7 Tips Menggunakan Internet dengan Aman

Tips Menggunakan Internet  – Internet merupakan penemuan yang menakjubkan, yang memungkinkan kita mengakses informasi dan sumber daya tanpa batas hanya dengan menekan beberapa tombol.Selain mempunyai nilai positif internet juga mempunyai kelemahannya juga. Selain kita bisa mendapatkan informasi yang luas, internet juga bisa membuat kita rentan akan pencurian data.

Hal ini karena tidak semua pengguna internet sudah teredukasi dengan baik. Oleh sebab itu, saat menggunakan internet, kita perlu memastikan bahwa kita harus melakukannya dengan aman. Ada beberapa tips supaya aman saat menggunakan internet yang bisa kamu ketahui, berikut diantaranya:

7 Tips Menggunakan Internet dengan Aman

7 Tips Menggunakan Internet dengan Aman

1. Selalu Jalankan Antivirus

Program antivirus memang tidaklah sempurna, karena virus selalu menyelinap melalui setiap celah dari waktu ke waktu. Tetapi menggunakan antivirus pasti lebih efektif daripada tidak ada perlindungan sama sekali.

Karena itu, Kita harus menjalankan antivirus di komputer setiap saat. Kita tidak perlu membayar sejumlah uang atau apa pun. Temukan saja antivirus yang gratis tetapi handal (seperti McAfee, Smadav ) dan pastikan untuk memperbaruinya ketika saatnya tiba.

2. Gunakan Jaringan yang Aman

Tips lain untuk keamanan internet adalah dengan menggunakan jaringan yang aman. Jika jaringan kita tidak aman, secara tidak langsung kita membiarkan diri kita secara langsung rentan terhadap pencurian data atau penipuan. Hanya masalah waktu sebelum salah satu dari mereka mencoba mencuri informasi pribadi.

Kita tidak hanya harus menetapkan kata sandi untuk jaringan pribadi, tetapi juga harus meminimalkan pengguna jaringan publik. Dan jika kita akan menggunakan jaringan publik, pastikan untuk tidak pernah memasukkan informasi keuangan apa pun saat menggunakannya.

Baca juga:  10 Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat di Android

3. Jelajahi dengan Hati-hati

Sebagian besar situs web yang kita temui aman dan terpercaya. Namun, semua yang diperlukan agar komputer terkena virus adalah diantaranya adalah mengklik satu situs berbahaya. Karena itu, saat menjelajah kita harus berhati-hati.

Peretas suka menipu pengguna online dengan konten yang menggoda. Jadi, situs yang paling sering kita perhatikan termasuk situs p**no, situs perj***an, dan situs yang memberikan barang mahal secara gratis atau dengan harga yang lebih murah.

Jika alamat web terlihat mencurigakan (berbeda dari yang biasa kita lihat), atau jika alamat web tersebut menggoda, sebaiknya jangan diklik.

4. Waspadai Email Scam atau Penipuan

Cara lain peretas mencoba mencuri informasi (dan uang) adalah dengan mengirimkan email penipuan. Email ini akan sering tampak dikirim oleh organisasi yang sah seperti perusahaan utilitas atau lembaga pemerintah.

Mereka biasanya akan memberi tahu kita bahwa kita terlambat melakukan sesuatu dan kita harus segera melakukan pembayaran untuk menghindari penagihan, atau tindakan hukum, atau konsekuensi berat lainnya.

Sebelum panik dan mengirim uang, pastikan situs pengirimnya sah. Ketik nama organisasi ke Google dan klik situs resminya di mesin pencari. Kemudian, bandingkan dengan situs web orang yang mengirimi kita email.

Jika alamat situs webnya sama, itu mungkin sah. Jika mereka berbeda dalam hal apapun, itu scam atau penipuan.

Baca juga: 2 Cara Melihat Password di Google Chrome dengan Mudah

5. Hanya Beli dari Situs Web Aman dan Terpercaya

Membeli produk secara online telah menjadi hal yang biasa sehingga kebanyakan dari kita bahkan tidak memikirkannya lagi. Dan dalam banyak kasus, ini baik-baik saja.

Namun, jika kita membeli dari situs web yang belum pernah kita beli sebelumnya, penting bagi kita untuk memastikan keamanannya sebelum melakukan pembelian. Bagaimana kita memastikan bahwa situs web aman? Dengan mencari tanda kunci HTTPS di sisi kiri alamat web.

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Ini pada dasarnya adalah jaminan bahwa situs web mengenkripsi datanya, sehingga menyulitkan peretas untuk mencuri.

Jangan pernah dalam keadaan apa pun, membeli dari situs web yang tidak mencantumkan simbol ini di samping alamat webnya. Dengan melakukan itu, kita akan membuat informasi kartu kredit/debit kita rentan.

6. Variasikan Kata Sandi

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pengguna internet adalah menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun mereka.

Mengapa ini menjadi masalah? Karena, jika seorang peretas mendapatkan kata sandi salah satu akun pengguna, peretas itu akan benar-benar mendapatkan kata sandi untuk semua akun pengguna itu. Sebaliknya, jika setiap akun memiliki kata sandi yang berbeda, peretas hanya akan memiliki satu kata sandi.

Tapi bagaimana bisa mengingat semua kata sandi? Jika browsing menggunakan browser seperti google chrome kita akan menemukan fitur simpan sandi, kita bisa memanfaatkan fitur tersebut.

7. Menggunakan VPN

Jika ingin benar-benar berhati-hati mengenai siapa yang dapat melacak aktivitas internet kita, kita harus menggunakan VPN atau jaringan pribadi virtual. Program-program ini memungkinkan kita untuk menyamarkan jaringan internet, membuatnya tampak seolah-olah ada di bagian dunia yang sama sekali berbeda.

Kita dapat menjelajahi web di indonesia, tetapi bagi orang luar tampak seolah-olah kita sedang menjelajahi web di Amerika. VPN tersedia dalam berbagai tipe dari mulai yang gratis hingga berbayar.

Baca juga: 3 Cara Memblokir Email di Gmail Lewat Android & PC

Jika kita benar-benar ingin melindungi diri sendiri saat menggunakan internet, kita harus memperhatikan tips keamanan internet yang sudah disebutkan di atas. Semakin kita berhati-hati saat menjelajahi web, semakin kecil risiko informasi kita jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga apa yang sudah disampaikan di atas bisa bermanfaat.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.