5 Tips Membuat Video Instagram yang Menarik untuk Bisnis

Tips Membuat Video Instagram – Instagram adalah salah satu jejaring sosial paling populer (memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif setiap hari) yang memberikan banyak peluang untuk mengembangkan bisnis. Bukan rahasia lagi bahwa Instagram adalah media sosial untuk berbagi konten visual yang dimaksudkan untuk membagikan foto dan video kepada para pelanggan, audiens, keluarga, pengikut dan teman.

Jadi salah satu poin penting dalam mempromosikan akun bisnis di Instagram adalah konten yang berkualitas tinggi. Video Instagram tampaknya menjadi jenis konten terbaik untuk bisnis karena dapat mewakili produk Anda dengan cara yang mudah dan menarik. Konten video menarik perhatian, membuat orang menghabiskan lebih banyak waktu menonton video dan mendapatkan lebih banyak interaksi daripada gambar Instagram.

Namun, untuk sukses di Instagram, tidak cukup hanya dengan mengunggah video. Video content marketing memerlukan perhatian mengenai detail serta alat pemasaran lainnya. Berikut ini akan menjelaskan beberapa petunjuk tentang cara membuat video yang akan mendapatkan lebih banyak views dan meningkatkan aktivitas di akun Anda.

Tips Membuat Video Instagram yang Menarik untuk Bisnis

5 Tips Membuat Video Instagram untuk Bisnis

1. Tetapkan Tujuan pada Setiap Video

Batas durasi video Instagram adalah 60 detik. Dalam menit ini, Anda perlu mengekspresikan satu ide atau mendorong pelanggan Anda ke satu tindakan tertentu. Harus ada pemikiran yang lengkap di setiap video yang dibuat. Untuk mempermudah, Anda dapat membuat rencana konten video yang bisa mencakup beberapa jenis konten berikut:

  • Video informatif di mana Anda memperkenalkan produk Anda dan membiarkan pelanggan Anda belajar lebih banyak
  • Video yang mengumumkan beberapa acara atau diskon
  • Video cara atau tutorial
  • Ulasan video dari pelanggan Anda
  • Video yang mengiklankan situs web Anda

Jenis konten ini berfungsi jika Anda lebih suka membuat tayangan slide daripada video. Poin utamanya adalah tetap pada ide dan memasukkannya ke dalam 60 detik.

Baca juga: Cara Mengubah Password Instagram di HP dan Komputer

2. Tarik Perhatian Pemirsa Anda

Perlu Anda ketahui bahwa waktu untuk menonton posting Instagram sangat pendek, dan orang memutuskan apakah mereka tertarik pada konten dalam beberapa detik. Jadi, Anda perlu menarik perhatian audiens dan membuat orang menonton video Anda sampai akhir.

Karena waktu untuk sebuah video terbatas, Anda perlu membuat awal yang dinamis untuk sebuah video dan tentunya juga menarik. Anda dapat memulai dengan frame yang menarik atau frame dengan teks, itu merupakan ide bagus karena video di Instagram secara default dibisukan. Selain itu video juga jangan terlalu banyak teks karena bisa membuat video terkesan berlebihan dan kurang menarik.

3. Perhatikan Detail Saat Membuat Video Instagram

Jika Anda ingin membuat konten berkualitas tinggi, maka penting untuk menggunakan footage yang bagus. Untuk hasil terbaik, Anda dapat menggunakan kamera Full HD, mikrofon, dan lampu studio, tetapi kebanyakan smartphone modern juga sudah cukup.

Jika menggunakan ponsel, Anda dapat menggunakan tripod untuk menghindari guncangan video. Jika tidak menggunakan lampu studio, gunakan sumber cahaya alami seperti jendela. Sumber cahaya harus berada di depan dan bersinar ke arah Anda.

Baca juga: Cara Mengganti Kata Sandi Instagram dengan mudah

4. Menggunakan Perangkat Lunak Edit Video

Untuk membuat video yang lebih berkualitas dan menarik, Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk mengedit video. Anda bisa menggunakan editor video online atau software komputer seperti Adobe Premiere Pro, Camtasia, Sony Vegas Pro atau Corel Video Studio.

Software semacam itu memungkinkan Anda untuk memotong video, menggabungkan beberapa video, mengubah kecepatan video, mengompres video, menambahkan transisi, stiker, dan efek lainnya. Untuk mengedit video, Anda dapat menggunakan perangkat lunak online seperti Online Video Cropper, WeVideo atau Clipchamp. Masing-masing program ini juga dapat digunakan sebagai pemotong jika perlu mengubah ukuran atau rasio aspek video Anda.

5. Kembangkan Kreativitas Anda

Untuk menghasilkan ide-ide baru dalam video, Anda harus sangat memperhatikan semua yang terjadi di dunia sekitar Anda. Amati peristiwa di lingkungan tempat kerja dan tanggapilah hal tersebut dalam video Anda. Belajar dari content creator lain, analisa konten mereka, dan jelajahi cara kerjanya untuk target audiens Anda. Ambil cerita dari hidup Anda dan buat plot baru menggunakan pengalaman pribadi Anda.

Akan lebih baik jika membuat audiens selalu tertarik dengan konten yang Anda hasilkan dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan bersemangat tentang apa yang Anda lakukan sendiri.

Baca juga: Cara Melihat Trending Topik di Instagram

Itulah beberapa tips membuat video Instagram yang menarik, dengan menggunakan tips di atas, semoga bisa meningkatkan kualitas video Instagram Anda, menciptakan brand awareness, meningkatkan aktivitas dan meningkatkan penjualan. Ingatlah bahwa komponen teknis dan emosional itu penting.

Anda jangan hanya membuat video yang menarik, tetapi juha harus berinteraksi dengan audiens Anda, mendengarkan pendapat mereka dan membuat konten yang bermanfaat bagi mereka.

SHARE ON

Leave a Reply