Ukuran Banner YouTube Lengkap dengan Cara Memasangnya

Ukuran Banner Youtube – Mengetahui ukuran banner YouTube dan cara memasangnya dengan tepat merupakan salah satu kunci utama membuat kanal YouTube yang menarik. Pasalnya, banner YouTube memiliki sejumlah fungsi penting. Salah satunya adalah sebagai identitas dari kanal tersebut.

Melalui banner, penonton maupun calon subscribers mu akan mudah mengenal dan mengingat pemilik ataupun konten dari kanal tersebut. Artikel kali ini akan mengulas secara lebih mendalam mengenai ukuran banner yang tepat dan cara mengaplikasikannya dengan benar agar tidak terpotong.

Pentingnya Banner untuk Channel YouTube

Contoh Banner Channel Youtube

Hampir semua YouTuber favorit mu memiliki satu kesamaan yakni brand yang konsisten dan bisa dikenali dengan mudah dalam bentuk banner YouTube.

Gambar yang Kamu gunakan sebagai banner membantu mengungkapkan siapa Kamu dan konten seperti apa yang Kamu bahas. Baik itu gaya hidup, game online, atau bahkan video log atau vlog, banner YouTube membantu penonton mengetahui apa yang akan mereka tonton.

Di samping itu, penonton akan mengetahui seperti apa karakteristik pemilik kanal tersebut melalui warna, teks, gambar, dan juga desain banner yang digunakan. Penonton juga akan lebih tertarik untuk mengklik tombol subcribe jika melihat kanal YouTube dengan banner yang didesain secara profesional.

Baca juga: Inlah 3 Cara Mengaktifkan Dark Mode di Youtube

Ukuran Banner YouTube

Setelah mengetahui pentingnya banner, kini saatnya Kamu mempelajari soal macam-macam ukuran banner YouTube dan cara memasangnya dengan benar. Lalu berapa ukuran banner youtube?

Pada umumnya, ukuran banner untuk beranda YouTube yang paling direkomendasikan dan sering digunakan adalah 2560 x 1440 pixel. Namun perlu diketahui bahwa tampilannya akan berbeda tergantung pada perangkat yang digunakan.

Hal ini karena ukuran banner yang cenderung bersifat responsif di sejumlah perangkat seperti ponsel, komputer, dan televisi. Semakin kecil perangkat yang Kamu gunakan, maka semakin kecil pula area banner YouTube yang akan terlihat.

Lalu, apakah banner yang diunggah harus memiliki ukuran 2560 x 1440 pixel? Ukuran tersebut hanyalah ukuran ideal yang bisa disesuaikan dan dioptimalkan sesuai dengan jenis perangkat yang digunakan.

Syarat Banner Header Youtube

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah panduan ukuran banner YouTube yang tepat:

1. Dimensi minimum gambar yang diunggah adalah 2048 x 1152 pixel dengan rasio 16:9.

2. Area minimum yang bisa digunakan untuk meletakkan teks dan logo yakni 1546 x 423 pixel. Penting untuk diingat, gambar dengan ukuran yang terlalu besar akan otomatis terpotong jika dilihat melalui perangkat tertentu.

3. Lebar banner maksimum yang direkomendasikan yakni 2560 x 423 pixel. Aturan lebar ini merupakan yang paling ideal karena banner berada di area aman. Dengan begitu, banner juga tidak akan terpotong meski dilihat dari berbagai jenis perangkat.

4. Maksimal ukuran file banner adalah 6 MB. Namun sangat disarankan untuk menyiapkan gambar banner dengan ukuran di bawah 6 MB.

5. Penempatan konten utama, judul atau tagline kanal wajib berada di area aman. Area ini terletak di bagian tengah background banner yang nantinya bisa dilihat secara optimal di berbagai jenis perangkat.

Nah, sekarang Kamu sudah tahu bagaimana caranya membuat tampilan banner agar terlihat optimal. Kini saatnya Kamu menyiapkan satu gambar sesuai dengan panduan di atas dan unggah dengan mengikuti langkah-langkah pemasangan banner yang tepat di bawah ini.

Baca juga: Ketahui 2 cara mendownload subtitle youtube dengan mudah

Cara Memasang Banner Header YouTube

Memasang banner pada beranda YouTube tidaklah terlalu sulit. Namun perlu diketahui bahwa Kamu hanya bisa melakukannya melalui desktop alih-alih melalui aplikasi yang terpasang di gawaimu. Berikut langkah-langkah memasang banner di youtube:

Panduan Memasang Header Youtube

1. Pertama, buka situs YouTube melalui browser dan masuk ke akun YouTube mu. Setelah itu, klik gambar profil di bagian kanan atas dan klik “Channel Anda”.

Buka menu Channel anda yang ada di profil youtube

2. Jika sebelumnya Kamu belum menggunakan banner sama sekali, maka tidak akan ada gambar apa pun di belakang profilmu. Untuk mengunggah gambar banner, klik “Sesuaikan Channel” dan Kamu otomatis akan diteruskan ke halaman “YouTube Studio.”

Kemudian klik tombol sesuaikan channel

3. Selanjutnya, pilih “Branding” di antara menu tata letak dan info dasar.

Pada halaman penyesuaian channel pilih branding

4. Pada tab branding klik “Upload” pada bagian “Gambar banner”. Lalu, cari gambar banner yang sudah Kamu siapkan. Pastikan ukuran file dan juga dimensi gambar sesuai dengan ketentuan yang sudah disampaikan di atas.

Cara Memasang Banner Header YouTube

5. Setelah itu, sesuaikan banner untuk tampilan di perangkat gawai, desktop, televisi, dan lainnya. Pastikan posisi gambar berada di area aman atau hingga tulisan “Dapat dilihat di semua perangkat” muncul di bagian tengah. Hal ini perlu diperhatikan terutama jika Kamu ingin menambahkan elemen desain lain. Jika Kamu merasa posisi bannermu sudah sesuai, klik “Selesai”.

Sesuaikan tampilan banner header youtube

6. Tunggu hingga proses pengunggahan selesai. Lalu, klik tombol “Publikasikan” dan periksa kembali tampilan banner YouTube mu. Apabila belum sesuai, Kamu bisa menyesuaikannya kembali hingga mendapatkan tampilan yang Kamu inginkan.

Mempublikasikan banner header youtube

Proses pembuatan banner sendiri juga tidak terlalu sulit. Bahkan bagi Kamu yang tidak memiliki latar belakang desain grafis sama sekali pun juga bisa membuatnya dengan mudah. Kamu bisa memanfaatkan desain daring gratis dan juga template untuk membuat banner.

Baca juga: Ini dia 3 Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Youtube

Dengan segala kemudahan tersebut, Kamu tetap harus memastikan ukuran banner yang Kamu gunakan sudah sesuai. Gunakan panduan mengenai ukuran banner YouTube dan cara memasangnya di atas untuk menghasilkan tampilan beranda kanal YouTube yang menarik.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru