Cara Cek Ram Hp Samsung

Cara Cek Ram Hp Samsung – Bagi kamu yang lupa atau ingin mengecek kapasitas Ram dan sisa Ram handphone bermerk Samsung, caranya sangat mudah. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Handphone dilengkapi dengan RAM yang berfungsi untuk menyimpan data aplikasi maupun dokumen dari si pengguna Handphone Tersebut. Tapi, RAM juga perlu dicek secara berkala agar jika sudah hampir penuh, kamu bisa memindahkan atau menghapus data yang tidak diperlukan.

Fungsi Ram sendiri adalah untuk menyimpan memori sementara pada suatu aplikasi. Jadi apabila ada 5 aplikasi yang sedang berjalan pada suatu perangkat secara bersamaan, Lalu kapasitas Ram akan terbagi kepada 5 aplikasi yang sedang berjalan. Jika kapasitas Ram kecil tentu saja akan mempengaruhi kinerja handphone dalam menjalankan setiap aplikasi.

Di sisi lain, Hp yang terlalu penuh RAM-nya juga akan menyebabkan Hp menjadi lemot dan bisa menyulitkan kamu. Berikut cara cek ram di hp Samsung. Jika kamu belum mengetahui cara cek ram hp Samsung? Yuk simak tutorial lengkapnya berikut ini.

1. Cek RAM HP Samsung Melalui Menu Pengaturan

Pertama, kamu bisa menggunakan fitur bawaan dari hp Samsung kamu. Carilah menu Settings atau Pengaturan. Di sana, kamu bisa melihat RAM yang terpakai dan yang belum. Kemudian carilah Perawatan Perangkat.

Sebagai salah satu cara cek RAM Samsung Galaxy A 51, kamu bisa membuka menu itu dan melihat kamu beberapa pilihan selanjutnya. Mulai dari Baterai, Penyimpanan, Keamanan hingga Memory. Nah, kamu klik menu Memory.

Di sana, kamu bisa melihat berapa besar ram yang sudah digunakan dan menghapus yang sekiranya tidak diperlukan. Menghapusnya tidak sulit, hanya perlu menekan menu Hapus sekarang atau Clean Now. Berikut merupakan cara untuk mengetahui total ram dan sisa ram pada hp samsung:

  • Buka menu menu utama di hp samsung mu kemudian pilih pengaturan atau setting.
  • Jika sudah masuk ke menu pengaturan scroll ke bawah dan cari menu perawatan perangkat atau Device Care, kemudian kamu buka menu tersebut.

Cek RAM HP Samsung Melalui Menu Pengaturan

  • Pada menu perawatan perangkat terdapat informasi mengenai Baterai, Penyimpanan, keamanan dan Memori. Karena akan mengetahui ram hp samsung maka pilihlah memori.

Pilih memori pada menu perawatan perangkat

  • Selanjutnya pada menu memori kamu akan melihat kapasitas ram pada hp samsung dan memori yang sedang digunakan.

Melihat kapasitas ram dan sisa ram pada hp samsung

Apabila handphone terasa lemot karena pemakaian ram yang terlalu besar. Kamu bisa membersihkan penggunaan ram dengan cara menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan mengklik tombol Hapus Sekarang.

2. Cek RAM Menggunakan Memory Booster

Aplikasi bawaan yang ada di hp bisa digunakan, tapi ada opsi lain yang bisa kamu coba. Di play store, kamu bisa mengunduh aplikasi yang bernama Memory Booster. Salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu percayai hasilnya.

Selain mengecek, kamu bisa membersihkan memori atau meningkatkan kinerja dengan clean booster dan speed booster. Dijamin, aplikasi ini tidak akan mengecewakanmu.

Kamu akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai info RAM yang menyeluruh. Penggunaan ram, sisa ruang penyimpanan, serta statistik penggunaan RAM. Wah, sangat lengkap ya.

3. Cek RAM Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Ada lagi aplikasi yang recomended untuk kamu di play store, yaitu CPU-Z. Pertama-tama, unduh aplikasi, dan lakukan aktivasi akun.

Selanjutnya untuk cek RAM Samsung j7pro kamu hanya perlu mencari menu Device. Di sana, kamu akan menemukan total RAM yang sudah kamu gunakan, serta jumlah RAM yang masih kosong.

Baca juga: Cara Menghapus Cache di Android

4. Cek RAM Hp Samsung Menggunakan Aplikasi AIDA 64

Selanjutnya kamu bisa gunakan aplikasi lain yang tidak kalah membantu. AIDA 64 bisa kamu unduh di google play store Hp Samsung milikmu. Cukup buka aplikasinya dan cari menu system. Informasi lengkap mengenai RAM Hp Samsung akan tertera di sana.

5. Cek RAM Hp Samsung dari Kotak Dus Hp

Daripada menggunakan berbagai aplikasi yang belum tentu, kamu bisa langsung mengecek RAM Hp pada informasi yang tertera di kardus Hp kamu. Tentu saja cara ini memiliki kelemahan, karena kamu hanya bisa mengetahui total RAM sebenarnya, bukan RAM yang terpakai.

6. Cek RAM Hp Samsung dari Situs Resmi

Cara yang satu ini akan lebih meyakinkan, karena kamu bisa mengecek RAM Hp Samsung melalui situs resmi Samsung. Di sana akan tertulis spesifikasi Hp Samsung, maka bisa jadi cara cek RAM Samsung j7 prime.

Kamu hanya perlu mencari menu Memori, dan selanjutnya pilih RAM Size (GB). Maka kamu akan menemukan bahwa RAM Samsung j7 prime adalah 3GB

7. Cek RAm Hp Samsung Menggunakan Simple System Monitor

Terakhir sebagai rekomendasi, kamu bisa mencari dan mengunduh aplikasi Simple System Monitor. Aplikasi ini akan memberikan kamu gambaran komprehensif tentang sistem Hp Samsung milikmu.

Simple System Monitor akan menampilkan diagram yang bisa menginfokan seberapa banyak hardware yang sedang bekerja. Mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasinya dan mengklik RAM. Maka informasi tersebut akan disajikan untuk kamu.

Baca juga: Cara Cek Imei HP Samsung Mudah dan Akurat

Itu dia cara cek RAM di Hp Samsung. Kamu bisa mencobanya dan memastikan, cara mana yang paling efektif dan efisien. Semoga cara mengetahui ram pada hp samsung diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply