Pengertian Dan Peran Pelaku Ekonomi

Selembar.com – Pengertian Dan Peran Pelaku Ekonomi. Semakin maju dan berkembangnya perekonomian saat ini serta semakin ketatnya persaingan yang terjadi dalam dunia usaha, baik itu didalam negeri maupun luar negeri hal ini membuat sistem ekonomi masuk dalam persaingan global antar negara. Oleh karena perlu adanya pemahaman serta pengetahuan bagi kalangan pelaku ekonomi untuk meningkatkan mutu dan kerja dalam mengembangkan usahanya agar perekonomian semakin maju.

Pengertian Pelaku Ekonomi

Pelaku ekonomi adalah semua pihak yang melakukan kegiatan ekonomi baik produksi, distribusi maupun konsumsi. Pelaku ekonomi bisa perorangan maupun organisasi baik itu pemerintah atau swasta. Pihak yang ikut berperan sebagai pelaku ekonomi diantaranya yaitu rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri. pihak-pihak tersebut memiliki peran masing-masing dan saling berkaitan dan berpengaruh dalam perekonomian suatu negara.

peran pelaku ekonomi

Peran Pelaku Ekonomi

Manusia kehidupannya tidak pernah lepas dari kegiatan ekonomi setiap hari dan semua yang terlibat mempunyai perannya masing-masing. Nah, Untuk lebih lengkapnya Berikut ini beberapa peran pelaku ekonomi:

1. Peran Rumah Tangga

Rumah tangga terdiri atas orang per orang, keluarga, kelompok masyarakat, organisasi usaha, dan negara. Peran rumah tangga dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut:

a. Pemilik Faktor Produksi

Faktor produksi atau sumber daya produksi dimiliki dan disediakan oleh rumah tangga. FaktorĀ  ini meliputi sumber daya alam atau lahan, tenaga kerja, modal, serta kewirausahaan. Hal tersebut merupakan komponen yang diperlukan perusahaan dalam memproduksi barang dan jasa.

Baca juga: Macam-Macam Kebutuhan dan Alat Pemenuh Kebutuhan

b. Mendapat Imbalan Atas Faktor Produksi

Sebagai pemilik yang menyediakan faktor produksi, rumah tangga berhak menerima balas jasa dari perusahaan. Balas jasa ini akan menjadi pendapatan bagi rumah tangga. Balas jasanya dapat berupa gaji atau upah bagi tenaga kerja, bunga bagi pemilik modal, sewa bagi pemilik lahan dan laba bagi pemilik usaha.

c. Bertindak Sebagai Konsumen

Rumah tangga membutuhkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Tindakan ini menyebabkan mereka harus bertindak sebagai konsumen.

d. Membayar Pajak Kepada Pemerintah

Pajak yang dibayar kepada pemerintah berasal dari sebagian pendapatan yang diterima oleh rumah tangga.

2. Peran Perusahaan

Peran-peran penting perusahaan dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut:

a. Menghasilkan Barang dan Jasa

Adanya kebutuhan yang harus dipenuhi mendorong perusahaan menciptakan barang dan jasa pemenuh kebutuhan. Barang dan jasa yang di hasilkan perusahaan nantinya akan disalurkan kepada pelaku ekonomi yang lain.

  1. Rumah tangga: penyaluran barang dan jasa hasil produksi kepada rumah tangga dapat dilakukan secara langsung maupun melalui distributor.
  2. Pemerintah: Pemerintah membutuhkan barang dan jasa hasil produksi untuk mendukung jalannya kegiatan kegiatan pemerintah dalam rangka melayani masyarakat. Penyaluran ini juga dapat dilakukan secara langsung atau melalui pasar barang.
  3. Perusahaan lain: ada saat barang dan jasa yang diproduksi suatu perusahaan diperlukan oleh perusahaan lain sebagai bahan baku, bahan pembantu, bahan setengah jadi atau sebagai modal. Contohnya perusahaan kain akan memasok hasil produksi perusahaan garmen.
  4. Masyarakat luar negeri: Selain untuk produksi dalam negeri, barang dan jasa perusahaan juga digunakan oleh masyarakat luar negeri. Pembelian dan pengiriman barang dan jasa akan menimbulkan kegiatan ekspor.

