Cara Membuka File Rar dan Zip di Android

Cara Membuka File Rar dan Zip di Android

Cara membuka file Rar dan Zip di Android ini memang tak banyak yang tahu. Beda sama di PC, rata-rata sudah pada tahu. Padahal, caranya gampang loh!. yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kamu belum tahu cara membuka file Rar atau Zip di Android? Tenang, bukan hanya kamu saja. Secara fungsi, file dengan format Rar dan Zip memang efektif untuk mengarsipkan file-file dengan ukuran besar agar lebih ringan dan bisa dikirim dengan mudah.

Membuka file dengan kedua jenis format tersebut di android memang belum banyak yang tahu. Beda dengan membukanya di PC atau laptop.

Padahal, mungkin terkadang Kamu juga perlu membuka format tersebut di Android. Terlebih jika Kamu diburu waktu. Iya kan?

Maka mencari tahu cara untuk membuka file Rar dan Zip di Android adalah hal yang pas untuk Kamu lakukan.

Untungnya, caranya tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu memasang aplikasi untuk membantu keperluanmu dan memahami langkah penggunaannya.

Di Play store, ada beragam pilihan yang bisa Kamu gunakan. Dalam artikel ini, Kami akan ulas beberapa diantaranya.

Membuka File Rar dan Zip dengan ZArchiver

Zarchiver adalah aplikasi yang dirancang untuk dapat mengkompres beberapa macam file. Termasuk Zip dan Rar.

Berikut cara membuka file Rar dan Zip dengan Zarchiver:

1. Kamu download dulu aplikasi ini di Play store. Logonya berwarna hijau, downloadnya gratis? tentu saja.

2. Jika sudah di download dan terpasang, Kamu buka aplikasi tersebut. Jika sudah terbuka kemudian kamu pilih file Zip atau Rar yang ingin Kamu ekstrak.

Membuka File Rar dan Zip dengan ZArchiver

3. Untuk mengekstraknya tab saja pada file tersebut. Kemudian akan muncul beberapa opsi untuk mengekstrak folder dari Zip atau Rar tersebut ke dalam folder yang sama dan bisa juga ke folder yang baru. Pilih saja salah satunya.

Klik ekstrak dan tunggu sampai selesai

4. Selesai. Sekarang file dalam arsip Zip atau Rar milikmu sudah bisa dibuka.

Baca juga: Cara Backup Foto ke Google Drive dengan Mudah

Membuka File Rar dan Zip dengan Aplikasi RAR for Android

Aplikasi lain yang juga bisa membantumu membuka kedua file ini adalah RAR for Android yang dikembangkan oleh RARLab. Cara membuka file Zip dan Rar dengan aplikasi RAR ini kurang lebih sama dengan Zarchiver.

Hanya saja, aplikasi ini punya kemampuan lain. Yakni memperbaiki file Zip atau Rar milikmu yang rusak Namun untuk sekedar membuka file-nya, Kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

1. Kamu download aplikasi RAR di Play Store. Logonya berbentuk tumpukan file berwarna marun, biru, dan hijau. Pastikan terpasang.

2. Jika sudah berhasil dipasang, Kamu langsung buka saja aplikasi tersebut. Kemudian cari file yang ingin Zip atau Rar yang ingin Kamu buka.

3. Jika sudah ketemu tap saja file nya. Nanti akan muncul isi dari file Rar tersebut.

Pilih file yang akan di ekstrak

4. Kemudian kamu klik tombol ekstrak yang ada dibagian atas.

Membuka File Rar dan Zip dengan Aplikasi RAR for Android

5. Pilihlah direktori tempat Kamu akan menyimpan file yang sudah di ekstrak. Kamu bisa menyimpannya di tempat yang sama, namun bisa juga di tempat lain.

Memilih lokasi file hasil ekstrak

6. Terakhir tinggal kamu klik OK yang ada dibagian bawah.Tunggu file rar tersebut sudah berhasil di ekstrak.

Klik ok yang ada bagian bawah

Meggunakan Aplikasi ES File Explorer

Aplikasi terakhir yang bisa juga menjadi pilihanmu adalah aplikasi ES File Explorer. Aplikasi ini bisa mengelola banyak file, termasuk yang berformat Rar dan Zip.

Langkah untuk menggunakannya tak jauh beda dengan cara yang pertama dan kedua. Berikut caranya:

1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasinya. Logonya berupa map file berwarna biru dengan logo bertuliskan ES. Pasang di androidmu.

2. Jika sudah terpasang, bukan dengan mengetuk tulisan Start Now. Maka akan muncul banyak pilihan menu. Kamu pilih saja menu compressed atau di kompresi. Selanjutnya kamu pilih file yang akan di ekstrak.

Meggunakan Aplikasi ES File Explorer

3. Pada halaman file tersebut,  kamu centang file di ekstrak. Kemudian kamu klik tombol ekstrak yang ada di pojok kiri bawah. Selanjutnya klik OK.

Tap ekstrak dan klik OK

4. Tunggu hingga proses selesai.

Baca juga: Cara Membuat File RAR / ZIP di Komputer

Nah, Itulah beberapa cara untuk membuka file Rar/Zip di ponsel android. Bagaimana, mudah bukan? kamu bisa mencoba salah satu dari ketiga cara diatas. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya dari selembar.com, terimakasih.

Leave a Reply