Ketahui 5 Manfaat Podcast Untuk Bisnis, Apa saja?

Manfaat Podcast Untuk Bisnis – Podcast muncul pertama kali dalam artikel yang dibuat oleh Ben Hammersley dalam surat kabar The Guardian pada tahun 2004 lalu. Poscast berasal dari kata Pod yang merupakan singkatan dari Playable on Demand.

Dari tahun ke tahun Podcast semakin populer dan mencapai puncak popularitasnya pada tahun 2007 dan terus berkembang sampai sekarang. Lalu apa itu podcast? arti dari podcast itu sendiri adalah rekaman diskusi berbentuk audio yang membahas suatu topik tertentu seperti bisnis, berita, kisah atau perjalanan yang dapat didengarkan.

Terlepas dari dari itu semua, podcast telah ada selama lebih dari dua dekade. Karena popularitasnya semakin meningkat, semakin banyak pebisnis yang mempertimbangkan untuk menambahkan podcasting untuk bisnis ke dalam strategi pemasaran mereka.

Ketahui 5 Manfaat Podcast Untuk Bisnis

Ketahui 5 Manfaat Podcast Untuk Bisnis

Lalu apa saja manfaat podcast untuk bisnis? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Untuk Membangun Koneksi Pribadi

Tulisan hanya dapat berjalan sejauh ini ketika menjalin hubungan dengan audiens dan pelanggan. Melakukan podcast dapat membantu mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan memungkinkan lebih banyak keterlibatan. Orang dapat mengajukan pertanyaan dan mengirimkan ide untuk konten.

Suara lebih personal dan menunjukan bahwa ada orang di belakang bisnis. Ini lebih sulit untuk dibangun jika hanya dengan artikel blog dan posting media sosial.

2. Podcast dapat Menarik Klien Baru

Menggunakan podcast untuk bisnis dapat membuka peluang baru. Anda menjangkau audiens berbeda yang ada di media sosial atau saluran pemasaran lainnya. Mungkin sebagian orang lebih suka membaca dan senang mengikuti blog.

Disisi lain ada juga Orang lebih suka mendengarkan podcast. Mereka dapat mengikuti sambil melakukan aktivitas lain, seperti berolahraga, mengemudi, memasak atau melakukan aktivitas lainnya.

Memiliki podcast yang terdaftar di platform podcast memberi Anda lebih banyak peluang untuk mendapat peringkat di daftar pencarian. Peningkatan yang eksposur berarti lebih banyak orang dapat menemukan bisnis Anda.

Baca juga: 5 Tips Memberi Nama Usaha yang Kreatif dan Menarik

3. Podcast Mudah Diproduksi

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membuat podcast. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa peralatan dasar, seperti mikrofon berkualitas. Kemudian Anda dapat merekam podcast Anda dan melakukan beberapa pengeditan sederhana di komputer atau laptop.

Dengan biaya pembuatan yang rendah, Anda dapat dengan mudah menambahkan podcast ke promosi tanpa mengambil anggaran dari usaha Anda.

4. Podcast dapat Membangun Merek

Menambahkan podcast ke strategi promosi dapat membantu Anda untuk membangun merek bisnis. Anda dapat menggunakannya untuk membicarakan topik yang akan diskusikan di Podcast. Ini memberi kesempatan untuk mengembangkan brand personality.

Anda juga dapat menggunakan podcast untuk membangun brand awareness di luar upaya promosi saat ini. Misalnya, Anda mungkin menggunakan platform media sosial tertentu, tetapi ada banyak orang yang tidak menggunakan platform tersebut. Podcasting membantu menjangkau orang-orang tersebut.

5. Sebagai Penghasilan Tambahan

Memiliki podcast bisnis dapat membuka Anda dan bisnis Anda mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan sebuah bisnis bisa mendapatkan sponsor. Misalnya jika bisnis anda adalah menjual alat-alat elektronik maka anda akan mendapatkan sponsor dari perusahaan elektronik.

Jika podcast menjadi influencer industri, maka bisnis terkait lainnya dapat membayar untuk mempromosikan produknya. Anda dapat mengenakan biaya saat mengulas produk tersebut. Bisnis terkait dapat bekerja sama dengan Anda untuk mengembangkan produk atau layanannya.

Baca juga: 5 Kesalahan Digital Marketing yang Harus Dihindari

Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan jika menggunakan podcasting untuk sebuah bisnis. Anda dapat membangun brand Anda, menjalin hubungan yang lebih personal dan menarik lebih banyak pelanggan. Untungnya, podcast mudah diproduksi dan tidak memerlukan anggaran produksi yang besar. Semoga penjelasan mengenai manfaat podcast untuk bisnis diatas bisa bermanfaat.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *