7 Situs Tempat Download Font Gratis Untuk Desain Grafis

Tempat Download Font Gratis – Salah satu elemen visual yang digunakan dalam desain grafis adalah tipografi. Untuk membuat tipografi menarik, kamu tentunya membutuhkan font keren. Font (dalam bahasa Indonesia baku: fon) adalah sekumpulan huruf, tanda baca, angka, dan simbol yang memiliki gaya tertentu.

Kita semua tentunya sudah tahu bahwa model font yang ada di komputer terkadang tidak sesuai dengan keinginan. Dan untuk mendapatkan font yang sesuai dengan keinginan kita harus mengunduhnya di Internet dan menginstall font tersebut.

Jika kamu belum mengetahui dimana saja tempat download font gratis. Sebagai rekomendasi, berikut beberapa situs untuk mengunduh font gratis yang bisa kamu coba.

Rekomendasi Situs Download Font Gratis Terbaik

Situs Tempat Download Font Gratis

1. FontSpace

FontSpace menyediakan font gratis yang bisa kamu download secara legal. Tersedia font yang 100% gratis dan tersedia juga font gratis untuk penggunaan pribadi.

Seluruh font yang disajikan memiliki tampilan menarik dalam berbagai gaya sehingga sempurna untuk desain grafis. Selain itu, situs ini memiliki user interface sederhana, tetapi menarik sehingga nyaman saat kita kunjungi.

Baca juga: 3 Cara Menambah Font di Komputer/Laptop

2. Google Fonts

Google Fonts adalah layanan font web yang banyak digunakan oleh pengembang website. Layanan milik Google ini memang lebih dicondongkan untuk penggunaan di situs web. Hal itu karena font yang tersedia bisa langsung digunakan di website menggunakan link CSS eksternal yang mengarah ke API Google Fonts.

Kendati demikian, bukan berarti Google Fonts tidak bisa digunakan untuk desain grafis. Pada dasarnya, Google Fonts bisa digunakan untuk berbagai keperluan termasuk desain grafis. Jadi kamu juga bisa download font gratis di google fonts dan menginstalnya pada perangkat.

Google Fonts menyediakan 1.364 family font berlisensi gratis dalam berbagai bahasa. Font untuk aksara Jawa pun tersedia dalam layanan ini. Kamu bisa menggunakan pilihan font tersebut secara bebas, baik untuk komersial maupun nonkomersial tanpa perlu membayar.

3. DaFont

DaFont banyak menyediakan koleksi font menarik sehingga sangat cocok untuk desain grafis. Ada font bergaya mewah, gothic, latin (bergaya Arab, Cina, Rusia), hingga standar.

Seluruh font yang tersedia di DaFont memiliki lisensi penggunaan berbeda-beda. Ada font berlisensi public domain, 100% gratis, khusus penggunaan pribadi, donationware, shareware, dan demo.

Pihak DaFont sendiri menyatakan kalau font yang terpajang di situsnya adalah milik para penulisnya. Label jenis lisensi yang ada di atas tombol download merupakan indikasi semata. Si pengunduh perlu memastikan lisensi font dengan membaca readme di arsip atau mengunjungi situs penulisnya.

4. Font Squirrel

Font Squirrel adalah situs yang menyediakan font gratis. Tepat di atas logo mereka, terdapat slogan “100% Free For Commercial Use”. Meskipun demikian, kamu harus teliti lagi jika ingin menggunakan font dari situs ini untuk penggunaan komersial.

Mereka menganjurkan agar penggunanya membaca dan memastikan lisensi setiap font sebelum menggunakannya. Jika terdapat font yang tidak boleh digunakan secara komersial, kamu bisa memberitahukannya kepada mereka. Font Squirrel juga tidak menjamin semua font yang terpajang di situsnya benar-benar gratis.

Baca juga: Cara Mengganti Font Di Windows 10 dengan Mudah

5. FontStruct

FontStruct adalah situs yang bisa kamu gunakan untuk membuat font versimu sendiri. Di samping itu, FontStruct juga menyajikan font kreasi para penggunanya yang bisa kamu download.

Font yang terpampang di situs ini memiliki jenis lisensi berbeda-beda. Ada font berlisensi creative commons, Open Font License, FontStruct License, dan ada juga yang tidak bisa di-download karena hak ciptanya dilindungi.

6. Fontbundles

Fontbundles adalah situs yang menawarkan font eksklusif, baik berbayar maupun gratis dari desainer independen. Mereka menawarkan font secara bundel dari beberapa produk sehingga harganya lebih murah daripada membeli secara satuan. Selain itu, mereka juga banyak memberikan diskon. Menurut pengakuan, mereka menawarkan penghematan hingga 96% dari font secara teratur.

Di samping menawarkan font berbayar, Fontbundles juga menawarkan font gratis yang bisa digunakan untuk penggunaan komersial. Dengan menekan menu “Free Fonts” yang ada di bilah navigasi, kamu akan diarahkan ke halaman font gratis mereka. Tidak hanya itu, mereka juga menawarkan satu buah font premium secara gratis setiap minggunya.

7. Creative Fabrica

Creative Fabrica adalah marketplace kreatif asal Amsterdam yang menyediakan produk-produk kreatif digital seperti font, grafis, dan desain kerajinan. Kamu bisa menggunakan produk yang ditawarkan dengan membelinya secara satuan maupun dengan berlangganan.

Selain itu, Creative Fabrica juga menyediakan font premium gratis untuk penggunaan komersial yang diperbarui setiap harinya. Namun perlu dicatat, beberapa font gratisan yang disediakan di situs ini sensitif terhadap waktu. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkannya sebelum font tersebut tidak gratis lagi.

Baca juga: Cara Mengubah Font Size Windows 10 Dengan mudah

Itu dia beberapa rekomendasi situs download font gratis untuk desain grafis yang bisa kamu coba. Hal yang harus diperhatikan adalah periksa lisensi untuk setiap font sebelum kamu menggunakannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

SHARE ON

Leave a Reply