Cara Cek IMEI Ponsel di Kemenperin, Resmi atau Tidak

Selembar.com – Sudahkah kamu cek IMEI ponsel yang kamu miliki? Jika belum tau caranya, simak langkah cara cek IMEI ponsel di Kemenperin berikut ini.

IMEI merupakan singkatan untuk International Mobile Equipment Identity yakni identitas sebuah ponsel yang terdiri dari asal negara, nomor model ponsel, dan dari pabrik mana ponsel tersebut dibuat. Ponsel legal umumnya terdaftar pada Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin).

Nyatanya aturan pendaftaran IMEI ponsel telah disahkan oleh pemerintah sejak 18 Oktober 2019. Terdapat pula sistem SIBINA guna mengetahui IMEI ponsel yang beredar di tanah air. Cara cek IMEI ponsel di Kemenperin tidaklah sulit Berikut beberapa langkahnya yang bisa kamu lakukan:

Cara Cek IMEI Ponsel di Kemenperin, Resmi atau Tidak

Mengecek di Laman Kemenperin

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah menuju lama Kemenperin yakni Imei.kemenperin.go.id. Masukan 14-16 Nomor IMEI ponsel kamu pada kolom pencarian. Selanjutnya search maka data IMEI ponsel kamu otomatis akan muncul. Bila belum terdaftar akan ada notifikasi bahwa nomor IMEI tidak terdaftar. Jika belum jelas berikut tutorialnya:

1. Catat terlebih dahulu nomor Imei ponsel anda. untuk mengecek bisa anda tekan tombol *#06#.

2. Selanjutnya buka browser (misal google chrome) dan kunjungi situs https://imei.kemenperin.go.id/. Jika sudah tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

Mengecek di Laman Kemenperin

3. Kemudian masukan nomor imei ponsel anda pada kotak pencarian.

4. Apabila nomor Imei ponsel anda terdaftar di kemenperin maka muncul pesan “IMEI terdaftar di database Kemenperin“, berikut contohnya.

cek imei di situs kemenperin

Baca juga: Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Cek IMEI pada Ponsel

Untuk mengetahui berapa nomor IMEI ponsel bisa dilakukan dengan menekan tombol *#06#. Tidak perlu menekan tombol panggilan karena nomor serial IMEI akan otomatis muncul. Beberapa tipe ponsel tidak menyediakan fitur copy paste saat IMEI muncul. Kamu bisa menuliskannya di kertas untuk cek IMEI Kemenperin nanti.

Cara cek IMEI lain yang bisa kamu coba adalah melihat kardus ponsel atau stiker IMEI yang biasa berada pada bagian belakang body smartphone kamu. Saat mencarinya di bawah baterai smartphone matikan terlebih dahulu ponsel kamu. Beberapa tipe ponsel tidak dirancang untuk mampu membuka bagian cangkang atau body belakang ponsel.

Misalnya saja untuk cara cek IMEI Samsung ada baiknya dengan menggunakan tombol *#06# Hal ini karena merk HP ini memiliki desain unibody sehingga baterai dan badan ponsel menyatu secara kuat dan tidak mungkin untuk dilepas.

Cara Cek IMEI Android dan iPhone

Ada beberapa langkah untuk mengetahui IMEI ponsel kamu tergantung apakah ponselmu tergolong Android atau iPhone. Untuk mengecek IMEI iPhone bisa dengan menggunakan cara dibawah ini :

  • Bisa dicek di bagian belakang ponsel khususnya untuk iPhone 5 dengan 15 variasi nomor
  • Untuk iPhone versi lama IMEI terletak dibagian wadah kartu GSM
  • Kamu juga bisa melihat IMEI pada setting iPhone. Caranya buka Setting=> General=> IMEI. Untuk menyalinnya cukup tekan pada serial nomor IMEI beberapa detik hingga muncul notifikasi bahwa nomor IMEI sudah tersalin.
  • Cek IMEI pada iPhone bisa pula dilakukan melalui iTunes. Langkahnya buka iTunes=> Summary=> Phone Number maka IMEI akan langsung muncul

Sementara untuk ponsel dengan sistem Android memiliki perbedaan dalam cek IMEI. Terdapat dua cara untuk mengecek IMEI pada ponsel Android yakni sebagai berikut :

  • Tekan Setting/Setelan=> Tentang Telepon=> Status
  • Cara kedua yakni tekan Setting=> General=> Tentang Perangkat=> Status

Bagaimana Bila IMEI Tidak Muncul Dalam Kemenperin

Apabila nomor IMEI kamu tidak terdaftar dalam Kemenperin maka besar kemungkinan bahwa ponselmu merupakan produk black market. Ini artinya ponsel kamu masuk ke wilayah Indonesia secara ilegal. Oleh karena itu pemerintah akan memblokir jaringan ponsel sehingga ponselmu tidak bisa digunakan untuk koneksi internet dan jaringan komunikasi.

Aturan ini mulai berlaku untuk ponsel yang dibeli setelah aturan Kemenperin terkait IMEI diberlakukan. Ponsel tersebut hanya akan bisa digunakan untuk foto maupun video saja. Ponsel yang terblokir ini ada kemungkinan dapat digunakan di negara lain selama negara tersebut tidak menerapkan aturan blokir IMEI.

Baca juga: Cara Mengganti Font di Android Dengan & Tanpa Aplikasi

Itulah tadi cara cek IMEI ponsel di Kemenperin yang wajib kamu ketahui. Saat membeli ponsel tidak ada salahnya mengecek registrasi IMEI ponsel tersebut di tempat. Semoga bermanfaat

Leave a Reply