Cara Mengetahui Kapasitas Harddisk dan RAM pada PC/Laptop

Cara Mengetahui Kapasitas Harddisk dan RAM pada PC/Laptop – Terdapat beberapa faktor sebelum seseorang ingin membeli sebuah Laptop/PC (Personal Computer), sebut saja seperti jenis prosesor, kapasitas penyimpanan, kapasitas RAM, ukuran layat, harga, dan sebagainya. Semua faktor pendukung tersebut sebaiknya dipikirkan secara matang-matang mengingat harga satu buah Laptop atau PC tidaklah murah. Terlebih saat ini konsumsi kita akan informasi melalui Laptop atau PC sudah sangat berkembang dan berdampak kepada kemampuan Laptop/PC yang dituntut serba bisa.

Harddisk dan RAM (Random Access Memory) merupakan beberapa bagian penting yang wajib dimiliki oleh setiap Laptop/PC, karena dapat dibilang tanpa dua komponen tersebut maka mustahil perangkat yang kita miliki untuk berjalan dengan baik. Maka dari itu, sebelum membeli baik Laptop/PC ada baiknya kita teliti paling tidak di dua komponen tersebut karena akan menentukan performa saat sesudah kita membelinya.

Apa itu Harddisk dan RAM?

Sebelum masuk lebih lanjut kepada langkah-langkah memeriksa kapasitas Harddisk dan RAM. Yuk ketahui secara singkat apa itu Harddisk dan RAM pada Laptop ataupun PC.

Harddisk Drive atau biasa disingkat dengan HDD merupakan media penyimpanan yang berada di dalam Laptop maupun PC, konstruksi harddisk sendiri dilengkapi dengan cakram magnetik untuk membaca segala macam data dan informasi. Di dalam harddisk lah berbagai macam jenis data seperti gambar, suara, video, teks dan sistem operasi disimpan di dalamnya, maka tidak heran harddisk memiliki peran yang sangat vital. Bahkan saat kita ingin menghidupkan baik Laptop atau pun PC saja membutuhkan kinerja harddisk lho.

Harddisk sendiri sebenarnya memiliki dua tipe yaitu internal dan eksternal. Untuk internal sendiri, biasanya sudah terpasang secara otomatis saat kita membeli sebuah Laptop atau PC dan eksternal bersifat terpisah dan lebih praktis serta dapat dihubungkan ke perangkat kita melalui port USB (Universal Serial Bus) yang tersedia.

Lalu selanjutnya adalah RAM, apa itu RAM dan fungsinya? RAM adalah kepanjangan dari Random Access Memory merupakan sebuah memori yang bersifat sementara, disebut sementara karena fungsi RAM adalah semacam perantara antara suatu aplikasi dan CPU (Central Processing Unit). Singkatnya adalah ketika kamu menjalankan sebuah aplikasi maka informasi yang dihasilkan akan disimpan sementara di dalam RAM dan diteruskan kepada CPU, proses ini terjadi sangat cepat dalam beberapa detik atau bahkan di bawah satuan detik.

Baca juga: Cara Mengganti Nama User Account di Windows 10

RAM juga berfungsi ketika kita melakukan multitasking atau membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, di sinilah RAM memegang peranan penting karena semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin lancar pula bagi teman-teman dalam melakukan multitasking. Maka dari itu bagi kamu calon pembeli Laptop / PC harus menyesuaikan dengan kebutuhannya, jangan sampai beban kerja yang berat hanya dilengkapi dengan kapasitas RAM yang seadanya.

Cara Mengetahui Kapasitas Harddisk dan RAM Pada PC/Laptop

Sekarang mari masuk ke sesi yang ditunggu-tunggu yakni cara mengetahui kapasitas kedua komponen tersebut. Yuk simak beberapa langkah di bawah ini:

1. RAM

Cara Pertama

  • Masuk ke menu File Explorer.
  • Klik menu Computer¬† atau This PC di sisi kiri halaman, lalu klik kanan dan pilih menu Properties. untuk tampilannya akan kurang lebih seperti gambar di bawah.

klik kanan this pc dan buka menu properties

  • Maka akan muncul informasi kapasitas RAM Laptop/PC.

Tampilan kapasitas ram pada laptop atau pc

Cara Kedua

  • Buka menu Search dan ketik “dxdiag”, kemudian tekan Enter.

mengetik dxdiag di kolom pencarian

  • Kemudian akan muncul halaman awal dxdiag dan kamu dapat dengan mudah menemukan kapasitas RAM.

tampilan kapasitas ram di menu dxdiag

2. Harddisk

  • Masuk ke dalam menu File Explorer.
  • Klik menu Computer¬† atau This PC, di sisi kiri halaman dan kamu langsung akan menemukan berapa kapasitas harddisk yang tersisa.

Tampilan kapasitas harddisk di laptop atau pc

Demikian lah langkah-langkah untuk memeriksa kapasitas RAM dan Harddisk pada perangkat Laptop dan PC kalian. Semoga apa yang sudah di uraikan diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply