Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengetahui IMEI Handphone

Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengetahui IMEI Handphone – Mungkin kalian pernah mendengar istilah IMEI, terutama untuk kamu yang kerap mengotak-atik Handphone. Kode ini merupakan kode yang sangat penting meskipun pada kenyataannya beberapa orang malah mengabaikan kode tersebut karena menganggap bahwa IMEI merupakan kode biasa yang tidak akan berpengaruh untuk mereka.

Padahal sekarang pencurian maupun pembobolan smartphone sudah marak. Maka dari itu, kode IMEI sangat penting karena akan dapat membantu melindungi Handphonemu dari pencurian maupun orang-orang yang mau membobol dan mengambil identitas penting.

Pengertian IMEI

Apa itu IMEI? Bagaimana cara mengetahui IMEI handphone? Sebelum masuk ke pembahasan langkah-langkah yang harus kamu lakukan ketika ingin mengganti IMEI, sekarang kamu harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dan fungsi IMEI. IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity merupakan sebuah nomor identitas yang dimiliki oleh handphone android.

Perlu kamu tahu bahwa setiap ponsel memiliki IMEI yang tidak sama. Hal ini karena IMEI merupakan identitas pada Handphone sehingga tidak heran jika satu Handphone dengan Handphone yang lainnya memiliki IMEI yang tidak sama. Kode IMEI berjumlah 14 digit. Namun beberapa Handphone keluaran terbaru diketahui memiliki nomor IMEI berjumlah 16 digit. Lalu kira-kira apa sih fungsi IMEI? Apakah memang penting untuk mengetahui IMEI? Berikut ini kami akan menjelaskan kepada kamu semua tentang apa saja fungsi yang dimiliki oleh IMEI.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Google di Android

Fungsi IMEI

Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengetahui IMEI Handphone

Fungsi utama IMEI adalah untuk mengidentifikasi ponsel. Selain itu, IMEI juga dapat digunakan untuk memblokir maupun mencegah agar supaya Handphone yang kamu gunakan tersebut tidak bisa diakses oleh jaringan seluler. Itu artinya, ketika kamu kehilangan ponselmu, maka kamu bisa meminta provider untuk melakukan pemblokiran terhadap Handphone-mu tersebut. Caranya cukup dengan mengirimkan kode IMEI. Selain itu, ketika polisi hendak menyelidiki smartphone biasanya akan meminta atau mencari kode IMEI dari smartphone tersebut.

Cara Mengetahui IMEI Handphone

Sebelumnya kamu sudah mengetahui pengertian dan kegunaan IMEI. Nah, sekarang kamu juga harus tahu bagaimana cara melihat IMEI. Oke langsung sama simak penjelasan di bawah ini:

  1. Langkah pertama, kamu masuk ke menu Panggilan
  2. Setelah itu, kamu ketikkan kode *#06#.
  3. Sekarang seharusnya kamu sudah bisa melihat kode IMEI pada Handphone-mu.

Cara diatas merupakan cara termudah dan menjadi cara yang sering digunakan untuk mengetahui IMEI. Cara di atas juga merupakan cara yang bisa diterapkan untuk semua merk smartphone. Namun sebenarnya ada cara khusus yang hanya diterapkan pada beberapa Handphone tertentu saja. Berikut ini cara-cara tersebut:

  • Untuk para pengguna iOS, seperti iPhone, 3G iPad, dan LTE, masuk ke Settings – General – About.
  • Sementara untuk para pengguna android, masuk ke About Phone yang adai di menu Settings
  • Lalu para pengguna Sony Ericsson (versi lama), cukup dengan mengetikkan *kanan*kiri kiri*kiri dengan menggunakan keypad.
  • Lalu bagi pengguna yang memiliki Handphone Sony Ericsson baru maupun Blackberry model lama, maka tinggal masuk ke Options – Status.

Semua perintah tersebut bisa kamu gunakan dengan menyesuaikan tipe atau merk Handphone. Kamu bisa langsung mendapatkan informasi tentang kode IMEI. Bagaimana? Tentu cara-cara yang kami jelaskan di atas tidak sulit. Setelah kamu mengetahui nomor IMEI Handphone-mu, jangan lupa untuk mencatatnya dan kemudian harus kamu simpan baik-baik.

Baca juga: Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot

Sebagai tambahan informasi, untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai kode IMEI, kamu bisa mengunjungi situs IMEI.info. Di sana kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai IMEI. Semoga informasi ini bermanfaat.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.