Mengapa Logo Penting dalam Bisnis, Ini Penjelasannya

Sebuah logo memiliki peran penting dalam bisnis yang dijalankan. Logo adalah simbol yang mewakili sebuah organisasi atau produk, atau bisa juga digunakan sebagai identitas bagi perusahaan dan bisnis. Logo yang didesain dengan baik dapat membantu menarik pelanggan baru dan memberikan kepercayaan kepada pelanggan.

Logo yang baik akan memudahkan orang menemukan informasi mengenai produk atau organisasi, dan bisa membuat mereka percaya untuk membeli dan menggunakannya.

Mengapa Logo Penting Dalam Sebuah Bisnis?

Mengapa Logo Penting dalam Bisnis, Ini Penjelasannya

Banyak aspek penting yang membuat bisnis sukses, dan salah satu yang paling penting adalah mempunyai logo yang dirancang dengan baik. Logo merupakan salah satu hal pertama yang akan dilihat calon pembeli atau pelanggan, dan itulah yang mereka gunakan untuk memahami bisnis atau produk dimiliki.

Jika dalam merancang logo asal-asalan atau tidak mencerminkan citra perusahaan, tentunya dapat merugikan sebuah bisnis.

Logo yang baik harus sederhana dan mudah diingat, serta harus akurat mewakili nilai dan tujuan perusahaan. Selain itu logo juga harus serbaguna dan dapat digunakan di berbagai media, seperti media cetak atau media online.

Jika sedang mencari logo baru atau memperbarui logo lama, ada banyak desainer profesional yang dapat membantu untuk membuat desain yang mencerminkan sebuah bisnis dengan baik. Dengan berinvestasi pada logo yang bagus, tentu saja akan membantu kesuksesan sebuah bisnis.

Baca juga: 8 Aplikasi Pembuat Logo Di Android Terbaik Dan Gratis

Bagaimana Logo Menciptakan Identitas Untuk Bisnis?

Dalam bisnis, logo adalah salah satu bagian branding yang paling dikenal dan penting. Jika logo dirancang dengan baik maka dapat membantu menciptakan identitas untuk bisnis dan membantu membedakannya dari kompetitor. Logo harus sederhana, mudah diingat, dan konsisten di semua materi pemasaran, termasuk halaman web, brosur dan iklan.

Logo harus bisa menyampaikan misi, nilai dan tujuan perusahaan. Logo yang reflektif dan dipikirkan dengan matang akan membantu pelanggan dan calon pelanggan memahami apa yang diwakili oleh perusahaan, bahkan jika hanya melihat sekilas saja.

Untuk membuat logo yang baik, bisnis harus meluangkan waktu untuk mempertimbangkan apa yang mereka ingin sampaikan dengan merek mereka kepada publik dan meninjau rencana bisnis & audiens target mereka.

Beberapa perusahaan memilih untuk menggambarkan nilai-nilai mereka dalam desain logo dengan menggunakan gambar atau simbol yang berarti bagi mereka. Sedangkan yang lainnya menggunakan tipografi atau warna yang mewakili personal merek mereka. Tidak peduli bagaimana melakukannya, penting agar logo unik dan langsung dikenali.

Jenis-Jenis Logo dan Artinya

Logo dibedakan menjadi tiga jenis yaitu Literal, Wordmark dan Simbolik. Berikut penjelasannya:

1. Logo Literal

Literal adalah logo yang paling sederhana dan paling mudah, logo ini menggambarkan perusahaan atau produk itu sendiri. Desain logo literal lebih populer, tetapi sulit untuk menciptakan desain yang efektif dan unik.

Beberapa tips untuk membuat desain logo literal antara lain menggunakan palet warna yang terbatas, menggunakan desain yang lugas, dan menghindari elemen-elemen ornamen atau dekorasi.

2. Logo Wordmark

Wordmark adalah jenis logo yang terdiri dari nama atau inisial perusahaan atau individu dalam huruf bergaya, tanpa elemen desain yang menyertainya. Logo jenis ini biasanya digunakan pada alat tulis, iklan dan materi promosi lainnya.

3. Logo Simbol

Logo jenis ini adalah logo yang menggunakan simbol atau ikon yang berbeda dengan lainnya. Misalnya, Swoosh Nike adalah simbol untuk kecepatan dan Atletis, sedangkan cangkir kopi Starbucks mewakili Kafein. Logo simbol menggunakan gambar untuk menyampaikan citra merek yang otentik. Selain itu, logo-logo ini cenderung lebih abstrak, membuat pemirsa memiliki lebih banyak hal untuk dipikirkan.

Bagaimana Memilih Logo Yang Tepat Untuk Bisnis?

Saat memulai bisnis, salah satu keputusan yang penting adalah menentukan logo. Logo yang baik dapat membantu bisnis menonjol dari persaingan, sementara logo yang buruk akan berdampak buruk juga untuk bisnis. berikut adalah beberapa tips untuk memilih logo yang tepat untuk bisnis.

1. Lihat Kompetitor Bisnis

Apa jenis logo yang mereka gunakan, apa yang kamu suka dan tidak suka dari mereka. Pastikan untuk memilih logo yang unik untuk bisnis, tetapi tetap relevan dengan bisnis dan pesaing bisnis.

2. Logo Harus Tetap Sederhana

Logo yang rumit akan sulit diingat dan mungkin tidak terlihat profesional. Pilihlah desain yang sederhana dan bersih dari pada logo yang rumit dengan banyak elemen yang ada di dalam logo.

3. Pastikan Logo Bisa Digunakan Di Beberapa Media

Desain logo yang baik bisa digunakan di berbagai media, baik itu situs web, kartu nama, media sosial atau jenis promosi lainnya. Sebagai pemilik bisnis pastinya ingin agar logo dapat digunakan dengan baik di berbagai media.

Baca juga: Ingin Membuat Logo Ketahui 7 Hal Berikut Sebelum Membuatnya

Nah itulah penjelasan tentang pentingnya logo dalam bisnis. Logo yang bagus tidak sekedar gambar yang cantik, karena itu adalah gambaran sebuah bisnis dan harus dirancang secara profesional untuk mencerminkan nilai dan tujuan bisnis.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.