. Memperoleh insight media sosial

Meski beberapa media sosial memiliki fasilitas untuk mengetahui insight, tapi tidak selengkap dari marketing tools. Sehingga, Anda perlu alat tambahan untuk membaca audiens Anda. Insight media sosial ini sangat penting untuk mengarahkan konten Anda. Juga mengetahui kecenderungan apa yang disukai oleh pengikut Anda.

2. Menganalisis trend

Ya, marketing tools juga bisa untuk menganalisis trend yang sedang berkembang di media sosial. Seperti trend hastag terkini, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti trend tersebut, post atau bahkan dagangan Anda akan turut mendapat perhatian lebih dari calon customer.

3. Mengetahui aktivitas penggemar usaha Anda

Ini juga salah satu yang tidak bisa didapatkan apabila tidak menggunakan tools luar. Anda bisa mengetahui aktivitas dari penggemar Anda, di blog atau media sosial Anda. Aktivitas yang jadi kesukaan pengikut Anda ini bisa dijadikan referensi untuk menggaet konten-konten menarik.

5 Social Media Marketing Tools Terbaik di Tahun 2022

5 Social Media Marketing Tools untuk Tahun 2022

Setelah mengetahui fungsi menggunakan tools, ada rekomendasi tools terbaik untuk Anda.

1. Google Analytic

Anda yang memiliki website dengan hosting murah pasti akrab dengan tools yang satu ini. Tapi jangan salah, Google Analytic ini sangat bisa digunakan untuk tools marketing media sosial juga. Anda bisa mengetahui konten apa yang sedang up atau dibaca secara realtime. Kemudian ketertarikan pengguna ke konten yang seperti apa.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis

Gender hingga usia dari pengguna juga bisa dilihat melalui fitur ini. Anda bisa menggunakannya secara gratis. Meski begitu, fitur yang ada pada Google Analytic terbilang sangat banyak. Jadi, Anda harus sering-sering belajar ya, supaya lebih lihai dalam penggunaannya.

2. Sprout Social

Tools berikutnya yakni Sprout Social. Media sosial yang bisa dianalisis oleh tools ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, Google plus dan LinkedIn. Dengan satu tools, Anda bisa memasarkan produk dari brand Anda di media sosial dengan lebih baik. Sprout Social memungkinkan untuk mengelola beragam media sosial dalam satu tools.

Kemudian, Anda bisa menemukan pengguna atau calon customer potensial untuk bisnis Anda. Selain itu, insight atau laporan dari media sosial itu juga bisa Anda dapatkan. Untuk menggunakan Sprout Social, Anda perlu menyiapkan budget sekitar US$ 99 per bulannya.

3. Iconosquare

Layanan berikutnya yang patut dicoba yakni Iconosquare. Meski sebelumnya terkenal sebagai tools-nya Instagram, tapi platform ini belakangan juga bisa digunakan untuk Facebook hingga Tiktok.

Iconosquare memungkinkan Anda mengetahui trend yang sedang berkembang belakangan. Setelah itu, Anda bisa turut meramaikan trend tersebut hingga ikut viral. Iconosquare cukup digemari oleh para pebisnis. Sebab, fiturnya cukup lengkap.

Baca juga: 7 Tips Agar Bisnis Kecil Anda Sukses dan Berkembang

Mulai dari rekomendasi konten yang sedang di atas awan, sampai analitik dari media sosial yang Anda miliki. Oh iya, Iconosquare juga bisa menganalisis story Instagram lho. Tentu ini juga jadi salah satu keunggulan yang digemari oleh pebisnis.

Apalagi biaya yang dipatok cukup rendah per bulannya. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 105.000,-  per bulan atau US$ 9 dolar saja. Murah kan?

4. Buzzsumo

Tak kalah dengan tools sebelumnya, Buzzsumo juga memiliki penggemarnya sendiri. Platform yang satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Seperti bisa merencanakan konten untuk bisnis Anda.

Konten merupakan rekomendasi dari yang sedang hype di media sosial, juga yang menarik minat pengikut Anda. Selain itu, Buzzsumo juga bisa digunakan untuk melakukan analisis pada akun Anda.

Konten dari pesaing bisnis Anda juga bisa dilakukan analisis. Tentunya hal ini supaya Anda bisa menarik pengikut dari pesaing, ke media sosial Anda. Untuk berlangganan Buzzsumo, Anda harus menganggarkan US$ 99. Meski sedikit pricey, tetapi selaras kok dengan fitur yang didapatkan.

5. Keyhole

Terakhir ada Keyhole. Layanan satu ini membantu Anda mendapatkan riset yang menarik untuk konten Instagram dan Twitter. Keyhole membantu Anda untuk melakukan analisis, tagar atau hashtag apa saja yang sedang trending. Kemudian event apa yang sedang jadi perbincangan.

Baca juga: 6 Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis yang Efektif

Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu influencer mana yang bakal berpengaruh kepada produk yang Anda jual. Alat ini termasuk mudah digunakan. Sehingga Anda patut mencobanya untuk menaikkan usaha Anda.

Cara Memilih Social Media Marketing Tools yang Tepat

Cara Memilih Media Sosial Marketing Tools yang Tepat

Meski tools tersebut masuk jajaran terbaik di 2022, tapi alangkah baiknya jika Anda tetap memilih yang tepat. Sebab, tidak semua tools bisa cocok atau sesuai dengan yang Anda butuhkan. Bagaimana caranya?

1. Ketahui media sosial yang akan dikelola

Anda harus mengetahui, media sosial mana yang akan Anda kelola. Kemudian, apa saja yang Anda butuhkan untuk mengelola media sosial tersebut. Catat secara terperinci, supaya memudahkan saat memilih tools.

2. Pelajari satu per satu tools

Seperti yang telah dikatakan, tidak semua tools cocok untuk media sosial Anda. Tentu Anda bisa tahu jika sudah mempelajari satu persatu tools. Buatlah tabel perbandingan antar tools yang memiliki fitur mirip. Pilih mana yang paling sesuai. Mulai dari tampilan, penggunaan bahkan penjelasan dari tools tersebut.

3. Sesuaikan budget

Ada tools yang berbayar, ada pula yang gratis. Nah, waktunya Anda untuk menentukan tools mana yang sesuai dengan budget Anda. Tentu, tools yang free dan berbayar memiliki fitur yang berbeda-beda. Sehingga penting sekali dipikirkan matang-matang ya.

Ingat, ini demi usaha Anda agar lebih maju di tahun 2022. Maju dalam artian konten menarik, pelanggan bertambah, dan omzet ikutan naik.

4. Coba free trial

Ada beberapa tools yang bisa dicoba dulu sebelum berlangganan. Apabila Anda masih bingung, tentu Anda bisa mencobanya terlebih dahulu.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui mana tools yang cocok dengan media sosial Anda. Selain itu, cari alat yang mudah digunakan. Artinya Anda bisa mempelajari dengan lebih cepat. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya ya. Sebab, masa trial jelas tidak akan lama.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Kecil

Demikian 5 rekomendasi marketing tools untuk media sosial bisnis Anda. Tahun yang baru ini, waktunya untuk mencoba pemasaran yang baru juga. Ingat ya, selain website dengan dapatkan hosting murah dan terbaik, media sosial memiliki peranan yang sangat penting. Jadi, segera pilih tools yang cocok untuk Anda ya!

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.