7 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Ide Usaha Modal Kecil Minim Pesaing – Salah satu pertimbangan saat mau memulai usaha adalah dengan melihat ketersediaan modal dan tingkat persaingan. Jika modal yang tersedia sedikit jenis usaha yang bisa dipilih pun lebih terbatas.

Selain itu, makin banyak pesaing, maka makin sulit bagi kita untuk mendapatkan pelanggan. Itulah mengapa pelaku bisnis pemula kerap mencari ide-ide baru mengenai usaha modal kecil dan minim pesaing.

Nah, jika modal yang kamu punya tidak banyak dan kamu ingin jenis usaha yang minim pesaing, beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berikut bisa kamu pertimbangkan.

Ide Usaha Modal Kecil yang Minim Pesaing

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

1. Berjualan Bahan Makanan dan Buah Langka

Berjualan bahan makanan adalah bisnis yang menjanjikan karena tidak pernah sepi pembeli. Akan tetapi, jika terjun ke bisnis ini, kamu akan menghadapi banyak pesaing. Penjual bahan makanan seperti beras, telur, dan minyak goreng dapat kita temui di mana-mana, mulai dari warung kelontong, pasar tradisional, minimarket, hingga supermarket.

Untuk itu, cobalah menjual bahan makanan langka untuk meminimalkan persaingan. Misalnya, kamu bisa menjual beras hitam, kembang tahu, dan garam hitam. Selain itu, kamu juga bisa menjual buah-buahan langka seperti buah lai, buah carica, buah jamblang, dan buah cempedak.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Kecil

2. Usaha Jamu Keliling

Salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah berjualan jamu keliling. Modal untuk menekuni usaha ini tidak terlalu besar. Sebab, harga bahan-bahan untuk membuat jamu seperti kunyit, temu lawak, kencur, dan bratawali biasanya cukup terjangkau.

Peralatan untuk berjualan jamu juga cukup sederhana. Kamu cukup menyediakan botol, sendok, handuk, gelas, serta bakul dan selendang jika ingin berjualan jamu gendong. Sebaliknya, kamu hanya membutuhkan gerobak atau sepeda jika akan berjualan jamu dorong.

Berjualan jamu keliling adalah usaha yang minim persaingan. Hal itu disebabkan karena di zaman sekarang, penjual jamu keliling makin jarang dijumpai. Inilah kesempatanmu untuk terjun ke bisnis ini. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan pembeli, karena kebanyakan masyarakat Indonesia sangat suka mengkonsumsi jamu.

3. Bisnis Lukisan dan Kaligrafi

Secara naluri, manusia menyukai keindahan. Jadi, tak heran jika banyak dari mereka yang mendekorasi rumahnya dengan lukisan dan kaligrafi untuk mempercantik interior rumah. Nah, kamu bisa memanfaatkan situasi ini dengan menggeluti usaha lukisan dan kaligrafi.

Bisnis lukisan dan kaligrafi adalah usaha modal kecil yang cocok jika kamu seorang seniman yang pandai melukis atau menulis kaligrafi. Hal yang terpenting adalah kamu harus mempunyai daya kreativitas yang tinggi. Untuk cara kerjanya, kamu bisa melukis sesuai pesanan seperti jasa melukis wajah, bisa juga menjual lukisan atau kaligrafi yang sudah jadi.

4. Usaha Modal Kecil Jualan Ikan Hias

Bisnis ikan hias bisa jadi bukan termasuk usaha modal kecil jika yang kamu jual adalah ikan arwana, ikan koi, atau ikan mahal lainnya. Namun, jika kamu memulai dengan berjualan ikan cupang, ikan guppy, dan ikan mas koki, kamu tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Usaha ini termasuk usaha yang minim persaingan karena target pasarnya lebih terbatas, yakni para pencinta ikan hias.

Baca juga: 10 Ide Konten Video Untuk Bisnis yang Menarik Penonton

5. Bisnis Sewa Payung

Jika kamu ingin terjun ke dunia usaha, kamu harus pandai mencari peluang yang ada. Saat musim hujan, misalnya, sewa payung bisa menjadi ide bisnis. Namun sayangnya, bisnis ini cukup berisiko. Dilansir dari laman berita online, startup asal Tiongkok dilaporkan kecolongan hampir 300 ribu unit payung dari bisnis sewa payung mereka. Ngeri juga ya.

Nah, untuk meminimalkan risiko, kamu bisa menyewakan payung bukan untuk dibawa pulang, melainkan untuk digunakan dan langsung dikembalikan di tempat begitu hujan reda. Untuk melakukan ini, kamu bisa menyewakan payung di tempat wisata. Dengan begitu, pengunjung tetap bisa berjalan-jalan tanpa basah kehujanan.

6. Bisnis WiFi Rumahan

Bisnis WiFi rumahan bisa kamu tekuni jika tinggal di desa atau tetangga sekitar tidak memasang WiFi sendiri. Kamu bisa memberikan tetanggamu akses ke WiFi kamu dan menarik iuran kepada mereka. Tidak ada pesaing untuk bisnis ini karena hanya ditujukan untuk tetangga-tetangga sekitar.

7. Usaha Modal Kecil Jualan Pupuk Kompos

Terakhir, bisnis minim persaingan lainnya yang bisa kamu coba adalah usaha pupuk kompos. Modal yang diperlukan untuk usaha ini tidak besar karena bahan dasarnya berasal dari sampah organik. Kamu bisa membuat produk pupuk kompos baik dalam bentuk serbuk maupun cair.

Baca juga: 7 Usaha Sampingan di Rumah untuk Tambah Penghasilan

Itulah beberapa contoh usaha modal kecil yang minim pesaing dan bisa kamu coba. Apakah kamu tertarik? semoga apa yang sudah disampaikan di atas bisa bermanfaat.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.