Faktor Penyebab Kebutuhan Manusia Tidak Terbatas

Selembar.com – Pernahkah membayangkan jika kebutuhanmu tidak terpenuhi? Bisa jadi kelangsungan hidupmu akan terganggu terutama untuk memenuhi kebutuhan primer.  lalu apakah kebutuhan itu?. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk menyejahterakan hidupnya. Orang membutuhkan sesuatu, karena tanpa sesuatu tersebut ia merasa kurang dalam hidupnya. Itulah sebabnya kebutuhan mencerminkan ketidakpuasan atau kekurangan dalam diri manusia.

Kebutuhan manusia sangatlah banyak baik berupa barang maupun jasa. Jika kita ditanya apa sajakah kebutuhanmu? Mungkin kita tidak akan bisa menyebutkan semuanya karena jumlahnya yang sangat banyak. Ketidak ter batasan kebutuhan manusia tentu saja disebabkan oleh beberapa faktor seperti Usia, Pendidikan, Teknologi, Pendapatan dan yang lainnya. Nah, berikut merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia tidak terbatas.

Faktor Penyebab Kebutuhan Manusia Tidak Terbatas

Faktor Penyebab Kebutuhan Manusia Tidak Terbatas

Manusia mempunyai kebutuhan yang sangat banyak dan beragam. Jika satu kebutuhan telah terpenuhi, maka kebutuhan yang lainnya akan muncul. Hal tersebut karena sifat kebutuhan tidak terbatas. Penyebab kebutuhan manusia tidak terbatas disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

1. Usia

Semakin bertambahnya umur manusia, maka kebutuhannya akan semakin meningkat. Saat masih bayi mungkin hanya membutuhkan susu dan popok. Saat semakin besar kebutuhannya semakin bertambah seperti membutuhkan bubur, mainan dan pakaian. Semakin bertambahnya usia maka kebutuhannya semakin beragam, makanan, pakaian dan yang lainnya. Hal tersebut menunjukan jumlah dan jenis kebutuhan berkembang seiring dengan bertambahnya usia.

2. Pendidikan

Kebutuhan manusia juga akan berkembang seiring dengan tingkat Pendidikan seseorang. Saat masih sekolah mungkin hanya membutuhkan buku, seragam dan peralatan sekolah. Namun setelah kuliah kebutuhannya akan bertambah lebih banyak.

Baca juga: Prinsip Ekonomi: Pengertian, Manfaat dan Contoh Penerapannya

3. Teknologi

Perkembangan teknologi yang sangat pesat akhir-akhir ini berpengaruh besar terhadap kebutuhan, seperti handphone, gadget, laptop, komputer dan yang lainnya terus berkembang baik model, fungsi maupun macam nya. Hampir semua orang ingin memiliki barang-barang tersebut agar tidak dianggap ketinggalan zaman sekaligus karena nilai praktisnya.

4. Pendapatan

Besar kecilnya pendapatan yang diterima oleh seseorang akan berpengaruh pada jumlah dan jenis kebutuhan yang harus dipenuhi. Saat pendapatan seseorang meningkat, kebutuhan hidupnya juga meningkat. Sebagai contoh seseorang mungkin akan mengganti motornya jika gajinya besar.

5. Jumlah Penduduk

Kebutuhan juga akan semakin meningkat jika jumlah penduduk bertambah. Banyaknya penduduk menyebabkan kebutuhan yang harus dipenuhi juga banyak.

6. Promosi Produk atau Iklan

Iklan dirancang untuk mempengaruhi konsumen bahwa suatu produk sesuai untuk memenuhi kebutuhan calon pembeli. Hal ini akan menyebabkan kebutuhan manusia meningkat karena perkembangan produk dan promosi yang semakin gencar dilakukan.

Baca juga: Tindakan Ekonomi: Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya

Nah itulah faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia tidak terbatas. selain beberapa faktor diatas tentunya masih banyak faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia tidak terbatas.

Tags:

Leave a Reply