Cara Membuat File RAR / ZIP di Komputer

Cara Membuat File RAR / ZIP di Komputer – Bertukar informasi, file dan data-data sudah menjadi kebiasaan wajar saat ini, apalagi bagi masyarakat urban yang notabene bekerja sebagai pegawai kantoran tentunya lekat dengan kegiatan tersebut. File-file saat ini memiliki ukuran yang beragam sesuai dengan jenis file tersebut, sebut saja file suara, gambar, bahkan video yang kini memiliki ukuran yang cukup besar. Terkadang untuk mengirim sebuah file kita perlu mengirimnya satu persatu dengan ukuran memori aslinya, sehingga dapat memberatkan saat proses pengiriman data apalagi jika mengirim melalui e-mail.

Di dunia komputer saat ini terdapat banyak cara untuk mengirim sebuah file atau beberapa file dengan mengirimkannya sekaligus, bagi sebagian orang mungkin sudah tahu dan pernah melakukannya, namun tidak menutup kemungkinan masih ada pengguna komputer yang belum mengetahui cara tersebut. Padahal, cara ini sangatlah mudah dan membantu sekali saat proses pengiriman data atau file.

Apa fungsi Zip dan Rar?

Apakah kamu pernah mendengar ZIP atau RAR? Jika pernah, maka kamu mungkin salah satu pengguna aplikasi tersebut. Bagi yang baru mengetahuinya saat ini, simak penjelasan singkat ini. ZIP atau RAR merupakan aplikasi yang bertujuan untuk menyatukan beberapa file menjadi satu paket dengan menggunakan metode kompres sehingga memudahkan pengirim dalam memindahkan file kompres tersebut.

Menggunakan ZIP / RAR sangat membantu kita untuk menghemat memori yang dimiliki oleh file, dengan metode kompres maka ukuran semula suatu file akan dikompres menjadi lebih ringkas. Contoh sederhana apabila kamu masih belum paham, pernahkah kamu ingin mengirim beberapa file katakanlah berbentuk gambar melalui e-mail dan ditolak karena melebihi batas ukuran pengiriman? Jika pernah, maka melakukan kompres file dapat menjadi solusi untuk menghemat beban ukuran file.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 10

Sebelum masuk kepada cara membuat file ZIP / RAR, mari kita ketahui dulu sebenarnya kedia istilah tersebut berbeda lho. ZIP dan RAR walaupun memiliki tujuan yang sama yakni kompresi data, namun penemu kedua istilah tersebut berbeda, ZIP ditemukan oleh Phil Katz, sedangkan RAR dibuat oleh Eugene Roshal.

Perbedaan kedua adalah dari sisi kecepatan kompresi, dalam hal ini ZIP unggul di atas RAR dalam hal kecepatan kompresi data. Namun demikian, kamu tidak perlu khawatir file kamu akan corrupt apabila dilakukan ZIP, karena ZIP telah didesain sedemikian rupa supaya hasil kompres berjalan dengan baik.

Cara Membuat  File Berformat ZIP dan RAR

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk mari simak langkah-langkah membuat file ZIP / RAR.

 Membuat File ZIP

1. Pergilah ke direktori file yang akan kamu kompres bersama.

pilih file yang ingin di kompres

2. Sorot folder / file yang ingin kamu kompres (dalam kasus ini berbentuk folder).

Sorot folder / file yang ingin kamu kompres

3. Klik kanan pada folder / file yang telah disorot, lalu klik send to dan akan muncul seperti ini.

Klik kanan pada folder / file yang telah disorot

4. Lalu langkah terakhir adalah klik pilihan “compressed (zipped) folder” dan seketika folder kompres akan terbuat.

Membuat File RAR

1. Pertama-tama kamu harus mengunguh aplikasi RAR, berbeda dengan ZIP yang sudah ada secara default pada sistem operasi Windows.

2. Pergilah ke direktori file / folder yang akan kompres (dalam hal ini berbentuk folder).

memilih folder yang akan di kompres

3. Lalu sorot kedua folder / file tersebut hingga seperti ini.

Menyorot kedua folder yang akan dikompres

4. Klik kanan pada folder yang telah tersorot, lalu pilih “add to archive” sehingga akan muncul seperti ini.

klik kanan pada folder yang akan di kompres

Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

tampilan akhir pembuatan file rar

5. Klik OK dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Maka folder berbentuk RAR akan terbuat.

Baca juga: Cara Memberi Password di Document Ms Word

Demikian dua cara untuk melakukan kompresi file baik menggunakan RAR atau pun ZIP. Semoga tutorial yang disampaikan diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply