10 Ide Konten Video Untuk Bisnis yang Menarik Penonton

Ide Konten Video Untuk Bisnis – Konten video sekarang menjadi konten yang paling banyak diminati. Banyak konsumen sekarang menonton video online dibandingkan membaca blog maupun mendengarkan podcast, itu karena konten video lebih menarik perhatian pemirsa. Menggunakan video untuk promosi juga dapat membantu bisnis Anda mendapatkan reputasi online.

Jika anda belum menggunakan video untuk mempromosikan bisnis maka mulailah sekarang juga. Tidak ada kata terlambat untuk mulai membuat video dan menggunakannya untuk mempromosikan bisnis Anda.

Ada berbagai macam video yang bisa anda buat. Nah pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa ide konten video yang menarik untuk mempromosikan bisnis, video yang benar-benar akan dinikmati oleh konsumen. Selain itu kami juga akan menunjukan kepada Anda berbagai tool yang bisa anda gunakan untuk membuat video.

10 Ide Konten Video Untuk Bisnis yang Menarik Banyak Penonton

10 Ide Konten Video Untuk Bisnis yang Menarik Penonton

Berikut ini beberapa ide konten video yang menarik banyak penonton, diantaranya yaitu:

1. Live Streaming

Live streaming sangat bagus untuk acara, pengumuman, atau tutorial langsung. Jenis konten ini mendorong keterlibatan waktu nyata, ini merupakan kesempatan emas bagi anda untuk terhubung langsung dengan penonton. Selain itu, rekaman dari Live Streaming juga dapat diubah menjadi konten di lain waktu.

2. Video Data

Baik itu tentang kepuasan pelanggan, tren, atau wawasan pasar, ini membantu menyajikannya dalam format video. Ini adalah cara cepat untuk memberi informasi kepada penonton tentang peristiwa terkini dan membangun kepercayaan penonton.

Anda bisa membuatnya dengan durasi video yang singkat, padat dan jelas untuk membantu penonton mencerna informasi yang anda berikan dengan cepat.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Online Rumahan dengan Modal Kecil

3. Video Behind the Scenes (Dibalik Layar)

Jika anda sering menonton video Youtube pasti anda pernah menjumpai video dibalik layar (Behind the Scenes), entah itu pembuatan film, video klip atau acara lainnya. Anda dapat menggunakan ini untuk menunjukkan kepada penonton kegiatan apa yang sedang Anda lakukan, seperti mengintip singkat bagaimana Anda membuat produk atau mengelola layanan Anda.

4.  Video Giveaways

Ini adalah cara yang baik bagi Anda untuk mengembangkan bisnis dan loyalitas. Anda dapat menggunakan video untuk membuat pengumuman yang menarik untuk acara seperti ini. Dengan menggunakan cara ini tentunya akan melibatkan banyak orang dan mendorong mereka untuk membagikan postingan Anda dan menyebarkan luaskan informasi mengenai bisnis Anda.

5. Video Before and After (Sebelum dan Sesudah)

Jenis video ini berlaku untuk berbagai konten. Ini bagus untuk berkebun, pemandangan, produk pembersih, perawatan kulit atau yang lainnya. Dengan membuat video Before And After akan menghindari spekulasi negatif penonton mengenai gambar yang diedit. Dengan cara ini, Anda benar-benar dapat menunjukkan keunggulan produk atau bisnis Anda dengan menggunakannya.

6. Video FAQ (pertanyaan yang sering diajukan)

Anda dapat membuat halaman FAQ Anda lebih menghibur menggunakan video. Walaupun menaruh halaman FAQ di website itu penting anda bisa melengkapinya dengan membuat video. Memiliki FAQ versi video, bisa memberi pengguna pilihan untuk membaca atau menonton penjelasan Anda.

Ingatlah Anda harus memberi jawaban yang singkat dan ringkas untuk menghindari kebingungan. Anda juga menaruh video FAQ ke dalam daftar putar untuk membantu pengguna mengaksesnya di satu tempat.

Baca juga: 6 Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis yang Efektif

7. Video Testimonial

Anda mempunyai pelanggan yang senang dengan produk atau layanan Anda? Coba minta mereka untuk memberikan video testimoni yang merinci pengalaman mereka dengan produk atau layanan Anda. Menampilkan review dan tanggapan positif dari para pelanggan dapat menjadi bukti kepada calon pelanggan.

8. Video Tanya Jawab (Q&A)

Membuat tanya jawab akan melibatkan penonton untuk mengajukan pertanyaan dan pada saat yang sama Anda harus menjawab pertanyaan tersebut. Platform media sosial seperti facebook dan Instagram sangat bagus untuk mengumpulkan pertanyaan yang dapat Anda diskusikan dengan penonton.

9. Video Tutorial

Tidak peduli seberapa mudahnya menggunakan produk atau layanan Anda,membuat video tutorial untuk menggunakan produk atau layanan Anda merupakan cara yang terbaik apa bila pelanggan anda tidak bisa atau memiliki masalah saat menggunakan produk atau layanan Anda.

Ini juga merupakan cara yang tepat bagi anda untuk menunjukan kepada mereka mengenai cara menggunakan produk dan layanan Anda, sehingga mereka dapat mencegah kerusakan dan salah dalam penggunaan sekaligus dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara menyeluruh.

Untuk jenis video ini, sebaiknya Anda juga membagikan tips dan trik. Hal ini merupakan cara lain untuk menunjukkan keahlian dan penguasaan produk Anda.

10. Mengubah Konten Lama Menjadi Video

Jika Anda pernah membuat konten seperti artikel atau infografis, Anda dapat menghidupkannya kembali dengan mengubahnya menjadi video. Anda bisa mengubahnya menjadi video pendek atau animasi sederhana menggunakan editor video online gratis.

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Podcast Untuk Bisnis, Apa saja?

Aplikasi Pembuatan Video

Bekerja dengan tim desain internal adalah praktik umum untuk merek mapan dengan anggaran pemasaran yang besar. Namun, merek yang belum memiliki tim khusus memiliki beberapa trik untuk menarik lengan baju mereka.

Berikut beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat video profesional sendiri:

a. Doodly

Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat video Doodle Drag And Drop. Anda dapat membuat berbagai jenis video tanpa batas. Platform ini menggunakan teknologi Doodly Smart Draw, yang memungkinkan pengguna mengunggah gambar untuk render instan. Doodly dapat dioperasikan dengan perangkat Windows dan Mac.

b. Powtoon

Untuk Anda ingin membuat video dan animasi, alat pembuatan video yang satu ini menawarkan berbagai stok kartun yang dapat Anda gunakan dalam video. Ini mengkategorikan template menurut industri, acara, dan sejenisnya.

c. RendrFX

Bekerja dengan sistem Plug And Play, RendrFX menyediakan berbagai macam template video dari banyak kontributor. Anda dapat memanfaatkan RendrFX untuk membuat video iklan, tampilan slide, dan mengedit klip video menjadi satu video.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis

Itulah beberapa ide konten video untuk bisnis atau usaha yang dapat menarik banyak penonton. Sebelum anda membuat video sebaiknya anda mencari referensi terlebih dahulu Instagram, Facebook atau Youtube.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.