Cara Cek Imei HP Samsung Paling Mudah dan Akurat

Cara Cek Imei HP Samsung – IMEI biasanya digunakan untuk mengetahui keaslian ponsel, dan setiap ponsel memiliki IMEI yang berbeda. Simak cara mudah cek IMEI di hp Samsung berikut ini.

Banyak orang yang kurang paham apa itu International Mobile Equipment Identity (IMEI) dari sebuah HP. Padahal nomor unik ini sangat penting, untuk memastikan keaslian sebuah produk, salah satunya produk HP Samsung. Makanya ketika dibutuhkan, banyak yang bingung bagaimana cara cek IMEI HP Samsung.

Selain menentukan keaslian, nomor ini juga banyak digunakan untuk mengidentifikasi lokasi HP yang dicuri dan melakukan pemblokiran saat sebuah HP digunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

Cara Cek IMEI HP Samsung Yang Mudah dan Akurat

Kamu bisa menggunakan salah satu dari empat cara dibawah ini, untuk mengetahui IMEI HP Samsung. Cukup mengandalkan ponsel tersebut untuk cek IMEI Samsung asli apa palsu, karena beberapa lokasi di ponsel menyimpan data nomor unik tersebut.

1. Pada Box Pembelian

Cara Cek IMEI HP Samsung Yang Mudah dan Akurat

Ketika membeli HP, di bagian box HP tersebut akan terdapat beberapa informasi penting. Mulai dari model HP, barcode, dan juga nomor IMEI. Tinggal catat dan gunakan sesuai kebutuhan kamu.

2. Bagian Belakang Baterai

Sama halnya dengan box HP, pada bagian belakang baterai asli bawaan HP Samsung juga terdapat informasi nomor IMEI asli. Kamu bisa mengeceknya, lalu bandingkan dengan nomor yang tertera pada box HP, jika sama maka tandanya HP tersebut asli.

3. Tanya Operator (dial *#06#)

mengetahui imei dengan dial number

Cara selanjutnya adalah dengan meminta informasi pada operator melalui cek IMEI Samsung online, tekan *#06#, lalu lanjutkan dengan tekan pemanggilan seperti saat kamu menelepon seseorang. tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul notifikasi nomor IMEI asli dari ponsel tersebut.

4. Setting HP

mengetahui imei di menu setting

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah melalui menu setting, dimana kamu bisa pilih menu setting pada layar ponsel kemudian klik about phone. Selanjutnya akan ada kode IMEI yang terdapat pada menu tersebut.

Untuk memastikan HP Samsung kamu asli, bisa membandingkan semua nomor yang didapat dari empat cara di atas. Kalau semuanya sama dan identik maka HP dipastikan asli, tapi kalau ada nomor yang beda patut dipertanyakan keaslian HP tersebut. Kamu bisa langsung pakai cara mendaftarkan IMEI untuk memastikan keaslian HP.

Baca juga: Cara Mengganti Font di Android

Karakteristik Nomor IMEI HP Samsung

Terdapat beberapa karakter unik yang dimiliki nomor IMEI pada setiap HP di dunia, hal itulah yang kemudian membedakannya dengan nomor identifikasi lain. Kamu wajib tahu karakteristiknya, agar tidak salah mengenali nomor tersebut.

Pertama adalah jumlah angka yang terdapat pada nomor IMEI, untuk HP keluaran lama biasanya angkanya berjumlah 14 digit, sedangkan HP jenis baru memiliki nomor IMEI 16 digit. Coba kamu cek berapa digit nomor IMEI pada HP. Cek garansi Samsung juga terkadang melibatkan nomor ini jadi pastikan kamu mengerti karakteristik nomor tersebut.

Kedua adalah format dari kode IMEI adalah AA-BBBBBB-CCCCCC-D, yang masing-masing memiliki arti sendiri. Mulai dari AA yang merupakan identifikasi untuk laporan terkait grup GSMA yang sudah disetujui produsen. Sedangkan B merupakan pengingat untuk jenis kode alokasi produk HP tersebut atau biasa disebut Type Allocation Code (TAC).

Lalu C merupakan sebuah urutan dari nomor serial model HP tersebut, dan D merupakan pengecekan Luhn secara digital untuk semua model HP Samsung, bisa dibilang ini juga jadi algoritma tertentu yang jadi cara validasi nomor seri HP.

Baca juga: Cara Menghapus Virus di Android Secara Total

Jadi sangat penting untuk mengetahui cara cek IMEI HP Samsung, karena akan berkaitan langsung dengan keaslian HP, pemblokiran saat HP dicuri, dan membuka informasi penting ketika ponsel terkunci. Apakah kamu sudah tahu nomor IMEI HP mu? Ayo cek sekarang!

Leave a Reply