6 Cara Mengatur Suara di Handphone Tanpa Tombol Volume

Cara Mengatur Suara di Handphone Tanpa Tombol Volume – Adanya tombol Volume di handphone di sisi kanan maupun kiri bukan tanpa alasan. Ini bertujuan untuk memudahkan penggunanya mengatur volume pada handphone, entah itu mengeraskan atau mengecilkan suara dengan mudah.

Tombol volume pada handphone termasuk tombol yang sering kali digunakan, entah itu saat memutar musik, nonton video, bermain game, telepon, video call dan yang lainnya. Karena digunakan secara terus menerus, tak heran jika tombol volume mengalami kerusakan.

Kerusakan yang terjadi pada tombol volume di handphone juga bukan karena pemakaian saja, terjatuh atau terbentur benda keras juga dapat membuat tombol rusak.

Lalu bagaimana cara mengatur volume di handphone jika tombolnya rusak? Tenang saja, jika tombol volume di handphone mu rusak, ada beberapa cara alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengeraskan dan mengecilkan suaranya. Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Mengatur Suara di Handphone

6 Cara Mengatur Suara di Handphone Tanpa Tombol Volume

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatur volume, jika tombol volume di handphone rusak.

1. Mengatur Suara di Handphone Melalui Menu Pengaturan

Cara alternatif yang paling mudah untuk mengatur volume handphone, selain menggunakan tombol volume yaitu melalui menu pengaturan. Kamu cukup buka menu Pengaturan dan pilih opsi Suara. Di sini kamu akan menemukan semua kontrol volume, mulai dari volume media, panggilan, dering, alarm dan yang lainnya.

Mungkin ini bukan cara yang cepat untuk mengatur volume, tapi cara ini bisa kamu lakukan jika kamu belum menyiapkan pintasan volume di layar.

2. Menambahkan Widget Suara

Ini adalah lanjutan dari cara yang pertama. Jika kamu bosan terus-menerus membuka opsi suara dari menu pengaturan, kamu bisa membuat widget ke pengaturan khusus suara. Sehingga kamu bisa mengaksesnya dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Untuk membuatnya tekan lama pada layar beranda dan pilih opsi widget untuk membuka panel widget.
  • Kemudian, di panel widget, kamu scroll ke bawah dan tekan agak lama pintasan Setelan.
  • Selanjutnya pada pintasan setelan kamu pilih Suara.
  • Sekarang kamu sudah berhasil membuat pintasan suara, kamu bisa menggunakan pintasan tersebut untuk mengatur volume di handphone mu setiap saat.

3. Menggunakan Asisten Suara

Cara lain yang mudah dan cepat untuk mengatur suara jika tombol volume rusak yaitu menggunakan asisten suara, seperti Google Assistant atau Bixsy. Karena Google Assistant tersedia hampir di semua handphone Android, sedangkan Bixsy hanya tersedia di handphone Samsung. Jadi cara di bawah ini menggunakan Google Assistant, berikut langkah-langkahnya.

  • Pastikan kamu telah mengaktifkan Google Assistant di handphone-mu.
  • Untuk mengaktifkannya buka Aplikasi Google>Profil>Setelan>Asisten Google.
  • Jika sudah, katakan saja “Hai Google, Tambahkan Volume“, Nanti Asisten Google akan menambah sedikit volume di handphone-mu.
  • Jika kamu bosan mengatakan “Hai Google” setiap saat, kamu juga bisa hanya menekan tombol Beranda di handphone mu agak lama hingga muncul “Asisten Google”, lalu katakan “Tambahan Volume atau Kurangi Volume”.

Baca: 3 Cara Mengubah Tampilan Panggilan Masuk HP Samsung

4. Menggunakan Menu Aksesibilitas

Jika kamu tidak ingin mengatur volume melalui menu setelan karena butuh waktu untuk membuka menu setelan atau asisten google karena menggunakan suara, sehingga menarik banyak perhatian dan tidak cocok digunakan di tempat umum. Kamu bisa menggunakan menu Aksesibilitas.

Dengan menggunakan menu Aksesibilitas, kamu juga dapat mengubah Volume saat menggunakan aplikasi apapun. Kamu juga tidak bergantung pada kontrol suara, sehingga dapat mengatur suara lebih cepat. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama buka aplikasi Setelan, dan pilih opsi Aksesibiltas.
  • Selanjutnya, scroll ke bawah dan pilih Menu Aksesibilitas.
  • Pada halaman menu Aksesibilitas, kamu geser toggle ke kanan untuk menggunakan layanan. Nanti akan muncul pop-up pemberitahuan, klik OKE untuk mengkonfirmasi.
  • Kemudian, kamu akan melihat pintasan di sisi layar, tekan untuk membuka menu aksesibilitas. Di sana juga terdapat tombol Volume naik dan Volume turun.

Pintasan ini akan terlihat di samping layar ketika kamu membuka aplikasi apa pun, seperti Youtube, Game yang paling membutuhkan setelan volume.

5. Menggunakan Tombol Pada Headphone atau Earphone

Alternatif lain untuk mengeraskan dan mengecilkan volume handphone yaitu menggunakan tombol yang ada di headphone atau earphone. Bahkan jika kamu menggunakan TWS, sebagian besar earphone dilengkapi dengan pengaturan volume gerakan. Namun opsi ini berfungsi pada beberapa earphone dan untuk sementara tidak berfungsi di yang lainnya.

Selain itu, fungsinya juga tergantung merek dan model produk. tetapi jika perangkat audiomu memiliki tombol volume, ini merupakan cara yang jauh lebih baik untuk mengatur volume pada handphone Android mu. Dari pada menggunakan cara lain yang sudah disebutkan di atas.

6. Mengatur Suara di Handphone dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mencoba aplikasi pihak ketiga untuk mengontrol volume handphone Android mu. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan pengguna Android adalah Assistive Volume Button, yang bisa kamu instal melalui Play Store.

Mirip dengan menu aksesibilitas, tombol pintasan kecil akan diletakkan di layar handphone mu. Meskipun kamu harus menggunakan tombol volume atas dan bawah di sana, aplikasi ini memberimu pengatur volume yang bersih.

Keuntungan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang satu ini adalah kamu bisa menyesuaikan tampilan pengaturan volume-nya, kamu bisa mengubah volume slide seperti nada dering, media alarm, notifikasi dan lainnya. Juga terdapat lebih banyak opsi penyesuaian ukuran pintasan di layar handphone– mu, transparansi dan lain-lain.

Secara keseluruhan, aplikasi ini memberimu tombol fisik dan menjadikannya virtual dengan pilihan gaya tambahan.

Baca : 7 Cara Mengatasi HP Samsung Cepat Panas, Mudah Dan Cepat

Nah itulah beberapa cara mengatur suara di Android tanpa tombol volume yang bisa kamu coba jika tombol volume di handphone-mu rusak. Dari beberapa cara di atas kamu bisa memilih dan menggunakan cara yang menurutmu terbaik.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *