Cara Mengaktifkan Mode Gelap di WhatsApp & Manfaatnya

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di WhatsApp – Saat ini WhatsApp telah hadir dalam versi dark mode loh. Bagaimana cara mengaktifkan mode gelap di WhatsApp kamu? Lalu apa saja manfaat dari mode gelap ini?

Penggila gadget atau pengguna smartphone yang aktif tentu menginginkan kenyamanan saat menggunakan gadget.

Salah satu cara untuk meningkatkan rasa nyaman selama menggunakan gadget adalah dengan mengatur tingkat cahaya dan mode pada aplikasi smartphone.

Bagi kamu pengguna rutin WhatsApp, saat ini aplikasi chatting paling populer ini sudah tersedia dalam mode gelap untuk menunjang rasa nyaman kamu saat chatting.

Bagaimana cara mengaktifkan mode gelap pada WhatsApp? Berikut penjelasannya.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di WhatsApp

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di WhatsApp

Langkah-Langkah Mengaktifkan Mode Gelap di WhatsApp

1. Bagaimana langkah mengaktifkan mode gelap WhatsApp? Pertama, pastikan kamu update terlebih dahulu aplikasi WhatsApp pada smartphone kamu.

2. Seri aplikasi WhatsApp untuk mode gelap bagi android adalah versi 2.20.64 sedangkan bagi pengguna iOS adalah versi 2.20.30.

3. Setelah melakukan pembaruan, kamu buka aplikasi WhatsApp.

4. Kemudian kamu buka halaman chat atau obrolan.

5. Lalu perhatikan titik tiga yang ada pada bagian pojok kanan atas, kemudian klik.

6. Setelah terbuka akan ada pilihan berupa account/akun, chats/obrolan, notifications/pemberitahuan, data and storage/penggunaan data dan penyimpanan, dan bantuan/help.

7. Kamu klik bagian chats/obrolan.

Buka menu chat di setelan

8. Setelah kamu klik akan muncul pilihan display/tampilan.

9. Dibawahnya ada pilihan theme/tema.

Klik tema pada menu chat

10. Setelah itu kamu klik tema kemudian pilih light/terang atau dark/gelap, kemudian klik Oke.

Pilih mode gelap dan klik oke

11. Selamat! Kamu sudah dapat menikmati tema gelap pada WhatsApp kamu!

Baca juga: Cara Backup Chat WhatsApp Ke Google Drive

Manfaat dari Mode Gelap pada WhatsApp

Mungkin banyak dari kamu ada yang bertanya apa manfaat dari mode gelap pada WhatsApp? Bukankah tanpa mode gelap sekalipun fungsi WhatsApp sudah cukup mumpuni?

1. Membuat Tampilan Lebih Elegan

Warna gelap pada aplikasi dapat membuat tampilan lebih elegan dan mewah daripada warna yang terlalu terang.

2. Membantu Mereka yang Menderita Fotofobia

Salah satu manfaat mode gelap pada WhatsApp adalah dapat mengurangi rasa tidak nyaman bagi penderita Fotofobia. Fotofobia adalah ketakutan yang abnormal terhadap cahaya.

3. Mengurangi Silau

Pernahkah kamu merasa kesal saat dalam bioskop ada yang menyalakan gadget dengan sinarnya yang menyilaukan? Mode gelap WhatsApp dapat meminimalisir cahaya silau yang timbul ketika menggunakan whatsaap pada tempat gelap.

4. Membuat Mata tidak Cepat Lelah

Salah satu manfaat mode gelap WhatsApp bagi mata adalah mengurangi kelelahan mata akibat paparan cahaya terang.

Sinar terang dari layar smartphone biasanya mengandung cahaya biru. Bila mata terus menerus terpapar oleh cahaya biru ini dapat mengakibatkan mata lelah, bahkan bila terpapar terus menerus dapat meningkatkan resiko kerusakan retina.

5. Mengurangi Emosi

Beberapa observasi menunjukkan bahwa intensitas cahaya dapat mempengaruhi ketenangan emosi seseorang saat menggunakan gadget.

Hal ini sangat efektif bagi pengguna sosial media karena tidak jarang saat seseorang membuka media sosial akan menemui postingan yang dapat memancing emosi mereka.

6. Membuat Baterai Lebih Tahan Lama

Apa yang paling mengganggu selain sinyal yang hilang? Tidak lain adalah baterai smartphone yang habis.
Tampilan gelap akan mengurangi penggunaan pixel pada smartphone. Terutama pada smartphone yang sudah menggunakan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode).

Pada smartphone jenis ini pixel akan tidak aktif ketika layar smartphone menggunakan warna hitam atau gelap. Dengan mengubah setelan aplikasi menjadi mode gelap pada WhatsApp akan menghemat penggunaan baterai smartphone kamu.

Baca juga: Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus

Seiring perkembangan teknologi, para developer aplikasi menawarkan banyak kemudahan serta kenyamanan bagi para penggunanya. Dan salah satunya adalah sebuah fitur sederhana namun efektif dan efisien berupa mode gelap WhatsApp.

Semoga tutorial mengenai cara mengaktifkan mode gelap di WhatsApp serta informasi tambahan mengenai manfaat mode gelap ini dapat berguna bagi kamu yang membutuhkan.

Leave a Reply