5 Tips Membuat Konten Instagram yang Menarik & Berkualitas

Tentunya kita sudah tahu instagram merupakan salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Hampir setiap orang mempunyai akun instagram di ponselnya. Instagram adalah platform yang dibuat untuk berbagi cerita, tapi saat ini instagram juga tempat terbaik untuk bisnis menemukan pelanggan yang diinginkan. Apalagi sekarang menurut data Instagram merupakan media sosial terbesar yang memiliki pengguna aktif lebih dari 1 miliar tiap bulan.

Oleh sebab itu para digital marketing menganggap media sosial ini sebagai tempat untuk mencari calon pelanggan. Sayangnnya, aturan promosi di Instagram saat ini telah berubah, saat ini kamu tidak bisa memberi beberapa hashtag acak dan menunggu sampai pelangganmu menemukannya. Dengan begitu kita dituntut untuk membuat konten Instagram yang menarik berkualitas.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi beberapa tips membuat konten atau video Instagram yang menarik penonton yang kamu targetkan. Selain itu kami juga akan berbagi beberapa tips dan trik mengenai cara membangun strategi marketing yang tepat, cara mempromosikan akun Instagram-mu, dan mendapatkan pelanggan baru. Berikut selengkapnya!

5 Tips Membuat Konten Instagram yang Menarik

5 Tips Membuat Konten Instagram yang Menarik

1. Tentukan Tujuanmu di Instagram

Saat ini semua platform media sosial adalah alat untuk promosi yang efektif, tetapi kamu tidak dapat menggunakannya dengan benar sampai kamu menentukan tujuan utamamu. Instagram marketing sangatlah luas, pertama yang harus kamu lakukan dan terpenting adalah menentukan tujuan yang ingin kamu capai. Berikut beberapa pertanyaan yang perlu kamu jawab.

  • Apakah kamu ingin meningkatkan brand awareness ?
  • Apakah kamu ingin menjual produk atau layananmu?
  • Ingin mendapatkan peluang baru?
  • Atau kamu hanya ingin membuat akun media sosial untuk bisnismu?

Ketika kamu menentukan tujuanmu, akan lebih mudah bagimu untuk mengetahui cara mempromosikannya. Instagram Analytics akan membantumu menganalisis efektivitas promosimu.

2. Buat Konten Foto dan Video yang Menarik

Jika ingin membuat konten di Instagram kamu juga harus ingat bahwa Instagram adalah platform visual. Apabila pengguna melihat konten yang kualitasnya buruk, mereka akan beralih ke pesaingmu. Oleh karena itu, saat membuat konten di Instagram lebih baik menggunakan filter dan gaya yang sama. Ini akan memberikan gaya yang konsisten, sehingga kamu akan mudah dikenali.

Selain itu kamu juga harus membuat konten video dan story yang menarik. Orang-orang lebih menyukai video daripada foto. Di sinilah kamu harus memilih aplikasi edit video dan foto terbaik, yang memungkinkanmu mengedit video dan foto dalam waktu cepat.

Sekarang pengguna Instagram malas dan tidak ingin menonton video yang biasa-biasa saja, tidak diedit. Walaupun untuk mempromosikan jasa atau produk secara online, membuat video yang menarik adalah suatu keharusan. Dengan menggunakan aplikasi edit video atau foto yang bagus, kamu bisa menambah berbagai macam efek ke dalam video, memotong, mengcrop video. Bahkan bila perlu kamu bisa menambahkan musik ke dalam video tersebut. Dengan begitu video yang kamu buat akan jauh lebih menarik daripada tidak diedit sama sekali.

3. Optimalkan Profil Instagrammu

Apa pun bisnis yang kamu miliki, kamu harus peduli dengan kenyamanan pengikutmu. Kamu hanya bisa menulis 150 karakter di bio Instagram-mu. Dalam tempat yang terbatas ini, kamu harus menunjukkan profil instagram mu secara singkat dan menarik, serta menunjukan kepada pengguna mengapa harus memilih produk atau layananmu. Bio Instagram mu adalah objek pertama yang akan mereka lihat saat pertama kali, jadi pastikan harus jelas, mudah dipahami dan memiliki CTA (Call-to-action) yang kuat.

Baca juga: Cara Melihat Trending Topik di Instagram dengan Mudah

4. Selalu Aktif di Instagram

Instagram adalah media sosial yang bergerak cepat, rata-rata orang menghabiskan lebih dari 1 jam di media sosial tersebut. Dan inilah kesempatanmu untuk promosi. Kamu jangan hanya membuat satu konten perminggu dan menunggu sampai pelanggan kembali kepadamu, kamu harus aktif di Instagram. Buat setidaknya dua postingan atau story perhari. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang tersedia di Play Store atau App Store, untuk mempermudah pembuatan konten.

Kamu juga bisa menganalisa pesaingmu untuk melihat apa yang mereka posting, gunakan beberapa ide dari mereka tetapi jangan menjiplaknya. Dengan melakukan itu, kamu akan membuat banyak penonton tertarik dengan apa yang kamu lakukan.

5. Buatlah Caption yang Menarik

Walaupun Instagram adalah platform visual, akan tetapi itu tidak berarti kamu harus fokus pada gambar dan video saja dan melupakan caption. Caption dari akun Instagrammu juga sangat penting. Panjang maksimum caption Instagram adalah 2.200 karakter.

Karena itu, kamu harus menggunakannya secara teratur. Kamu tidak boleh menulis posting terlalu panjang setiap hari. Kamu bisa memposting cerita lucu, kata-kata motivasi, lelucon dan lain sebagainya. Jangan membebani target audiensmu dengan banyak informasi. Bahkan jika kamu ingin memberikan informasi yang berguna kepada mereka, pastikan tidak menyertakan istilah yang terlalu rumit. Postinganmu harus menarik meskipun temanya membosankan, jika kamu tidak bisa membuatnya kamu bisa menggunakan jasa penulis konten.

Rata-rata orang hanya menghabiskan dua detik untuk memutuskan apakah postinganmu layak mendapatkan perhatian mereka. Dalam skema seperti itu, tujuan utamamu adalah membuat caption yang menarik. Ingatlah caption mu harus selalu informatif, relevan dan sesuai dengan profilmu.

Baca juga: 2 Cara Mengunduh Data Instagram Milik Sendiri Tanpa Ribet

Nah itulah beberapa tips membuat konten di Instagram yang menarik dan berkualitas. Menjalankan bisnis di Instagram tidaklah mudah, kamu harus menganalisa pesaingmu, memikirkan audiens, membuat konten yang tepat untuk mereka, membuat rencana konten, yang pasti kamu dituntut untuk kreatif.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.