b. Sebagai Pengguna Faktor Produksi

Bagaimanakah perusahaan dapat menghasilkan barang dan jasa? Tentu saja perusahaan harus mengolah faktor produksi menjadi barang dan jasa. Faktor produksi tersebut berupa tenaga kerja, sumber daya alam dan modal. Faktor produksi tersebut di sediakan oleh rumah tangga. Untuk semua faktor produksi yang telah disediakan, perusahaan akan memberikan balas jasa kepada rumah tangga. Balas jasa tersebut berupa upah atau gaji, sewa, bunga dan laba. Pembelian faktor produksi ini kadang juga melibatkan masyarakat luar negeri, baik berupa tenaga ahli, pinjaman modal, barang-barang modal, maupun bahan baku.

c. Membayar Pajak Kepada Pemerintah

Perusahaan juga merupakan bagian dari masyarakat umum. Dengan begitu, perusahaan ikut memanfaatkan fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah. Oleh karena itu pula, perusahaan harus membayar pajak kepada pemerintah sebagai bukti partisipasi terhadap pembangunan.

d. Sebagai Agen Pembangunan

Kegiatan produksi yang dilakukan perusahaan ternyata membawa pengaruh yang besar terhadap pembangunan ekonomi. Dari kegiatannya perusahaan telah membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan karyawan dan membangun berbagai fasilitas ekonomi.

Baca juga: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Barang

3. Peran Pemerintah

Peran pemerintah terhadap kegiatan ekonomi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Berikut ini merupakan peran pemerintah dalam kegiatan perekonomian.

a. Mengatur Kegiatan Ekonomi

Dalam kegiatan ekonomi pemerintah bertindak mengarahkan, mengatur dan mengendalikan kegiatan ekonomi melalui berbagai kebijakan, peraturan perundang-undangan dan tindakan langsung di lapangan. Tujuan utamanya untuk meningkatkan kesempatan kerja, mengendalikan harga, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan menstabilkan neraca pembayaran luar negeri. Semua dilakukan untuk menciptakan masyarakat yang adil dan Makmur.

b. Berperan Sebagai Konsumen

Pemerintah sebagai konsumen dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan dalam tugas penyelenggaraan negara. Oleh karena itu pemerintah membutuhkan barang dan jasa, misalnya mobil operasional, seragam pejabat, alat tulis, kertas dan jasa perbankan. Barang dan jasa tersebut dibeli pemerintah dari perusahaan atau masyarakat luar negeri.

c. Berperan Sebagai Produsen

Pemerintah sebagai produsen berarti pemerintah berperan dalam menghasilkan barang dan jasa. Barang dan jasa yang dihasilkan pemerintah merupakan hasil produksi yang menguasai hajat hidup masyarakat luas dan kegiatan yang kurang menguntungkan tetapi sangat dibutuhkan. Sebagai produsen pemerintah juga membutuhkan faktor-faktor produksi dari rumah tangga maupun masyarakat luar negeri.

4. Peran Masyarakat Luar Negeri

Peran masyarakat luar negeri dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut:

a. Mengekspor dan Mengimpor Barang dan Jasa

Faktor utama yang menyebabkan ekspor dan impor barang dang jasa ini yaitu karena sumber daya yang tersedia secara tidak langsung tidak merata dan faktor harga. Misalnya Indonesia banyak mengimpor barang-barang elektronik dengan harga murah dari cina.

b. Mengekspor dan Impor Faktor Produksi

Selain barang dan jasa, kegiatan ekspor dan impor juga dilakukan untuk faktor produksi, misalnya pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) keluar negeri. Selain itu negara kita saat ini masih membutuhkan investasi modal dari luar negeri.

c. Mendatangkan Devisa

Kegiatan ekspor barang dan jasa serta faktor produksi akan mendatangkan devisa bagi negara. Selain itu, kedatangan wisatawan asing ke dalam negeri juga akan mendatangkan devisa.

Baca juga: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Barang

Itulah mengenai pengertian pelaku ekonomi dan peran pelaku ekonomi seperti rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply