7 Cara Mengatasi HP Samsung Cepat Panas, Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi HP Samsung Cepat Panas – Panas yang berlebih tidak baik untuk perangkat apapun, termasuk handphone. Handphone yang terlalu panas tidak nyaman untuk digenggam. Selain itu juga dapat merusak komponen internal Handphone dan juga kinerjanya.

Salah satu alasan umum mengapa HP cepat panas adalah kecerahan layar terlalu tinggi. Jika menyesuaikan kecerahan layar secara manual membuatmu bosan, kamu bisa mengaktifkan fitur kecerahan layar otomatis. Penggunaan aplikasi yang berlebihan juga dapat membuat handphone cepat panas. Misalnya jika kamu menggunakan kamera untuk merekam video dengan kualitas tinggi atau bermain game dengan grafik tinggi.

Selain yang sudah disebutkan diatas tentunya masih banyak lagi penyebab handphone cepat panas, seperti menggunakan handphone saat di Charge, menonton video streaming, kinerja prosesor, menjalankan banyak aplikasi, keadaan lingkungan yang panas dan lain-lain.

Dengan berbagai macam penyebab HP cepat panas yang berpotensi akan merusak perangkat. Bagi pengguna Samsung, kini kamu tidak perlu khawatir, karena beberapa cara berikut ini akan mengatasi suhu handphone Samsung milikmu agar tidak cepat panas. Berikut selengkapnya:

Cara Agar HP Samsung Tidak Cepat Panas

Cara Agar HP Samsung Tidak Cepat Panas

Berikut adalah beberapa cara yang biasa kamu lakukan jika handphone Samsung cepat panas, diantaranya yaitu:

1. Optimalkan Handphone Dengan Perawatan Perangkat

Fitur ini bisa mengoptimalkan kinerja handphone menjadi lebih baik, dengan membersihkan memori, menghapus file yang tidak perlu dan menutup aplikasi latar belakang. Ini akan mengurangi beban kinerja prosesor dan menjadikan handphone-mu lebih dingin dan cepat. Untuk cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama buka aplikasi Setelan di handphone Samsung milikmu, lalu buka menu opsi Perawatan Perangkat.
  • Kemudian, tekan Optimalkan Sekarang, jika sudah tekan Selesai.

2. Menonaktifkan Pengisian Cepat Jika Tidak Diperlukan

Handphone Samsung sekarang mendukung pengisian cepat, yang dapat mengisi daya dalam hitungan menit. Namun, saat kamu menggunakan pengisian cepat, suhu pengisian daya lebih tinggi dari biasanya. Salah satu cara untuk menghindarinya yaitu dengan menonaktifkan fitur pengisian cepat saat kamu tidak membutuhkannya. Nah, untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Mula-mula, buka aplikasi Setelan dan pilih Perawatan Perangkat.
  • Kemudian pilih opsi Baterai, dan scroll ke bawah tekan Setelan Baterai Lainnya.
  • Selanjutnya kamu, nonaktifkan Fast Charging, Super Fast Charging dan Fast Wireless Charging.

Baca: 40+ Kode Rahasia Samsung Android Dan Fungsinya

3. Batasi Proses Yang Berjalan Di Latar Belakang

Menjalankan terlalu banyak aplikasi sekaligus juga dapat menurunkan kinerja HP Samsung milikmu dan menjadi terlalu panas. Terutama jika handphone-mu bukan HP Flagship. Jika kamu tidak terbiasa menghapus aplikasi dari menu aplikasi terbaru, kamu bisa membatasi jumlah proses latar belakang yang disimpan pada handphone. Berikut ini adalah caranya:

  • Buka aplikasi Setelan, lalu scroll kebawah tekan Tentang Ponsel.
  • Selanjutnya, buka Informasi Perangkat Lunak dan tekan nomor build 7 kali. Cara ini adalah untuk membuka Opsi Pengembang di handphone Samsung-mu.
  • Kemudian, kembali ke Setelan dan tekan Opsi Pengembang.
  • Tekan batas Proses Latar Belakang dan pilih jumlah proses latar belakang yang kamu inginkan.

4. Matikan Layanan Yang Tidak Di Inginkan

Tanpa kamu sadari saat kamu sedang menggunakan handphone, beberapa layanan seperti Wifi, Bluetooth, NFC, Maps dan yang lainnya tetap berjalan di latar belakang, karena kamu lupa mematikannya. Misalnya, jika kamu mengaktifkan Bluetooth tetapi handphone tidak tersambung ke perangkat, HP akan terus memindai perangkat terdekat.

Hal ini tidak hanya menguras baterai, tetapi terkadang juga menyebabkan membuat HP panas. Jadi, sebaiknya matikan layanan tersebut saat tidak digunakan.

5. Pindai HP Samsungmu dari Malware

Apabila HP Samsungmu Terinfeksi virus atau malware, HP akan menjadi terlalu panas meskipun kamu tidak menggunakannya. Ini terjadi ketika malware mencoba mengestrak data dan mengambil informasi pribadimu untuk tujuan terlarang. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan fitur perlindungan perangkat di handphone Samsung mu untuk memindainya.

  • Buka Setelan dan pilih Perawatan Perangkat.
  • Selanjutnya pilih opsi Perlindungan Perangkat dan tekan tombol Pindai Telepon untuk melakukan pemindaian.

Nanti, jika ditemukan ancaman virus atau aplikasi yang berbahaya, ikutilah langkah-langkah untuk menghapusnya.

6. Periksa Aplikasi Berbahaya

Google Play Protect merupakan fitur perlindungan dari malware yang memeriksa aplikasi di handphone Android. Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut berbahaya dan membuat HP terlalu panas. Untuk caranya kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka aplikasi Google Play Store dan tekan gambar profilmu yang ada di sudut kanan atas.
  • Kemudian kamu pilih Play Protect dan tekan tombol Pindai untuk melakukan proses pemindaian.

Apabila Google Play Protect menemukan aplikasi berbahaya, kamu harus segera mencopot pemasangan aplikasi tersebut.

7. Periksa Kesehatan Baterai HP Samsungmu

Jika tidak ada cara yang berhasil, ada kemungkinan kesehatan baterai handphone mu menurun secara signifikan dan perlu diganti. Tidak seperti pada iOS, Android tidak menyediakan fitur bawaan untuk memeriksa kesehatan baterai. Namun, Samsung merupakan salah satu dari sedikit produsen Android yang menyertakan metode untuk memeriksa kesehatan baterai. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Mula-mula buka aplikasi Anggota Samsung di handphone, arahkan ke tab Dukungan dan tekan Lihat Tes.
  • Kemudian, tekan Status Baterai dan lihat tampilan Kesehatan Baterai handphone-mu dari menu.

Jika tertulis lemah, kamu harus mengganti baterai untuk menghindari masalah panas berlebih. Dan apabila tertulis Baik atau Normal, tandanya baterai handphone-mu baik-baik saja.

Baca: 3 Cara Reset HP Samsung Agar Kembali Seperti Baru

Nah, itulah beberapa cara agar HP Samsung tidak cepat panas yang bisa kamu lakukan. Selain menggunakan cara yang disebutkan di atas kamu juga harus me-reboot handphone sesekali dan terus meng-update aplikasi serta perangkat lunak ke yang terbaru untuk menghindari gangguan dan bug pada handphone.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *