Cara Mengetahui Lisensi Windows 10 Retail/OEM/Volume

Cara Mengetahui Lisensi Windows 10 – Apa kamu tahu bagaimana cara cek lisensi Windows 10? Setiap sistem operasi yang dimiliki oleh Microsoft atau dalam hal ini sistem operasi Windows memiliki ciri dimana ketika kamu hendak menginstal, maka kamu akan diminta memasukkan serial number atau SN. Akan tetapi, untuk versi Windows terbaru kamu tidak perlu memasukkan serial number. Itu artinya, kamu bisa melewati tahap ini dan baru nanti setelah proses instalasi selesai kamu bisa melakukan aktivasi dengan aplikasi yang disebut sebagai aktivator.

Khusus untuk Windows 10, jika kamu menginstalnya langsung di tempat penjualan laptop yang terpercaya, maka kamu akan mendapatkan Windows 10 original, alias yang asli. Beda ketika kamu mendownloadnya di internet dimana nanti kamu akan diminta untuk melakukan aktivasi.

Cara Mengetahui Lisensi Windows 10 Retail/OEM/Volume

Jenis Lisensi Windows 10

Seberapa penting kita harus tahu lisensi yang dimiliki oleh Windows 10 di komputer maupun laptop kita? Tentu saja hal ini sangat penting. Jika ternyata sistem operasi yang anda gunakan malah tidak memiliki lisensi, itu artinya anda mendapatkan OS tersebut secara ilegal. Maka dari itu, pastikan kamu menginstal Windows 10 yang berlisensi, terutama untuk kamu yang kesehariannya selalu berhubungan dengan dunia pemerintahan.

Secara umum, lisensi yang dimiliki oleh Windows 10 dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Retail

Lisensi ini memiliki nama lain yakni FPP yang merupakan singkatan dari Full Packaged Product. Jika kamu ingin mendapatkan lisensi yang satu ini, maka yang harus kamu lakukan adalah membelinya di toko retail maupun ketika membeli di toko online. Ada satu kelebihan yang dimiliki oleh lisensi retail. Apa itu? Kamu bisa memindahkan lisensi retail dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Bisa dikatakan bahwa lisensi ini merupakan 1 untuk semua.

2. OEM

OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacture yang merupakan lisensi yang bisa langsung kamu dapatkan dari perusahaan atau vendor pembuatan laptop. Untuk lisensi yang berjenis OEM tidak dapat kamu pindahkan dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

3. Volume

Lisensi yang ketiga dinamakan volume. Lisensi jenis ini kebanyakan dimanfaatkan oleh perusahaan yang menggunakan PC dalam jumlah yang besar. Dengan memiliki lisensi ini, maka kita bisa melakukan aktivasi lebih dari 1 komputer. Mengenai berapa banyak komputer yang dapat di aktivasi menggunakan lisensi volume sesuai dengan kesepakatan yang dibuat antara perusahaan dengan penjual lisensi tersebut.

Untuk lisensi volume dipakai oleh Windows 10 yang seri Enterprise. Kelemahan lisensi ini adalah memiliki batas waktu. Perusahaan harus mengaktivasi kembali setiap 6 bulan sekali.

Baca juga: Cara Mengganti Tema Windows 10 Dengan Mudah

Cara Mengecek Lisensi di Windows 10

Lalu bagaimana cara cek lisensi Windows 10 pada komputer kita? Tentu kita ingin tahu apakah sistem operasi yang digunakan oleh komputer maupun laptop kita termasuk yang volume retail atau mungkin saja OEM. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama, kamu harus membuka CMD (Command Crompt).

2. Kemudian kamu ketikkan perintah slmgr/dlv setelah itu kamu tekan Enter. Apabila tidak bisa, izinkan dulu windows Script yang ada di antivirusmu. Jika muncul tapi hanya sebentar maka matikan antivirusmu untuk sementara.

cara mengetahui lisensi windows 10 dengan cmd

3. Jika kamu berhasil, maka kamu akan menemukan tampilan pop-up yang isinya tentang penjelasan lisensi. Untuk mengetahui jenis lisensi apa yang dipakai oleh komputer atau laptopmu, maka kamu bisa mencarinya di description.

cara mengetahui lisensi windows 10 dlv tampilan

Selain menggunakan  “slmgr/dlv” kamu juga bisa menggunakan kode dibawah ini untuk mengeceknya:

  • slmgr /xpr (Hanya mengetahui aktif atau tidak)
  • slmgr /ato (mengetahui aktivasi windows beserta key )
  • slmgr/dli (cek aktivasi windows beserta partial product key)
  • slmgr/dlv (cek secara lengkap keseluruhan detail aktivasi windows)

Baca juga: Cara Menghilangkan Virus Shortcut Paling Ampuh

Irulah mengenai Cara Mengetahui Lisensi Windows 10 Retail/OEM/Volume. Dari sini kamu bisa mengecek kira-kira perangkat yang sekarang kamu gunakan tersebut memiliki lisensi berjenis apa. Bagaimana? Mudah kan? Karena cara yang kami jelaskan tersebut sangat mudah di praktekkan bahkan untuk orang awam sekalipun.

Leave a Reply