Cara Melihat Spesifikasi Lengkap Hp Android

Cara melihat spesifikasi lengkap hp android perlu kamu ketahui. Karena hal ini berguna sebagai pembanding ketika Anda ingin membeli hp android baru. Kamu belum tau caranya? simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara untuk mengetahui spesifikasi lengkap hp android sangatlah penting diketahui oleh siapa saja. Terutama oleh pengguna dan pecinta hp android. Mengapa? Karena Anda bisa membandingkan android satu dengan lainnya dan memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Hal ini akan semakin penting jika Anda ingin merekomendasikan atau membeli hp android baru. Karena, teknologi hp android terus berkembang dan memiliki berbagai kelebihan yang bisa Anda gunakan.

Selain itu, melihat spesifikasi akan memudahkan Anda menilai sebuah hp. Apakah memiliki harga yang sepadan atau tidak. Jadi, dengan mengetahui hal ini Anda dapat memiliki hp android terbaik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing.

3 Cara Melihat Spesifikasi Lengkap HP Android

Cara untuk melihat spesifikasi lengkap hp Samsung dan merek android lainnya ini sangatlah mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Oleh karena itu, dengan mengetahui cara ini Anda dapat mengenal android yang ada dengan lebih baik. Adapun cara tersebut antara lain:

1. Googling

Cara pertama yang dapat Anda gunakan adalah dengan searching di Google. Karena dengan Googling, Anda tidak hanya akan memperoleh spesifikasi lengkapnya saja, tetapi juga review pemakaian oleh pihak tertentu serta perbandingan antara satu android dengan lainnya.

Cara cukup mudah, Anda tinggal buka software browser di hp atau komputer masing-masing. Kemudian ketikkan “spesifikasi hp dan seri tertentu”. Nanti akan muncul banyak situs yang berisikan spesifikasi, harga sampai pada review pemakaian. Jadi, cara ini merupakan yang paling dasar dan bisa dipakai siapa saja.

3. Melalui Menu Pengaturan

Cara melihat spesifikasi lengkap hp android lainnya adalah melalui pengaturan yang ada di hp masing-masing. Untuk melihatnya Anda dapat mengikuti beberapa langkah yang ada, yaitu:

  • Buka menu setting atau pengaturan pada smartphone Anda.
  • Lalu scroll dan pilih opsi “About Phone” atau juga “Tentang Ponsel”. Biasanya letaknya ada di paling bawah.

Melihat spesifikasi hp lewat pengaturan

  • Kemudian, klik “Info perangkat lunak” atau device information.

Buka informasi perangkat lunak

  • Setelah itu, Anda akan melihat berbagai informasi seputar smartphone yang dimiliki baik berupa OS yang dipakai, nomor versi dan lainnya.

Tampilan informasi spesifikasi hp android

Cara diatas menggunakan hp samsung sebagai contohnya, untuk spesifikasi hp merk lain tidak jauh berbeda yaitu pada menu pengaturan.

Baca juga: Cara Mengetahui Versi OS Android

3. Memakai Aplikasi Ketiga

Cara lengkap melihat spesifikasi hp Samsung serta android merek lainnya adalah dengan menggunakan berbagai aplikasi android. Terdapat beberapa aplikasi yang disarankan seperti AnTuTu Benchmark yang dapat menampilkan spesifikasi tapi juga performa dan perbandingan dengan hp lainnya.

Selain itu, Anda dapat memakai CPU-Z atau Droid Info. Semua aplikasi ini tersedia di Google PlayStore dan pastinya gratis. Jadi, untuk melihat spesifikasi lengkap android menjadi lebih mudah.

CPU-Z

Untuk mengetahui spesifikasi handphone android milikmu menggunakan CPU-Z, kamu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu di Play Store.

Jika sudah terinstal, barulah kamu buka aplikasi tersebut. Pada CPU-Z ada beberapa pilihan menu yang bisa kamu buka seperti Soc, Device, Sistem, Battery, Sensor dan lainnya. Berikut ini beberapa menu yang ada di CPU-Z.

Mengetahui Spesifikasi Hp dengan CPU-Z

1. SOC (System on a Chip). Pada bagian ini kamu akan melihat beberapa informasi mengenai otak yang digunakan pada smartphone mu. Seperti Cores, Architecture, Clock Speed, CPU dan GPU.

2. Device. Di bagian device kamu akan melihat informasi mengenai perangkat smartphonemu seperti model, manufacturer, board, ukuran layar, resolusi layar, total ram, internal stroge dan masih banyak lagi.

3. Sistem. Dalam menu sistem kamu akan melihat informasi seputar sistem yang digunakan pada smartphone milikmu. Diantaranya versi Android, Api Level, Security path level Build ID dan masih banyak lagi.

Droid Info

Mengetahui spesifikasi dengan droid info

Selain menggunakan CPU-Z untuk mengetahui spesifikasi android, kamu juga bisa menggunakan Aplikasi Droid Info. Sama seperti aplikasi lainnya sebelum menggunakan droid info kamu harus mendownload aplikasi tersebut di Playstore. Fitur yang ada di aplikasi ini hampir sama dengan CPU-Z.

Dengan droid info kamu bisa mengetahui informasi seputar perangkat, sistem, memori pada handphone, spesifikasi kamera, fitur handphone, kapasitas baterai, sensor yang ada di handphone dan yang lainnya. Jika kamu penasaran kamu bisa mencoba aplikasi ini sendiri di handphone mu.

Baca juga: 3 Cara Cek Prosessor di Android

Nah, itulah berbagai cara melihat spesifikasi lengkap hp android yang perlu untuk Anda ketahui. Semua cara di atas sangat mudah diikuti sehingga siapapun dapat menggunakannya dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply